Review NAS

ASUSTOR AS6302T, untuk Pengguna Rumahan yang Ingin Fungsi Lebih

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 07 Nov 2017 22:40 WIB
review peripheralasustor
ASUSTOR AS6302T, untuk Pengguna Rumahan yang Ingin Fungsi Lebih
ASUSTOR AS6302T

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika sebelumnya kami mengulas NAS dari ASUSTOR untuk kelas pemula dan rumahan, kali ini kami bakal mengulas produk NAS yang satu tingkat di atas sebelumnya. 

Adalah ASUSTOR AS6302T, NAS dengan 2 bay yang memiliki fungsi lebih banyak dari ragam produk NAS ASUSTOR kelas rumahan. Meski masih ditujukan untuk pengguna rumahan dan pribadi, NAS ini lebih cocok ditujukan untuk Anda yang menginginkan akses lebih dari kegunaan sebuah NAS.

Berebeda dengan ASUSTOR AS1002T yang kami ulas bulan lalu, AS6302T memiliki bay yang bisa dilepas langsung dari depan. Ini membuat Anda lebih mudah dalam mengganti hard disk. Ini tidak seperti saudaranya yang mewajibkan Anda harus membuka casing terlebih dulu sebelum mengganti hard disk



Menariknya adalah desain bay pada NAS ini juga sama dengan beberapa model NAS ASUSTOR lainnya, sehingga Anda bisa menukar hard disk antar NAS dengan mudah.

AS6302T juga lebih lengkap dalam hal konektivitas. Selain memiliki tiga port USB 3.0, satu port USB Type-C, NAS ini juga memiliki port ethernet, S/PDIF untuk audio, hingga HDMI agar bisa dikoneksikan langsung dengan monitor atau TV. Sama seperti saudaranya yang lain, ia juga masih dilengkapi dengan sebuah kipas di bagian belakang, serta ditenagai melalui sebuah adapter



Dari segi spesifikasi, AS6302T juga memiliki komponen hardware yang lebih baik. NAS ini ditenagai oleh prosesor Intel Intel Celeron J3355 Dual-Core 2,0 GHz serta RAM DDR3L 2GB yang berjalan di konfigurasi dual-channel. Melalui komponen tersebut, NAS ini sudah bisa mendukung pemutaran serta streaming video beresolusi 4K.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, AS6302T tampil dengan dua bay yang masing-masing bisa dipasangi hard disk SATA II, SATA III, atau SSD. Anda juga bisa menggunakan konfigurasi RAID di dua bay tersebut dengan kapasitas maksimal hingga 20TB.



Namun, yang merupakan keunggulan utama NAS ini bukan bentuk atau spesifikasinya, melainkan software yang ada di dalamnya. ASUSTOR sudah membenamkan sistem operasi independen bernama ADM 2.7 ke dalam AS6302T. Sistem operasi tersebut memungkinkan Anda melakukan banyak hal, mulai dari manajemen konten hingga akses pengguna ke dalam NAS.

ADM juga memungkinkan data bisa diakses dari berbagai tempat, bahkan di luar rumah selama Anda terkoneksi ke internet. Ia juga sudah kompatibel dengan beragam sistem oeprasi, mulai dari Windows, Linus, MacOS, hingga Android dan iOS. 


Kesimpulan

Jika kebutuhan Anda lebih dari sekadar menyimpan data, ASUSTOR AS6302T bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda. NAS ini memang bisa memungkinkan Anda layaknya memiliki penyimpanan cloud sendiri. Namun, pengaturannya sedikit lebih rumit dari versi untuk pemula, sebab fitur dan fungsinya bertambah banyak. Selain itu, harganya juga lebih mahal, yaitu Rp8,6 juta.

ASUSTOR AS6302T

  • Fitur lebih lengkap
  • Punya USB type-C
  • Mendukung banyak sistem operasi
  • Pengaturan mendalam yang cukup rumit dan perlu pengetahuan teknis
  • Harga cukup mahal untuk sebuah NAS rumahan



(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

9 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.