Review Motherboard

MSI Z270 GAMING M5, Motherboard Gaming Kaby Lake Kaya Fitur

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 06 Jan 2017 20:13 WIB
review motherboard
MSI Z270 GAMING M5, Motherboard Gaming Kaby Lake Kaya Fitur
MSI Z270 GAMING M5

Metrotvnews.com, Jakarta: Intel baru saja mengumumkan prosesor generasi barunya di CES 2017. Prosesor generasi ke-7 atau Kaby Lake tersebut tidak hadir sendirian. Para produsen motherboard telah mempersiapkan produk barunya untuk menyokong Kaby Lake agar bisa berjalan dengan sempurna.

Sebagai salah satu produsen motherboard, MSI tentu tidak ingin ketinggalan. Perusahaan teknologi asal Taiwan ini adalah salah satu yang paling getol dalam merilis produk baru, termasuk motherboard. Di CES 2017, MSI memamerkan lebih dari 10 motherboard baru yang bisa menyokong prosesor Kaby Lake. Salah satu motherboard tersebut adalah MSI Z270 GAMING M5.

Desain baru lebih menarik

Sesuai dengan namanya, Z270 GAMING M5 merupakan motherboard baru yang menggunakan chipset Z270 yang merupakan chipset kelas paling atas untuk motherboard Kaby Lake saat ini. Motherboard ini juga merupakan motherboard gaming yang ditujukan untuk para gamer dan pengguna enthusiast.



Jika dibandingkan dengan motherboard gaming MSI sebelumnya, Z270 GAMING M5 memiliki desain yang berbeda. Bagi kami, desainnya justru lebih menarik dan terlihat lebih elegan. Beberapa perubahan desain terlihat jelas dari warna yang digunakan di motherboard ini. Z270 GAMING M5 menggunakan kombinasi warna hitam-perak, tidak lagi hitam-merah seperti pendahulunya.

Selain itu, terdapat juga elemen desain lain yang disisipkan di motherboard ini. Beberapa elemen tersebut adalah pelindung tambahan pada setiap ujung slot PCIe. Selain itu, terdapat juga perubahan desain pada pelindung slot RAM yang kini terlihat lebih kokoh, serta adanya pelindung tambahan pada salah satu slot M.2.



Menariknya, pelindung tambahan pada slot M.2 tersebut sudah dilengkapi dengan thermal pad. Dengan demikian, NVMe PCIe SSD yang Anda pasang di motherboard ini akan mampu bekerja dengan suhu yang lebih stabil.

Fitur lengkap

MSI Z270 GAMING M5 merupakan salah satu motherboard dengan fitur yang tergolong sangat melimpah. Selain tentunya telah menggunakan UEFI BIOS, Z270 GAMING M5 juga memiliki port yang lengkap. Di panel belakangnya, motherboard ini dilengkapi oleh 4 port USB 3.1. Satu di antaranya merupakan USB Type-C. Selain itu, terdapat juga port Ethernet (LAN), DisplayPort, dan HDMI.



Perlu diketahui juga motherboard ini hadir dengan setumpuk fitur eksklusif dari MSI. Fitur tersebut meliputi Mystic Light, Game Boost, VR Ready dan VR Boost, hingga TwinTurbo M.2 dengan dukungan Intel Optane. Tidak lupa fitur Audio Boost 4 dengan Nahimic 2 yang telah disematkan di motherboard ini.

Peningkatan performa yang signifikan

MSI Z270 GAMING M5 juga merupakan motherboard dengan performa yang sangat baik. Bahkan jika dibandingkan dengan saudaranya, yaitu Z170A GAMING M5, motherboard ini mampu tampil dengan peningkatan performa yang signifikan.

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, Z270 GAMING M5 berhasil meraih skor 5507 poin di pengujian PCMark 8. Skor cukup jauh di atas Z170A GAMING M5 yang hanya mampu menghasilkan 5113 poin saja.



Pengujian menggunakan Cinebench R15 juga menghasilkan posisi skor serupa. Z270 GAMING M5 berhasil meraih skor tinggi, yaitu 969 poin. Sementara Z170A GAMING M5 hanya mampu menghasilkan skor 883 poin saja.

Menariknya lagi, Anda juga bisa mendongkrak kemampuan tersebut menggunakan fitur overclocking yang terdapat di motherboard ini. Fitur overclocking otomatis pada Z270 GAMING M5 mampu meningkatkan prosesor Intel Core i7-7700K dari 4,2 GHz ke 4,8 GHz. Tentu angka tersebut tergolong tinggi untuk sebuah sistem overcloking otomatis.



Namun, perlu diperhatikan bahwa keduanya diuji menggunakan prosesor yang berbeda pula. Z270 GAMING M5 kami uji menggunakan prosesor terbaru Intel Core i7-7700K. Sedangkan Z170A GAMING M5 masih menggunakan Intel Core i7-6700K. Artinya, perbedaan performa antara kedua motherboard ini juga memperlihatkan besarnya peningkatan performa dari keluarga prosesor Skylake ke Kaby Lake.

Kesimpulan

MSI Z270 GAMING M5 adalah motherboard gaming premium baru yang hadir dengan fitur sangat lengkap. Menariknya lagi, motherboard ini memiliki perubahan dari segi desain menjadi lebih baik. Meski demikian, bukan berarti motherboard ini merupakan motherboard yang sempurna.

Beberapa kekurangan kami temukan di motherboard ini di antaranya adalah pelindung slot M.2 yang hanya ada satu padahal ia memiliki 2 slot M.2. Kelemahan lainnya adalah minimnya jumlah port USB di panel belakang motherboard ini. Namun secara keseluruhan, kami puas dengan apa yang disajikan oleh MSI Z270 GAMING M5.
 

MSI Z270 GAMING M5

  • Performa bagus
  • Fitur lengkap
  • Tampilan lebih keren
  • Pelindung slot M.2 hanya ada satu
  • Port USB di bagian belakang kurang banyak



(MMI)