Review Notebook

ASUS VivoBook S S430, Desain Cantik Performa Ciamik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Nov 2018 16:42 WIB
asusreview laptop
ASUS VivoBook S S430, Desain Cantik Performa Ciamik
ASUS VivoBook S S430. (Medcom.id)

Jakarta: ASUS meluncurkan VivoBook S baru hari ini, Rabu, 22 November 2018. Perusahaan asal Taiwan itu memperkenalkan VivoBook ini untuk pertama kali pada Computex 2018. Ketika itu, salah satu hal yang mereka banggakan adalah warnanya yang berani.

Selain itu, ASUS juga menggunakan engsel ErgoLift, yang akan membuat keyboard terangkat ketika laptop membuka. Secara teori, ini akan membuat pengalaman mengetik Anda menjadi lebih baik.

Medcom.id mendapatkan kesempatan mencoba ASUS VivoBook S S430UN sebelum peluncuran. Inilah pengalaman penggunaan kami.

 

Desain

ASUS VivoBook S S430 tampil elegan dengan punggung layar berwarna hitam kehijauan. Pada bagian tengah, terdapat logo ASUS yang berwarna perak.

Sekilas, tidak ada yang menonjol dari laptop ini. Namun, warna hijau pada bagian pinggir laptop menarik mata saya, terutama karena warna hijau ini terlihat kontras dengan warna hitam pada punggung layar. 



Ketika Anda membuka laptop ini, engsel ErgoLift akan mengangkat keyboard, sehingga Anda bisa mengetik lebih nyaman. Selain itu, ini juga akan membuat udara bisa mengalir pada bagian bawah laptop.



Casis dari laptop ini terbuat dari plastik sementara bagian belakang layar terbuat dari aluminium. Meskipun begitu, laptop ini tetap terlihat dan terasa cukup tangguh.

Dengan berat 1,4 kilogram, ASUS VivoBook S S430 memang bukanlah laptop paling ringan yang pernah saya coba. Tapi ia juga masih cukup ringan untuk dibawa berpergian.

Untuk masalah konektivitas, Anda akan menemukan port charger, satu USB Type-A, HDMI, port USB Type-C, dan audio jack pada sisi kanan.

Sementara pada sisi kiri laptop, Anda akan menemukan dua USB Type-A dan card reader. Sayangnya, icard reader hanya bisa Anda gunakan untuk microSD card.



Bezel pada layar VivoBook terbaru ini cukup tipis karena ASUS menggunakan teknologi NanoEdge.

ASUS pertama kali memperkenalkan desain bezel tipis ini pada jajaran laptop mereka tahun lalu. Bezel yang tipis membuat rasio layar dan bodi menjadi lebih besar. Itu artinya, ASUS bisa memasang layar yang lebih besar tanpa harus memperbesar ukuran bodi.



Dengan layar 14 inci, VivoBook memiliki panjang 32,34 cm dan lebar 22,55 cm. Laptop ini memiliki ketebalan 1,8 cm. Memang, ini tidak menjadikannya sebagai laptop paling tipis, tapi ia juga tidak terlalu tebal sehingga sulit untuk dibawa berpergian.

 

Fitur

Salah satu fitur menarik yang ada pada ASUS VivoBook S S430 adalah ASUS Sync. Aplikasi ini memungkinkan Anda menerima notifikasi ponsel -- mulai dari SMS, email, hingga panggilan telepon.



Misalnya, ketika Anda sedang bekerja dan ada seseorang yang menelpon Anda, maka akan muncul notifikasi pada kanan atas layar. Melalui laptop, Anda juga bisa memutuskan untuk menerima atau menolak panggilan itu. Selain itu, Anda juga bisa melakukan mirroring dari layar ponsel.



Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda tidak harus menggunakan ponsel buatan ASUS. Anda bahkan bisa menghubungkan iPhone dengan laptop ASUS. Satu hal yang harus Anda lakukan adalah memasang aplikasi ASUS Sync pada ponsel. Selain itu, Anda juga harus memberikan akses pada aplikasi itu pada informasi seperti panggilan telepon dan pesan.

