Review Smartphone

LG K10 (2017), Istimewa Berkat Selfie Lebar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 22 Apr 2017 10:01 WIB
lgreview gadget
LG K10 (2017), Istimewa Berkat Selfie Lebar
Tampilan LG K10 (2017). (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: LG menjadi salah satu vendor smartphone yang terseret arus smartphone selfie. LG K10 (2017) menjadi smartphone selfie yang perusahaan asal Korea Selatan ini jagokan. Menyasar kelas Rp2 jutaan, LG tampaknya memang sengaja bermain aman karena saat ini, satu-satunya smartphone selfie yang ada di rentang harga itu adalah Coolpad Fancy 3

Dari berbagai fitur yang ada untuk memuaskan para pecinta selfie, fitur yang LG pilih untuk ditanamkan pada K10 (2017) adalah wide-angle selfie. Seperti namanya, ia memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas. 

Selain itu, apa kelebihan dan kekurangan dari K10? Ini ulasan lengkapnya.
 

Desain

LG K10 (2017) memiliki bodi yang terbuat dari plastik yang bisa dibuka. Bagian belakang dari casing ini terlihat tipis. Saat menggunakannya, bersiaplah untuk menghadapi bercak-bercak sidik jari. Namun, karena bagian belakangnya bisa dilepas dan terbuat dari plastik, Anda bisa membersihkannya dengan mudah.



LG memutuskan untuk melengkapi K10 dengan pemindai sidik jari pada bagian belakang, yang memang menjadi ciri khas ponsel LG. Dengan layar 5,3 inci, K10 dapat saya genggam dengan nyaman, meski dengan satu tangan. Pemindi sidik jarinya pun mudah untuk dicapai dengan telunjuk, baik tangan kiri ataupun kanan. 

Hal ini sangat membantu karena LG melengkapi K10 dengan pemindai sidik jari yang mereka sebut "multifunction fingerprint". Artinya, pemindai sidik jari ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuka ponsel, tapi juga untuk mengambil screenshot atau mengambil foto. Sehingga peletakan yang pas memang penting. 



Di atas pemindai sidik jari, Anda akan menemukan kamera belakang dengan ukuran cukup besar dengan flash di bagian tengahnya. Lubang speaker terletak di sebelah kiri belakang sementara port audio terletak di bagian bawah sebelah kiri. 

 

Software & Antarmuka

Meskipun K10 (2017) merupakan smartphone kelas menengah, LG sudah melengkapinya dengan versi terbaru dari Android, yaitu Nougat. Selain itu, seperti biasa, LG melapisinya dengan antarmuka buatannya, UX 5.0.

Walau ada orang yang mengeluhkan antarmuka LG kurang nyaman, tapi saya tidak mengalami masalah saat menggunakan K10 atau smartphone buatan LG lainnya. Bagian pengaturan yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian cukup memudahkan saya mencari menu yang saya perlukan. 

Ada beberapa aplikasi yang sudah LG langsung pasang pada K10, yang bukanlah hal yang aneh. Seperti Evernote atau Alfacart misalnya. Selama menggunakan smartphone ini, saya tidak pernah menggunakan satu pun aplikasi tersebut. 



Salah satu fitur yang paling ditunggu saat Google meluncurkan Nougat adalah fitur multitasking. Dengan begitu fitur itu tidak hanya dimonopoli oleh smartphone premium. K10 juga sudah memiliki fitur tersebut. Untuk menggunakannya pun sangat mudah.

Saya cukup menekan membuka Recent Apps dan menekan ikon dua persegi panjang yang ada di sebelah ikon 'X' untuk menutup aplikasi. Dua aplikasi yang terpilih akan secara otomatis tampil di bagian atas dan bawah layar. 

 

Kamera & Video

Saat meluncurkan K10 (2017), satu fitur yang LG unggulkan adalah kamera depannya yang memiliki sudut yang lebih besar. Ketika itu, LG menyebutkan, jika smartphone biasanya memiliki kamera depan dengan sudut 75 derajat. K10 memiliki sudut 120 derajat.

Harus saya akui, itu sangat membantu untuk mengambil foto selfie bersama banyak orang alias wefie, tanpa bantuan tongsis. 

Ini beberapa contoh gambar yang saya ambil dengan K10.







Selain itu, LG juga melengkapi K10 dengan beberapa fitur yang akan membuat mengambil foto selfie lebih memuaskan. Seperti kemampuan untuk mengambil foto dengan menyentuhkan jari ke pemindai sidik jari, perintah suara (seperti "cheese") dan menampilkan telapak tangan dan mengepalkannya untuk mengambil foto. Anda bisa mengepalkan tangan 2 kali untuk memberikan perintah mengambil 4 foto berturut-turut.

