Review Aplikasi

Acronis True Image 2017, Spesial untuk Pengguna Cloud

Mohammad Mamduh    •    Senin, 06 Feb 2017 12:12 WIB
cloud computingreview aplikasi
Acronis True Image 2017, Spesial untuk Pengguna Cloud
Tampilan antarmuka Acronis True Image 2017 versi PC

Metrotvnews.com, Jakarta: Layanan cloud pada umumnya identik dengan sebuah solusi yang ditawarkan kepada kalangan korporasi. Sebenarnya, email dan layanan penyimpanan gambar seperti yang disediakan Facebook juga termasuk ke dalamnya.

Perbedaannya adalah skala yang lebih kecil, dan tidak banyak jenis data yang bisa disimpan. Seiring dengan semakin besarnya konsumsi data setiap orang, membuka peluang bagi para penyedia layanan komputasi awan ini dalam menyediakan solusi backup yang tidak hanya dipakai untuk menyimpan foto atau dokumen. Dengan kata lain, mereka bisa menawarkan beragam layanan yang biasanya hadir untuk perusahaan kepada konsumen perorangan. Acronis True Image 2017 adalah salah satunya. Seperti apa fitur, kelebihan, dan kekurangan yang dimilikinya? Berikut ulasan Metrotvnews.com.



Anda mungkin pernah mendengar nama Acronis. Perusahaan yang lahir di Singapura pada tahun 2003 ini dulunya dikenal sebagai penyedia layanan backup. Pada saat itu, cloud belum menjadi istilah yang umum, dan pengguna PC mayoritas masih melakukan pencadangan data mereka melalui media fisik, seperti CD atau HDD. Acronis True Image 2017 menjadi salah satu senjata mereka untuk meramaikan industri cloud tahun 2017, yang menawarkan layanan backup dengan berbagai kriteria.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, iOS, dan Android, dan menyediakan sinkronisasi untuk semua platform tersebut melalui satu akun aplikasi. Untuk mendaftar, Anda cukup memasukkan email dan beberapa informasi umum seperti saat membuat akun pada layanan lainnya. 

Acronis True Image 2017 adalah layanan yang sangat menekankan backup, dan ketika membukanya via PC, pengguna akan menemukan beberapa pilihan backup yang cukup spesifik, termasuk lokasi data center yang diinginkan. Pihak Acronis sendiri menyarankan untuk menyimpan di data center yang lokasinya paling dekat dengan pengguna, yang artinya adalah Singapura. Ini sebenarnya memudahkan pengguna dalam menentukan data penting yang ingin dicadangkan. Anda bisa saja memilih folder tertentu, atau melakukan backup terhadap satu drive sekaligus. 



Acronis True Image 2017 juga menyediakan  pilihan wadahnya. Jika Anda tidak ingin menggunakan cloud milik Acronis, Anda bisa memindahkan data ke HDD eksternal. Berbeda dengan memindahkan data secara manual, backup via Acronis memiliki enkripsi khusus jika Anda memerlukan perlindungan tambahan.

Enkripsi ini juga dilengkapi dengan password tambahan, tetapi harus diingat bahwa Anda tidak boleh melupakannya karena Anda tidak bisa melakukan recovery. Ini mungkin menjadi masalah untuk sebagian orang, terutama untuk mereka yang pelupa. Di sisi lain, Acronis ingin menekankan bahwa data yang terlindungi tidak bisa dibobol sembarang orang.



Seperti yang sudah dijelaskan, Acronis True Image 2017 tersinkronisasi dengan semua platform via akun pengguna. Anda bisa mengaksesnya via aplikasi Android, dan versi mobile ini memiliki tampilan yang lebih sederhana. Pilihan backup memang lebih terbatas, seperti foto, video, atau SMS. Versi mobile Acronis True Image 2017 mmendukung fitur backup otomatis, dan Anda harus memastikan bahwa fitur ini tidak menghabiskan kuota internet seecara diam-diam.

Acronis True Image 2017 bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang memerlukan wadah back data yang eksklusif. Antarmuka yang dirancang untuk pengguna pemula dan pilihan kebutuhan back up yang cukup banyak adalah dua kelebihan utama yang dimiliki. Di sisi lain, aplikasi ini tidak gratis, dan Acronis menerapkan sistem sekali pembelian dalam beberapa pilihan berdasarkan jumlah PC yang membutuhkannya.


(MMI)