Review Smartphone

Ingin Tahu Performa Xiaomi Redmi 2 Prime? Simak Ulasan Kami Berikut Ini

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 17 Oct 2015 16:17 WIB
review gadget
Ingin Tahu Performa Xiaomi Redmi 2 Prime? Simak Ulasan Kami Berikut Ini
Kualitas kamera Xiaomi Redmi 2 Prime tergolong cukup bagus untuk ponsel di kelasnya

Metrotvnews.com, Jakarta: Merilis versi refresh atau pembaruan memang sudah sering dirilis oleh para produsen perangkat.

Hal tersebut dilakukan biasanya karena permintaan terhadap sebuah perangkat masih tinggi sedangkan teknologinya sudah tidak mengikuti zamannya. Merilis perangkat refresh memang memiliki banyak sisi keuntungan. Selain menawarkan spesifikasi yang lebih baik, perangkat refresh biasanya akan sama larisnya dengan seri pendahulunya.

Perangkat refresh yang akan kami ulas kali ini adalah Xiaomi Redmi 2 Prime. Seperti namanya, Redmi 2 Prime merupakan sebuah ponsel generasi penerus dari Redmi 2. Ponsel ini hadir dengan beberapa perubahan spesifikasi yang lebih baik dari Redmi 2, sehingga ponsel ini bisa dikatakan sebagai ponsel refresh.



Desain

Kami tidak akan berbicara banyak soal desain yang dibawakan oleh Redmi 2 Prime, karena desain bodinya sama persis dengan Redmi 2 di berbagai sisi, mulai dari penggunaan desain non-unibodi, posisi tombol power dan volume yang berada di sisi kanan, ukuran layar, dan ketebalannya pun sama persis. Hal tersebut membuat Redmi 2 Prime sangat sulit dibedakan dari Redmi 2.



Tentunya karena mirip, Redmi 2 Prime juga memiliki berbagai nilai plus yang dimiliki oleh Redmi 2. Salah satunya adalah kenyamanannya saat digenggam dengan satu tangan. Redmi 2 Prime memiliki desain bodi yang melengkung di bagian belakangnya, sehingga membuatnya nyaman saat dingenngam.

Software & Antarmuka

Sebagai ponsel Xiaomi keluaran terbaru, Redmi 2 Prime telah menggunakan sistem antarmuka MIUI 6 sebagai basis tampilannya. Kami memang sangat suka dengan tampilan MIUI 6 yang intuitif. Animasinya terlihat unik dan menarik. Ikon-ikonnya pun memiliki warna yang cerah dengan simbol yang mudah dikenali. MIUI memang sedikit rakus memori, tetapi karena Redmi 2 Prime telah memiliki RAM sebesar 2 GB, hal tersebut menjadi tidak masalah. 



Redmi 2 Prime juga hadir dengan berbagai aplikasi standar Google, sperti Gmail, dan Google Maps. Selain itu, ada juga aplikasi galeri foto, kompas, radio dan sebuah aplikasi anti-virus. 



Satu-satunya yang kurang saya suka dari Redmi 2 Prime dalam masalah antarmukanya adalah keyboard yang sering sekali meleset ketika digunakan untuk mengetik. Kami tidak tahu apakah hal tersebut dikarenakan oleh jari kami yang terlalu besar, atau sistemnya. Namun, kami merasa mengetik di Redmi 2 Prime lebih sulit ketimbang di ponsel lain yang pernah kami jajal.

Kamera & Video

Untuk kameranya, Redmi 2 Prime masih menggunakan kamera belakang dengan resolusi 8 megapixel dan kamera depan dengan resolusi 2 megapixel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ponsel ini tidak memiliki peningkatan dari sisi kameranya jika dibandingkan dengan Redmi 2. Meskipun demikian, hasil jepretannya masih tergolong bagus untuk ponsel sekelasnya, baik dalam kondisi terang maupun di malam hari.



Sama dengan kemampuan fotonya, kemampuan video dari Redmi 2 Prime juga tidak mengalami peningkatan. Ponsel ini hanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1080p) dengan framerate 30fps.



Baterai & Performa

Redmi 2 Prime memiliki spesifikasi yang lebih baik daripada Redmi 2. Ia telah dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB sehingga kemampuan multitaskingnya jauh lebh baik daripada Redmi 2.

Meskipun demikian, prosesor yang digunakan masih sama dengan Redmi 2, yaitu Qualcomm Snapdragon 410, sehingga perbedaan performa eksekusi programnya masih tidak jauh berbeda. Hal tersebut terlihat dari hasil benchmark yang kami lakukan dengan menggunakan 3DMark dan PCMark.



Hasil benchmark 3DMark yang kami lakukan menunjukkan bahwa Redmi 2 Prime masih memiliki performa grafis yang sama dengan Redmi 2, bahkan tidak jauh berbeda dengan ponsel sekelasnya. Meskipun demikian, Redmi 2 Prime terlihat unggul ketika benchmark dengan menggunakan PCMark. Penggunaan RAM sebesar 2 GB nampaknya membantu Redmi 2 Prime untuk memperoleh hasil yang lebih baik.



Redmi 2 Prime juga masih mampu menjalankan game-game berat seperti Asphalt 8: Airborne dengan lancar. Kualitas grafisnya pun tergolong bagus dan tidak ada masalah saat bermain.

Namun, untuk game sekelas XCOM: Enemy Within, Redmi 2 Prime masih terlihat kewalahan menjalankannya terutama di bagian yang terdapat banyak partikel asap dan poligon. Kami juga sempat mengalami kesulitan dalam memasang game, tetapi masalah tersebut hilang setelah kami mencoba untuk update software ponsel ini.



Sementara itu untuk baterainya, Redmi 2 Prime terlihat kalah jika dibandingkan dengan saingannya yang kami bandingkan kali ini. Jika melihat dari grafik perbandingannya, hasil pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark menunjukkan bahwa Redmi 2 Prime kalah cukup telak dengan selisih daya tahan lebih dari satu jam. Hal tersebut merupakan nilai minus lainnya yang terdapat di ponsel ini.

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 2 Prime adalah ponsel versi refresh dari Redmi 2 dengan perbaikan spesifikasi yang terdiri dari penambahan RAM yang kini sebesar 2GB dan penyimpanan yang kini sebesar 16GB. Tidak ada hal lain yang ditambahkan atau diperbaiki pada Redmi 2 Prime kali ini, sehingga ponsel ini boleh dibilang sebagai versi refresh yang minim dengan perubahan.

Namun dengan selisih harga sekitar Rp200.000, Redmi 2 Prime merupakan ponsel yang sangat menggoda jika dibandingkan dengan Redmi 2. Hal tersebut dikarenakan Redmi 2 Prime memiliki RAM serta penyimpanan dua kali lipat lebih besar.
 
 
  Xiaomi Redmi 2 Prime
Prosesor Snapdragon 410 @1,2GHz Quad-core
RAM 2 GB
OS Android 4.4.4 KitKat
GPU Adreno 306
Memori Internal 16 GB
Kamera Depan 2 MP, belakang 8 MP (LED Flash)
Baterai 2200 mAh
Layar 4,7-inci IPS HD (1280x720 pixel)
Konektivitas` Dual SIM
GSM/HSPA/LTE
Harga Rp1.799.000
 

Xiaomi Redmi 2 Prime

 

7.6

  • +RAM lebih besar
  • +Penyimpanan internal lebih besar
  • +Selisih harga dengan Redmi 2 tidak jauh
  • -Performa tidak beda jauh dengan Redmi 2
  • -Keyboard kurang nyaman
  • -Baterai kurang tahan lama



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.