Review Headset

Menjajal Headset Gaming Gamdias Hebe M1

Mohammad Mamduh    •    Senin, 03 Apr 2017 15:10 WIB
review peripheralgamdias
Menjajal Headset Gaming Gamdias Hebe M1
Headset gaming Gamdias Hebe M1

Metrotvnews.com, Jakarta: Headset merupakan salah satu perangkat gaming esensial, terutama jika Anda seorang gamer kelas berat atau profesional. Para produsen perangkat ini biasanya menawarkan jajaran headset dengan desain yang keren dan kemampuan audio yang cukup menarik. Hanya saja, sesungguhnya faktor kenyamanan juga menjadi unsur yang sangat penting.

Faktor berikutnya adalah desain yang tidak kalah keren, tak lupa dengan harga yang masih masuk akal. Bagaimana dengan Gamdias Hebe M1? Apakah headset gaming teranyar yang masuk pasar Indonesia ini mampu mencuri perhatian gamer dengan berbagai fitur yang dimilikinya? Inilah ulasan Metrotvnews.com.



Gamdias Hebe M1 adalah headset gaming yang pada dasarnya dengan desain yang tidak berbeda dari produk pesaing. Hanya saja, yang menarik perhatian gamer mungkin penyematan lampu LED dengan porsi yang lebih besar, sehingga membuatnya lebih bercahaya. Ya, headset tersebut mengikuti tren RGB yang menggandrungi perangkat gaming saat ini, dan Anda akan menyadarinya sebagai perangkat gaming yang cukup eye-catching.

Namun, saya tidak mudah terpukau dengan perangkat gaming yang sangat menonjolkan fitur RGB ini. Alasannya, kualitas audio dan kenyamanan ketika dipakai dalam waktu yang lama adalah hal yang paling utama. Selain itu, desain dan lampu RGB tidak akan Anda lihat saat memakainya bermain game. Melihat materialnya, headset ini menggunakan bahan plastik yang cukup kuat, dengan finishing yang cukup rapi. Anda bisa melihatnya pada bagian telinga yang menyematkan desain cukup keren.

Untuk busa telinga, Gamdias Hebe M1 mengusung konsep closed headset, sehingga bentuknya melingkar dan memastikan kedap udara demi kualitas audio yang maksimal. Kemudian, bagian penyangga kepala menggunakan busa pelindung yang bisa ditarik layaknya pegas. Desain penyangga ini sangat fleksibel, membuat headset mudah melakukan penyesuaian. 



Headset gaming tentunya harus memiliki mikrofon. Gamdias Hebe M1 menyediakan di sisi kiri telinga, dan teknik memakainya agak berbeda. Mikrofon ini punya tempat penyimpanan tersendiri pada komponen telinga kiri, dan Anda bisa menarik atau memasukkannya sesuai kebutuhan. Di sisi lain, mikrofon ini tidak terlalu panjang, dan lubangnya berada di sisi ujung, tidak langsung menghadap mulut. Secara performa, mikrofon ini tidak mempunyai kelebihan apapun.

Gamdias Hebe M1 menggunakan port USB sebagai konektornya, yang berarti bisa menghasilkan suara lebih maksimal via software Hera. Kemampuan ini juga terlihat dari penggunaan kabel dengan diameter yang lebih lebar, dan keuntungannya, Gamdias telah melapisi kabel ini, sehingga ia tidak mudah berdebu atau terlilit.

Kembali ke kustomisasi, Anda bisa melihat pilihan skenario audio melalui software ini, seperti mode virtual 7.1 atau menciptakan efek suara seperti ruangan tertentu. Tanpa Hera, Anda masih bisa mengaktifkan mode Audio Boost via kotak pengontrol yang ada di tengah kabel. Sayangnya, Hera masih perlu penyempurnaan dari segi tampilan.



Setelah fisik, kini saatnya membahas kualitas dari aspek yang lain. Seperti yang saya jelaskan, kenyamanan ketika dipakai dalam waktu yang lama adalah salah satu hal terpenting. Dimensi penutup telinga yang cenderung lebih besar justru membuat Gamdias Hebe M1 agak lebih berat. Setiap kali penggunaan sekitar 5 jam untuk bermain, penyangga kepala Gamdias Hebe M1 cenderung semakin menekan, sehingga kepala terasa lebih cepat lelah.

Sebenarnya, ada batasan wajar untuk bobot headset gaming demi menghasilkan kenyamanan yang tepat. Namun, tidak semua orang memiliki standar yang sama, sehingga untuk saya headset ini bisa tidak begitu nyaman, tetapi bisa juga cukup nyaman ketika dipakai oleh gamer lain. 



Bagaimana dengan hasil audio? Gamdias Hebe M1 bisa dibilang mampu menyajikan efek suara yang sangt lengkap, terlepas dari jenis game yang dimainkan. Efek bass yang tajam membuat suara yang dihasilkan lebih “bergetar”, dan getaran ini akan terasa di telinga Anda. Menekan tombol Boost akan menambah ketajaman bass, hanya saja, ketajaman ini terkesan sangat berlebihan.


Kesimpulan

Dengan segmen harga di bawah Rp1 juta, Gamdias Hebe M1 adalah headset yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Kualitas suara yang cukup apik dan desain yang tidak kalah keren dengan produk kompetitor adalah dua kelebihan yang patut diacungi jempol. Tingkat kenyamanannya juga masih berdada dalam tahap yang wajar. Sayangnya, Anda harus rela melihat antarmuka Hera yang tidak bagus.

 

Gamdias Hebe M1

 

7,8

  • Kualitas suara bagus
  • Material headset kuat
  • Harga menggiurkan
  • Posisi mikrofon kurang tepat
  • Antarmuka software perlu perombakan



(MMI)