Review Power Supply

Corsair HX850, Stabil di Daya Besar

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 08 Jun 2017 09:08 WIB
review peripheral
Corsair HX850, Stabil di Daya Besar
Corsair HX850

Metrotvnews.com, Jakarta: Power supply pada PC bisa diibaratkan sebagai "kantin" yang menyediakan makanan berupa listrik.

Tentu Anda tidak ingin kantin tersebut mengolah makannan menggunakan peralatan yang tidak layak. Bisa ditebak bahwa makanan yang dihasilkan akan buruk bagi kesehatan. Itulah mengapa Anda tidak bisa sembarang memilih power supply, terutama jika kebutuhan daya PC Anda sangat besar seperti menggunakan kartu grafis ganda.

Semakin banyak hardware yang Anda jejalkan ke dalam PC, maka semakin besar daya yang dibutuhkan. Namun jangan lupa, daya tersebut harus terus disuplai secara stabil. Perlu diketahui, power supply PC tidak menyuplai 100 persen dayanya ke komponen PC Anda. Sebagian energi akan dilepas dalam bentuk panas, karena itulah power supply memiliki istilah tingkat efisiensi daya.



Corsair yang sudah lama berkecimpung di industri power supply memiliki jajaran produk dengan tingkat efisiensi daya yang tinggi. Corsair HX850 adalah salah satunya. Sesuai dengan namanya, power supply bertegangan 850 watt ini memiliki sertifikasi Gold. Sertifikasi tersebut menunjukkan HX850 memiliki efisiensi di atas 80 persen.

Jika dijabarkan, HX850 memiliki efisiensi hingga 87,73 persen jika digunakan dengan daya 110 volt dengan kondisi full load. Sementara pada daya 230 volt, efisiensi mencapai angka 89,59 persen.

HX850 memiliki desain semi modular, sehingga Anda bisa melakukan manajemen kabel dengan lebih baik. Karena menggunakan desain semi modular, power supply ini juga sangat cocok untuk Anda hang gemar melakukan modifikasi PC. Kabel tidak akan mengular sembarangan dan dapat ditata secara rapi. Selain itu, karena dayanya yang besar membuat Anda bisa menghubungkan berbagai sistem pendinginan.



Sistem watercooling misalnya. Anda tentu membutuhkan power supply berdaya besar dan stabil untuk menyokong pompa, serta kipas pada radiatornya. Jika power supply yang digunakan kurang bagus, maka sistem watercooling tidak akan bekerja dengan lancar.

HX850 juga memiliki beragam fitur perlindungan ekstra. Power supply ini sudah dilengkapi dengan mekanisme perlindungan mulai dari over voltage hingga under voltage. Selain itu, fitur perlindungan terhadap arus pendek, suhu berlebih, dan tegangan berlebih juga sudah ditanamkan di power supply ini.

Kesimpulan

Ingin membangun PC kustom dengan sistem watercooling dan RGB LED yang mewah? Atau ingin membangun PC super kencang dengan kartu grafis ganda dan penyimpanan berlimpah? Semuanya bisa diakomodasi oleh Corsair HX850.

Selain berkat dayanya yang besar, tingkat efisiensi daya pada power supply ini juga sangat baik. Apakah Anda berani untuk mengeluarkan dana Rp2,4 juta untuk power supply ini? Seharusnya harga tersebut masih bisa terjangkau jika Anda memang berniat membangun PC super.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.