ASUS VivoBook S S430 juga sudah dilengkapi dengan sidik jari. Sensor sidik jari berbentuk persegi ini bisa Anda temukan pada sudut kanan atas dari touchpad. Ini memudahkan Anda untuk membuka kunci dari laptop. 



 

Performa

ASUS tidak hanya membuat ASUS VivoBook S S430 terlihat cantik, perusahaan asal Taiwan ini juga melengkapi laptop terbarunya dengan hardware yang mumpuni. ASUS VivoBook S S430 sudah menggunakan Intel Core i7 generasi ke-8.

Meskipun tidak ditujukan untuk para gamer, laptop ini juga sudah dilengkapi NVIDIA GeForce MX150. Dengan RAM 8GB dan penyimpanan yang mengggabungkan SSD serta HDD, ini menjadikan ASUS VivoBook S S430 sebagai laptop yang bisa digunakan untuk bekerja dan juga bermain.

Ketika Anda membuka belasan peramban internet pada laptop ini, Anda tidak akan menemui masalah. Saya bahkan sempat mencoba laptop ini untuk bermain game yang tidak terlalu berat seperti DOTA 2.

Alhasil, game berjalan dengan lancar. Rata-rata framerate yang dihasilkan oleh laptop ini mencapai 50fps. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir game akan terhenti secara mendadak ketika sedang bermain.

Untuk hasil benchmark, Anda bisa melihatnya pada tabel di bawah.
 
Pengujian PCMark 10 3DMark Cloud Gate 3DMark Sky Diver
VivoBook S S430 3877  13144  10504
Envy 13 3380 12729 8959

ASUS VivoBook S S430 menggunakan prosesor, VGA, dan RAM yang sama dengan HP Envy 13. Hasilnya, nilai benchmark dari laptop buatan ASUS ini lebih tinggi. Satu hal yang harus Anda ingat, hasil benchmark bukanlah segalanya.

Ketika saya menguji ketahanan baterai dengan PCMark, VivoBook tidak bertahan hingga 3 jam. Meskipun begitu, dalam penggunaan sehari-hari, laptop ini dapat bertahan lebih lama dari itu.

Untuk lebih tepatnya, ASUS VivoBook S S430 hanya bertahan selama 2 jam 38 menit. Jika dibandingkan dengan Envy 13 yang bisa bertahan selama 3 jam 57 menit, VivoBook S14 memang masih kalah.


Kesimpulan
ASUS VivoBook S S430 adalah laptop all rounder. Ia mungkin tidak menjadi laptop tertipis atau paling ringan atau dengan performa terbaik, tapi laptop ini cukup ringan dan tipis untuk dibawa berpergian dengan performa yang cukup mumpuni. Konektivitas yang ada pun cukup lengkap, walau Anda tetap tidak bisa mengisi baterai laptop via port USB Type C.

ASUS VivoBook S S430 memiliki tampilan yang cantik dan nyaman untuk digunakan. Dengan hardware yang tertanam di dalamnya, ia bisa digunakan untuk bekerja dan membuka beberapa aplikasi sekaligus atau bermain game mainstream seperti DOTA 2.

ASUS juga menggabungkan SSD dan HDD pada laptop ini. Sehingga Anda bisa menyimpan data dalam jumlah besar pada HDD dan memastikan aplikasi bisa dibuka dengan cepat berkat SSD.

Terakhir, yang tidak kalah penting, jika dibandingkan dengan laptop pesaing, ASUS VivoBook S S430 memiliki harga yang cukup terjangkau. 
 
Spesifikasi ASUS VivoBook S S430UN
Ukuran Layar 14 inci FHD (1920 x 1080)
CPU Intel Core i7-8550U
GPU NVIDIA GeForce MX150
RAM 8GB
Storage SSD PCIe 256GB + 1TB HDD
Bobot 1,4 kg
Harga Rp15.099.000
 
 
9
ASUS VivoBook S S430
Plus
  • Performa mumpuni
  • Keyboard nyaman digunakan
  • Desain menarik
Minus
  • Baterai kurang awet



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.