Review Smartphone

Menjajal Ponsel Rp1,2 Juta, Lenovo VIBE C

Mohammad Mamduh    •    Senin, 05 Sep 2016 14:45 WIB
review gadget
Menjajal Ponsel Rp1,2 Juta, Lenovo VIBE C
Lenovo VIBE C

Metrotvnews.com, Jakarta: Ponsel kelas atas pada umumnya menawarkan spesifikasi mumpuni tak lupa dengan beragam fitur unik. Hal yang sama tidak dialami oleh smartphone kelas bawah, yang dari harganyanya saja sudah bisa terlihat fitur dan spesifikasi apa yang tertanam.

Di sisi lain, ponsel kelas menengah ke bawah mempunyai pangsa pasar yang cukup tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika para vendor terus merilis jajaran smartphone dengan harga terjangkau, termasuk Lenovo.

Lenovo VIBE C adalah satu smartphone berikutnya yang siap menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Keberadaannya mungkin bisa menjadi ancaman untuk para pemain smartphone yang sudah lama berkecimpung di segmen ini. Namun, dengan harga yang ditawarkan, apakah ponsel ini layak dimiliki konsumen?

 

Desain

Lenovo VIBE C pada dasarnya mempunyai desain standar. Desain ini mengacu pada tampilan dasar milik Lenovo yang juga hadir pada ponsel kelas menengah ke atas, walaupun secara kualitas material memang terdapat beberapa perbedaan.

Smartphone dengan balutan warna hitam ini pastinya menampilkan ciri khas Lenovo, yang terlihat pada desain muka mengusung tiga tombol kapasitif. Ukuran bezel yang tepat pada layar 5 inci yang dimiliki membuatnya sebagai salah satu smartphone dengan layar yang cukup besar di kelasnya.





Beralih ke sisi belakang, Lenovo VIBE C tidak mengusung konsep unibodi. Artinya, Anda bisa membuka penutup untuk memasang katu SIM dan ruang penyimpanan tambahan. Penutup belakang ini menggunakan tekstur yang lumayan meningkatkan grip satu tangan, termasuk pada kondisi tangan berkeringat. Baterai ponsel ini juga bisa dilepas. Desain belakang Lenovo VIBE C sesungguhnya cukup menarik, terutama pada bagian kamera yang dipasang layaknya ponsel kelas premium.



Untuk antarmukanya, Lenovo VIBE C menanamkan port micro USB pada sisi atas bersama jack audio 3,5 mm. Oleh karena itu, Anda tidak akan menemukan antarmuka apapun di pinggir bawahnya. Tombol power dan volume terpasang pada sisi kanan layar.


 

Software dan Antarmuka

Lenovo VIBE C menggunakan antarmuka VIBE UI dengan basis Android 5.1.1 Lollipop. VIBE UI sebenarnya cukup enteng saat beroperasi, karena Lenovo hanya melakukan modifikasi pada unsur tertentu, seperti desain ikon dan penghapusan App Drawer.

Sayangnya, memori yang diperlukan menjadi cukup besar karena kehadiran beberapa aplikasi bloatware yang hadir. Oleh karena itu, saat pertama kali dinyalakan, ponsel ini membutuhkan waktu sedikit lama untuk memuat semua pengoperasian.



VIBE UI pada smartphone ini menyediakan menu khusus yang mengunci atau membuka akses jaringan 4G. Dengna menonaktifkan mode ini, daya baterai yang dimiliki bisa lebih awet. Sisanya, antarmuka ini tidak mempunyai kelebihan khusus seperti pada seri Lenovo kelas menengah dan high-end. Hal ini dirasa awajr mengingat kelas pasar yang diincar juga spesifik.

 

Kamera dan Video

Seperti smartphone pesaing di kelasnya, Lenovo VIBE C mempunyai kamera 5MP yang cukup untuk memenuhi kebutuhan foto biasa. Pastikan cahaya ruangan memadai ketika ingin mengambil foto. Fitur tambahan yang tersedia juga tidak banyak, seperti seri Lenovo lainnya di kelas yang sama. Beragam efek khusus bisa Anda tanam pada foto demi menambah keunikan tersendiri.



Untuk kamera depan 2MP, Lenovo VIBE C juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selfie. Namun, mayoritas foto selfie yang diambil mungkin tidak akan selalu bagus dan cenderung buram. Lenovo memang selalu mempunyai kelemahan dari aspek kamera, kecuali beberapa seri khusus yang menekankan komponen ini.



 

Performa dan Baterai

Lenovo VIBE C menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 210, yang berbasis arsitektur 4 x ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,1GHz. Prosesor ini didukung oleh RAM 1GB dan memori internal 16GB. Ruang penyimpanan juga masih mendukung tambahan lewat slot micro SD.

Sekadar informasi, Snapdragon 210 juga tertanam pada jajaran ponsel pesaing di kelas yang sama. Oleh karena itu, performa yang dimilikinya juga akan bersaing, seperti yang bisa Anda lihat pada grafis di bawah ini.

Xiaomi Redmi Note 3

Sementara untuk kualitas visual, dari aspek layar, Lenovo VIBE C menampilkan resolusi 480 x 854 pixel. Kontras warna dan pencahayaan cenderung buram, bahkan jika pada pengaturan pencahayaan 50 persen. Namun, perlu diingat bahwa mayoritas ponsel di segmen harga ini juga mempunyai nasib yang sama. Sementara dari aspek GPU, Adreno 304 masih bisa memenuhi keinginan bermain game, seperti Candy Crush.

Terkait daya baterai, Lenovo VIBE C bisa beroperasi hingga 12 jam untuk keperluan standar, seperti browsing atau mengakses media sosial. Sementara jika sering dipakai untuk bermain game atau menjalankan aplikasi yang menuntut kinerja prosesor, smartphone ini masih sanggup beroperasi hingga 8 jam. Tidak ada panas mengganggu yang muncul ketika ponsel dipakai cukup intensif.




 

Kesimpulan

Lenovo VIBE C bisa menjadi pertimbangan konsumen yang sedang mencari ponsel dengan dana tidak samapai Rp1,5 juta. Memang cukup banyak produk pesaing, termasuk besutan pabrik lokal yang menawarkan fitur dan desain yang lebih menarik.

Lenovo selama ini dikenal sebagai ponsel vendor yang memiliki keunggulan di aspek baterai, dan kelebihan ini juga muncul di VIBE C. Persaingan yang cukup ketat di segmen harga mungkin harus membuat pihak produsen menurunkan banderolnya sedikit jika ingin mendapat perhatian konsumen yang lebih banyak.
 
  Lenovo VIBE C
Prosesor Qualcomm Snapdragon 210 @ 1,4GHz octa-core
RAM 1GB
OS VIBE UI + Android 5.1.1 Lollipop
GPU Adreno 304
Memori Internal 16GB
Kamera 5MP (belakang), 2MP (depan)
Dimensi 143 x 71,8 x 8,95 mm
Bobot 166 gram
Baterai 2.300 mAh
Layar 5 inci 480 x 854 pixel
Harga Rp1,2 juta

Lenovo VIBE C

 

7

  • Baterai awet
  • Kualitas material cukup baik
  • Resolusi layar kurang besar
  • Harga kurang kompetitif



(MMI)