Review Smartphone

OPPO F1s, Ponsel Selfie Berikutnya Punya OPPO

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 31 Dec 2016 21:34 WIB
oppo
OPPO F1s, Ponsel Selfie Berikutnya Punya OPPO
Tampilan OPPO F1s. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun ini, OPPO menawarkan beberapa opsi smartphone untuk kalangan pecinta selfie. Mulai dari OPPO F1 yang diluncurkan pada awal tahun ini, hingga OPPO F1 Plus yang ditawarkan dengan harga Rp5 jutaan.

OPPO F1s adalah salah satu ponsel lain dari perusahaan asal Tiongkok tersebut yang mengunggulkan fitur selfie. Dibandingkan dengan F1 Plus, F1s memiliki harga lebih terjangkau. Namun, fiturnya pun tidak selengkap ponsel tersebut. Ini ulasan lengkapnya.

 

Desain

Sebelum ini, saya sempat menjajal OPPO F1 Plus. Tidak bisa tidak, saya jadi membandingkan keduanya. Saya merasa, desain F1 Plus dan F1s tidak jauh berbeda. Memang, ada sedikit detail yang agak berbeda -- seperti F1 Plus hanya memiliki satu lubang speaker pada bagian bawah sementara F1s memiliki dua lubang speaker -- tapi pada dasarnya, keduanya memiliki desain yang serupa. Namun, karena desain dari OPPO ini tidak jelek, saya merasa hal itu bukan masalah. 

Sekilas, OPPO F1s juga memiliki desain yang serupa dengan iPhone 6/6s. Namun, ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Selain perbedaan logo, satu hal lain yang membedakan OPPO F1s dari iPhone adalah karena ia tidak memiliki garis antena di bagian belakang. Selain itu, tombol Home dari F1s juga tidak bulat, tapi lonjong.



Apakah kemiripan dengan iPhone ini akan menjadi kelebihan atau kekurangan, saya rasa itu tergantung pada pandangan Anda tentang iPhone sendiri. Secara pribadi, saya tidak terlalu ambil pusing jika ponsel yang saya gunakan disebut tiruan/mirip iPhone. 

OPPO F1s tetap nyaman untuk digunakan, meski ia sedikit lebih tebal -- dengan ketebalan 7,4 mm -- jika dibandingkan dengan F1 Plus yang memiliki ketebalan 6,6 mm. Berbalut warna emas, F1s terlihat mewah meski ia adalah smartphone di rentang harga Rp3 jutaan.



Namun, satu kekurangan yang saya sadari adalah karena bodinya yang mudah lecet. Meskipun begitu, OPPO telah menyedikan casing silikon yang bisa Anda gunakan untuk menghindari luka di bodi ponsel ini.

 

Software & Antarmuka

Untuk masalah software dan antarmuka, OPPO menanamkan Color 3.0 yang berdasarkan pada Android 5.1 untuk OPPO F1s. Sama seperti smartphone OPPO lainnya, F1s tidak dilengkapi dengan laci aplikasi alias app drawer. Anda bisa mengakses semua aplikasi yang ada hanya dengan melakukan swipe

OPPO F1s juga dapat secara otomatis mendeteksi keberadaan update dari OPPO. Saat terhubung ke internet, jika ada update, maka ia akan memberikan notifikasi. Apakah Anda hendak mengunduhnya atau tidak tergantung pada Anda. Hal ini dapat cukup berguna bagi Anda yang ingin memastikan software ponsel selalu yang terbaru. 



Sama seperti OPPO F1, F1s juga dilengkapi dengan fitur pengoperasian satu tangan, yang bisa Anda aktifkan dengan melakukan swipe dari kanan atau kiri bawah ke tengah layar. Mengingat layar F1s yang cukup besar, 5,5 inci, mode ini akan memudahkan Anda untuk menggunakan F1s dengan satu tangan. 

 

Kamera & Video

OPPO mengklaim F1s sebagai "Selfie Expert". Karena itu, tidak heran jika OPPO menanamkan kamera depan dengan resolusi yang lebih besar dari kamera belakang. Kamera depannya memiliki resolusi 16MP sementara kamera belakangnya hanya 13MP. 

Selain itu, kamera F1s juga sudah dilengkapi dengan fitur Beautify 4.0, yang seperti namanya, berfungsi untuk membuat foto tampil lebih mulus. Fitur Beautify dari OPPO ini membuat kulit menjadi lebih putih dan mulus, menghilangkan noda/bercak pada wajah dan kilauan minyak. 

