Review Motherboard

MSI X299 Tomahawk Arctic, Demi Gamer Pecinta Kelas Premium

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 09 Oct 2017 17:02 WIB
msireview motherboard
MSI X299 Tomahawk Arctic, Demi Gamer Pecinta Kelas Premium
MSI X299 Tomahawk Arctic

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu alasan mengapa Intel menciptakan platform high-end desktop (HEDT) baru, yaitu X299, karena berangkat dari adanya kebutuhan pengguna yang memerlukan performa komputasi lebih besar. Para pengguna tersebut biasanya adalah para pencipta konten atau pekerja kreatif profesional yang membutuhkan workstation kelas berat untuk melakukan rendering dan kegiatan lain yang memerlukan performa PC kelas atas.

Namun, tidak jarang lini produk HEDT juga diminati oleh mereka yang memang hanya ingin memiliki PC dengan performa lebih kencang. Kebanyakan para enthusiast tersebut juga menggunakan PC untuk bermain game, jadi tidak  heran jika banyak motherboard X299 yang memang khusus hadir untuk memenuhi kebutuhan gaming, seperti MSI X299 Tomahawk Arctic.



Tampil dengan balutan warna putih serta abu-abu yang memang merupakan nuansa antartika, motherboard ini memiliki keunikan tersendiri. Ia merupakan salah satu motherboard X299 yang sangat fokus ke kegiatan gaming. Tidak hanya dari tampilan, tetapi juga fitur dan performanya.

X299 Tomahawk Arctic memiliki delapan slot RAM yang mendukung penggunaan memori DDR4 PC4500 quad channel. Ia juga memiliki empat slot PCIe x16 dan dua PCIe x1 sehingga Anda bisa memenuhi hasrat untuk memasang lebih dari satu kartu grafis serta menggunakan beragam perangkat tambahan lainnya. Tentu untuk gamer yang mengutamakan performa sekencang-kencangnya, semua itu merupakan nilai plus.



Masih kurang? X299 Tomahawk Arctic juga memiliki dua slot M.2 yang bisa dipasangi dengan M.2 NVMe PCIe SSD yang memiliki kecepatan sangat kencang. Tidak hanya itu, Anda juga masih bisa menggunakan SSD 2,5 inci melalui delapan port SATA III yang ada di motherboard ini. Bahkan Anda bisa mengkonfigurasikan SSD SATA tersebut dengan mode RAID.

Beberapa fitur gaming juga terdapat di motherboard ini. Salah satunya adalah Intel Gaming LAN untuk koneksi yang lebih baik saat bermain game online. MSI juga menyediakan Gaming App yang memungkinkan Anda untuk melakukan overclocking hanya dengan menekan satu tombol saja.

Meski demikian, fitur ekstra yang ditawarkan di motherboard ini termasuk minim, sehingga membuatnya tidak semewah motherboard X299 lainnya. Bagian panel belakangnya misalnya yang hanya dilengkapi dengan port USB, PS/2, ethernet, dan audio membuatnya tampil kurang istimewa. Sementara motherboard pesaingnya hadir dengan tambahan Wi-Fi, bahkan ada yang memiliki dua port ethernet.

Bagaimana dengan performanya?

Sesuai dengan namanya, X299 Tomahawk Arctic yang merupakan bagian dari seri motherboard MSI Arsenal Gaming memang terlihat sangat fokus ke performa gaming. Dengan kata lain, motherboard ini memang fokus ke performa single threading, dan hal tersebut terbukti melalui berbagai pengujian yang telah kami lakukan. Berikut adalah hasil pengujian tersebut:



Sementara untuk game ketika diuji menggunakan prosesor Intel Core i7-7820X, motherboard ini menunjukkan performa yang lebih baik dari motherboard X299 yang telah kami ulas sebelumnya. Sayangnya, selisih performanya tidak jauh dan tidak sampai 10fps di setiap game.



Kesimpulan

MSI X299 Tomahawk Arctic bagi kami merupakan opsi bagi gamer yang ingin memiliki fitur lebih yang tidak ada di platform mainstream seperti Z270. Sayangnya, performa dan fitur yang ditawarkan tidak begitu istimewa. Padahal untuk sebuah motherboard gaming (tidak hanya dilihat dari motherboard X299), harganya cukup mahal yaitu Rp5,8 juta. Jika kebutuhan Anda hanya untuk bermain game, MSI masih memiliki jajaran motherboard non X299 lain yang lebih menarik untuk dilirik.
 

MSI X299 Tomahawk Arctic

  • Tampilan menarik
  • Unggul di performa single threading
  • Kurang bagus di performa multithreading
  • Fitur tergolong minim



(MMI)

Video /