Fitur lainnya yang ada adalah flash untuk kamera depan misalnya. Alih-alih flash biasa, saat Anda hendak mengambil selfie dengan flash, pada layar akan muncul kotak kecil yang akan menampilkan gambar yang tertangkap kamera depan. Di sekitar kotak tersebut, layar akan menyala.

Lampu ini akan memastikan wajah Anda bercahaya, tapi tidak begitu dengan latar belakang foto. Foto di bawah ini adalah perbandingan foto selfie dengan flash (kiri) dan tanpa flash (kanan) di tempat remang-remang. 





Kamera belakang LG memiliki resolusi yang lebih tinggi, yaitu 13MP sementara kamera depannya hanya memiliki resolusi 5MP. Namun, terkadang saya merasa, foto dengan kamera depannya masih lebih baik saat berada di tempat dengan pencahayaan kurang.

Tidak ada masalah saat saya mengambil gambar di tempat yang terang dengan kamera belakang K10. Masalah muncul ketika saya berada di ruangan yang cukup gelap. Masalah ini memang biasanya dialami oleh smartphone kelas menengah. 

Inilah beberapa hasil foto dengan kamera belakang LG K10.









LG K10 (2017) juga sudah dilengkapi fitur penstabilan video, yang akan sangat berguna jika Anda adalah vlogger atau memang sering mengambil video.  

 

Performa & Baterai

Dengan prosesor MediaTek MT6750 dan RAM 2GB, LG K10 cukup mumpuni untuk digunakan melakukan tugas sehari-hari, seperti membuka email, menjelajah internet bahkan untuk bermain. Ia sudah bisa digunakan untuk bermain Asphalt 8: Airborne. 

Berkat Nougat, LG K10 sudah bisa digunakan untuk multitasking. Biasanya, saya mengombinasikan YouTube dengan Chrome dan keduanya berjalan tanpa ada masalah. Tapi, saat saya menggunakan Maps dengan multitasking, terkadang ikon tanda panah yang menjadi representasi posisi saya tidak berjalan secara real-time. 

Dengan resolusi HD pada layar berukuran 5,3 inci, LG K10 berhasil menampilkan gambar yang cukup tajam. Saat di dalam ruangan. Sayangnya, saat di luar ruangan, Anda harus menaikkan kecerahan layar hingga maksimal untuk bisa melihat layar dengan jelas. 

Ketika performa LG K10 diukur dengan 3DMark dan PCMark pun, hasilnya cukup memuaskan jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya. Anda bisa melihatnya pada gambar di bawah. 

LG K10

Performa baterai K10 juga tidak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya dengan X Power sebagai pengecualian. Mengingat smartphone itu memang mengunggulkan daya baterai yang awet, itu tidak heran.

LG K10

Selama pemakaian, jika saya menggunakan K10 dari pagi dengan pemakaian berat (menonton video, melakukan tethering, mengambil foto, merekam audio), pada sore hari biasanya saya sudah mulai mencari powerbank untuk kembali mengisi dayanya. 

Saya rasa, dengan harga Rp2 jutaan, Anda memang tidak bisa mendapatkan segalanya. Anda harus memilih apakah kamera selfie lebih penting dari fitur lain, seperti daya baterai. 
 

Kesimpulan

Jika dibandingkan dengan smartphone selfie lainnya, LG K10 (2017) memiliki harga yang relatif lebih terjangkau. Karena itu, ia cocok bagi Anda yang memang gemar mengambil selfie atau wefie bersama teman dan keluarga. Fitur wide-angle pada kamera depannya akan sangat membantu, memudahkan Anda mengambil foto wefie tanpa bantuan tongsis.

Performanya cukup baik, meski baterainya cukup cepat habis, terutama jika Anda adalah seorang heavy user. Bodinya yang terbuat dari plastik adalah kelemahan lain. Untungnya, LG sudah melengkapi ponsel ini dengan Android terbaru, yaitu Nougat. 

 
  LG K10 (2017)
Prosesor MediaTek MT6750 Octa-core @1,5GHz
RAM 2GB
OS Android 7 Nougat + UX 5.0
GPU Mali-T860MP2
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 5MP, Belakang 13MP
Baterai 2.800 mAh
Layar 5,3 inci HD (1280x720 pixel)
Harga Rp2.749.000
 

LG K10

 

7,8

  • Kamera depan wide-angle
  • Android terbaru
  • Smartphone selfie dengan harga terjangkau
  • Bodi plastik
  • Performa kamera belakang yang agak mengecewakan



(MMI)

Video /