Namun, fitur yang membuat mulus ini juga menghilangkan detail-detail pada foto, seperti kontur muka dan helaian rambut pada ujung rambut. Jika Anda hanya ingin mengambil foto untuk dibagikan di media sosial, ini bukan masalah. Tapi, jangan membandingkannya dengan foto yang diambil menggunakan kamera profesional.

Untungnya, fitur Beautify yang ditanamkan OPPO pada F1s juga bekerja saat saya dan teman saya menggunakannya untuk mengambil selfie



Kamera depan dari OPPO juga dapat mengambil gambar dengan cukup baik saat digunakan untuk mengambil foto di tempat remang-remang. Namun, seperti yang Anda lihat, noise mulai muncul di bagian yang jauh dari kamera, sementara wajah orang yang berada di dekat kamera masih terlihat cukup tajam.



Meskipun OPPO mengunggulkan F1s sebagai ponsel selfie. Namun, kemampuan kamera belakang 13MP pun tidak buruk. Ia memiliki beberapa mode yang biasa ditemui smartphone kelas menengah yang fokus pada fitur fotografi. Beberapa mode itu seperti mode Ultra HD dan mode manual yang disebut Expert.

Dalam mode Expert, Anda bisa mengubah ISO dari 100 sampai 1600. Sementara Shutter speed bisa Anda ubah hingga selama 16 detik. Anda juga bisa mengatur fokus secara manual. Jika Anda bisa mengatur pengaturan kamera dengan tepat, Anda bisa menghasilkan foto di malam hari yang cukup tajam. 



Di bawah ini adalah contoh hasil foto dengan mode auto di dalam dan luar ruangan.







 

Performa & Baterai

Dengan MediaTek MT6750 sebagai prosesor dan RAM 3GB, OPPO F1s memberikan performa yang memuaskan. Tidak ada lag yang saya alami saat mengganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain. F1s dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari dengan tanpa masalah, seperti menonton video, menjelajah internet dan membuka email. F1s juga cukup tangguh untuk digunakan bermain Asphalt 8: Airborne dalam grafik high.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah, secara keseluruhan, performa OPPO F1s serupa dengan performa dari smartphone pesaingnya saat diukur menggunakan 3DMark dan PCMark. 



Sementara dari segi baterai, OPPO F1s dapat bertahan selama 8 jam 39 menit, sedikit di bawah dari daya baterai smartphone pesaingnya. Namun, selama menggunakan F1s, saya tidak perlu khawatir soal mengisi baterai selama penggunaan wajar.



Untuk masalah pengisian baterai, mengisi baterai dari 20 persen ke 100 persen diperlukan waktu 2 jam lebih sedikit. Tampaknya, dalam smartphone ini, OPPO tidak menanamkan fitur fast charging seperti pada F1 Plus, yang dapat mengisi baterai dari 18 persen ke 100 persen hanya dalam waktu 54 menit. 

OPPO sudah melengkapi F1s dengan pemindai sidik jari, yang terletak di tombol Home. Selama penggunaan, pemindai sidik jari ini bekerja tanpa ada masalah. Ia akurat dalam mengenali sidik jari yang telah didaftarkan dan proses itu pun tidak memakan waktu lama.
 

Kesimpulan

OPPO F1s memiliki tampilan yang menarik, meski ia mirip dengan desain iPhone. Bodinya rentan lecet, karena itu, untuk menghindari luka, sebaiknya Anda gunakan casing silikon yang ada. Baterai F1s cukup awet meski ia tidak dilengkapi dengan fast charging.

Performanya cukup memuaskan di kelasnya. Begitu pula dengan hasil jepretan dari kameranya, khususnya kamera depan. Jika Anda senang mengambil selfie, Anda tidak akan kecewa dengan OPPO F1s. Namun, jika Anda lebih ingin smartphone yang mengunggulkan fitur fotografi secara umum, ada opsi lain yang lebih sesuai.
 
  OPPO F1s
Prosesor MediaTek MT6750
RAM 3GB
OS Android 5.1 + ColorOS 3.0
GPU Mali-T860
Memori Internal 32GB
Kamera 13MP (belakang), 16MP (depan)
Dimensi 154,5 x 76 x 7,38 mm
Bobot 160 gram
Baterai 3.075 mAh
Layar 5,5 inci 1280 x 720 pixel
Harga Rp3.799.000

OPPO F1s

 

7,8

  • Performa mumpuni
  • Hasil kamera yang memuaskan
  • Bodi yang mudah lecet



(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /