Review Smartphone

Coolpad Sky 3, Si Elegan Untuk Penyuka Selfie

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 22 Nov 2016 23:05 WIB
review gadgetcoolpad
Coolpad Sky 3, Si Elegan Untuk Penyuka Selfie
Coolpad Sky 3.

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartphone berdesain menawan dan elegan saat ini tengah digemari oleh konsumen, terutama di Indonesia. Hal ini mendorong produsen untuk menghadirkan perangkat dengan desain menarik, di berbagai segmen produk.

Tidak hanya pada produk pada segmentasi high-end, desain elegan ini juga kini dapat ditemukan pada perangkat yang ditawarkan dengan harga terangkau. Tidak hanya tampil dengan desain seindah produk high-end, perangkat tersebut juga didukung spesifikasi yang cukup menjanjikan.

Hal serupa juga dihadirkan oleh Coolpad melalui salah satu perangkat terbarunya, yaitu Coolpad Sky 3. Ponsel cerdas ini hadir dengan desain elegan dan spesifikasi cukup baik, namun dengan harga terjangkau.

 

Desain

Coolpad Sky 3 mengusung garis desain elegan serupa desain Coolpad Max, yang merupakan smartphone untuk segmen menengah ke atas. Selain itu, desain yang diusungnya juga lebih elegan jika dibandingkan dengan perangkat seri Sky sebelumnya.



Kesan elegan tersebut didukung oleh kesederhanaan desain yang diusungnya, serta berkat ketebalan bodi yang tergolong tipis, bobotnya yang tidak terlalu berat dan penggunaan layar 2,5D. Coolpad 3 juga mengusung desain unibodi, sehingga Anda akan memerlukan cara khusus untuk melepas penutup belakang dan mengakses baterainya.

Desain unibodi ini menyebabkan Coolpad menyematkan slot kartu SIM dan micro SD pada sisi kanan perangkat, berdampingan dengan tombol daya. Diletakan berdampingan, slot kartu SIM tersebut Sementara itu, tombol volume dapat Anda temukan pada sisi kiri perangkat.



Coolpad Sky 3 juga tampil kokoh berkat penggunaan bahan metal yang membingkai perangkat. Namun, penggunaan bahan plastik matte mendukung bobot ringan yang diusungnya, sehingga menghadirkan kenyamanan saat digenggam.

 

Software & Antarmuka

Untuk urusan antarmuka pengguna, Coolpad Sky 3 menggunakan antarmuka khas miliknya yaitu Cool UI 8.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Antarmuka ini menyuguhkan kemudahan selama dinavigasikan. Serupa dengan perangkat sebelumnya, antarmuka pada Coolpad Sky 3 ini juga tampil dengan pilihan shortcut menu serupa smartphone Apple.

Serupa iPhone, Anda diharuskan untuk mengusap layar dari tepi bawah ke arah atas untuk mengakses ke sejumlah pengaturan. Hal ini berbeda dari sebagian besar perangkat Android yang menyematkan shortcut tersebut dengan mengusap layar dari tepi atas ke arah bawah ke sejumlah pengaturan.

Mengusap layar dari tepi atas ke arah bawah akan menampilkan notifikasi dari media sosial, pesan teks, panggilan tidak terjawab, dan sebagainya.



Selain itu, Coolpad Sky 3 juga dibekali dengan aplikasi utility Cool Manager untuk memaksimalkan kerja smartphone. Beberapa fungsi penting yang disediakan di dalamnya seperti RAM cleaner, battery saver, call blocker, antivirus, hingga ad blocker.

Antarmuka pengguna ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik seperti C-Button & Smart Control, Folder Fast Switching, One-Hand Operation, serta kemampuan untuk melakukan screenshot dengan tiga jari. Fitur One-Hand Operation akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sering melakukan beberapa kegiatan lain saat menggunakan smartphone.

Selain itu, Coolpad juga membekali Sky 3 dengan mode Dual Apps. Awalnya kami mengira fitur ini mampu menampilkan dua aplikasi pada layar secara bersamaan, namun ternyata, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses dua akun secara bersamaan pada aplikasi Facebook dan WhatsApp.

 

Kamera

Hadir dengan kamera belakang 13MP, Coolpad Sky 3 cukup mampu menghadirkan hasil foto dengan kualitas baik pada kondisi pencahayaan cukup. Hanya saja, hasil sedikit berbeda kami dapati pada hasil foto dengan kondisi pencahayaan redup.




Pada kamera belakang, hasil foto dengan kondisi pencahayaan redup sedikit terganggu oleh noise. Selain itu, hasil foto juga sedikit kurang tajam karena kamera perangkat sedikit kesulitan untuk fokus pada obyek yang diinginkan dalam kondisi tersebut.

Hasil berbeda kami dapati pada kamera depan, yang mampu menyuguhkan hasil foto yang baik bahkan pada kondisi pencahayaan redup. Sedikit terlihat, keberadaan noise pada hasil foto kamera depan dengan kondisi pencahayaan redup ini tidak mengganggu tampilan secara keseluruhan.





Terlebih pada kondisi pencahayaan cukup, karena kamera depan Coolpad Sky 3 ini mampu menghadirkan hasil foto dengan kecerahan warna dan ketajaman yang baik. Kesenangan memotret menggunakan kamera depan juga didukung oleh kehadiran mode Beautify yang mendukungnya.

Mode Beautify pada Coolpad Sky 3 ini tergolong agresif, sesuai bagi Anda yang ingin tampil dengan kulit tampak mulus pada foto. Tidak hanya menghaluskan kulit wajah, mode pada smartphone ini juga memungkinkan Anda meniruskan wajah dan memperbesar ukuran mata.

 

Performa

Didukung prosesor MediaTek MT6735P 1,0GHz, Coolpad Sky 3 mampu menyuguhkan performa yang memadai untuk penggunaan sehari-hari. Mengakses sejumlah tab pada Chrome juga dapat berjalan dengan baik.

Namun, pengalaman penggunaan terganggu jeda sempat kami rasakan saat memainkan game Ashpalt 8: Airbone. Meskipun demikian, tampilan layar yang tergolong cerah serta dengan ketajaman dan detil yang cukup baik membantu menghadirkan rasa senang saat memainkan game tersebut.

Layar berukuran 5,5 inci tersebut juga mampu menghadirkan kenyamanan cukup baik saat digunakan di bawah terik matahari secara langsung. Namun, Anda perlu mengatur kecerahan layar ke tingkat maksimal agar dapat melihat gambar pada layar dengan jelas.



Sementara itu, pada aplikasi benchmark 3DMark dan PCMark 8, Coolpad Sky 3 tercatat memperoleh nilai baik Pada pengujian Work 2.0 di aplikasi PCMark 8, perangkat ini memperoleh nilai sebesar 2208, sedangkan pada pengujian 3DMark Ice Storm Extreme memperoleh nilai 1965.

Untuk urusan baterai, Coolpad Sky 3 mampu bertahan selama lebih dari 8 jam. Sementara itu, selama penggunaan sehari-hari baterai perangkat ini mampu bertahan lebih dari 9 jam.



Keunikan dihadirkan keyboard default yang diusung oleh Coolpad Sky 3 yang mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan akibat minim typo. Keyboard ini juga menghadirkan layout dengan angka berkumpul pada satu sisi, sehingga memudahkan pengetikan angka saat menggunakan ponsel dengan satu tangan.


Kesimpulan
Hadir dengan desain elegan dan nyaman saat digenggam, Coolpad Sky 3 menyuguhkan kemampuan cukup baik pada kamera depan. Kemampuannya ini sesuai bagi Anda yang menggemari aktivitas memotret diri sendiri. Namun, hasil sedikit berbeda dihadirkan pada kamera belakangnya. Pengalaman penggunaan juga sedikit terganggu akibat jeda yang sempat terasa saat memainkan game menggunakan ponsel ini.
                                                                                                                                                 
  Coolpad Sky 3
Prosesor MediaTek MT6735P quad-core 1,0 GHz
RAM 2GB
OS Android 6.0 Marshmallow + CoolUI 8.0
GPU Mali-T720
Memori Internal 16GB
Kamera 13MP (belakang), 8MP (depan)
Baterai 2.500 mAh
Layar 5,5 inci 1.280 x 720 piksel
Harga Rp2.399.000

Coolpad Sky 3

 

7,4

  • Desain elegan dan ramping
  • Hasil foto kamera depan baik
  • Hasil foto kamera belakang kurang tajam
  • Jeda sempat terasa saat memainkan game



(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /