Review Smartphone

Samsung Galaxy S7, Pantas Jadi Smartphone Andalan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 13 May 2016 19:18 WIB
review gadget
Samsung Galaxy S7, Pantas Jadi Smartphone Andalan
Tampilan Samsung Galaxy S7

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tidak penasaran dengan performa smartphone andalan Samsung terbaru, Galaxy S7? Sejak diluncurkan pada akhir bulan Februari lalu, Galaxy S7 telah mendapat banyak pujian. Ia bahkan dielu-elukan sebagai alasan mengapa keuangan Samsung membaik di kuartal satu 2016.

Inilah pengalaman saya menggunakannya.
 

Desain 

Samsung Galaxy S7 memiliki ukuran layar 5,1 inci. Jika dibandingkan smartphone lain yang kini banyak mengusung layar 5,5 inci atau lebih besar lagi, Galaxy S7 memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Namun, layar yang lebih kecil berarti kepadatan pixel yang lebih tinggi. Selain itu, karena bodinya tidak terlalu besar, ia justru lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam saku.

Galaxy S7 juga cukup nyaman untuk digenggam, bahkan saat dipegang dengan satu tangan. Tombol home terletak di sebelah kanan atas, memudahkan untuk ditekan dengan ibu jari sementara tombol volume terletak di sebelah kiri atas, sehingga ia mudah dijangkau dengan jari telunjuk. Sensor sidik jari ada di bagian tombol home, yang terlihat seperti tombol home biasa. 



Kamera terdapat di bagian tengah atas, dan tidak berada di pojok atas. Di sebelahnya, terdapat flash dan sensor, yang dapat mengukur detak jantung, stres, dan kadar oksigen dalam darah.

Sekilas, bagian sensor tidak terlihat seperti sesuatu yang istimewa. Ia hanya terlihat seperti flash biasa. Namun, saat ia sedang digunakan untuk mengukur parameter kesehatan, ia akan menyala berwarna merah.



Satu hal yang saya sayangkan, bodi Galaxy S7 cepat kotor. Sidik jari dengan cepat menempel di bodinya. Meski ia juga dapat dibersihkan dengan mudah, mengingat ia memiliki fitur anti-air.


 

Software & Antarmuka

Pada dasarnya, antarmuka dari Galaxy S7 terlihat seperti antarmuka smartphone Samsung lainnya. Hanya saja, pada smartphone andalannya, antarmuka Samsung terlihat lebih rapi. Selain itu, pada Galaxy S7, Anda akan menemukan beberapa fitur yang tidak dapat ditemukan pada jajaran Galaxy lainnya.



Salah satu hal yang saya sukai pada Galaxy S7 adalah karena ia tidak memiliki banyak bloatware. Tentu saja masih ada beberapa aplikasi bawaan yang Samsung tanamkan, baik dari Samsung sendiri ataupun dari pihak ketiga, namun aplikasi tersebut memang berguna.

Misalnya S Health, yang dapat berfungsi layaknya health tracker. Ia dapat membantu Anda mencatat pola tidur, pola makann dan minum Anda hingga gula darah. Galaxy S7 dilengkapi dengan sebuah sensor di dekat kameranya, yang dapat digunakan untuk mengukur detak jantung, tingkat stres dan juga kadar oksigen dalam darah. Hasil dari pengukuran ini dapat disimpan dalam S Health.



Galaxy S7 dilengkapi dengan fitur Private Mode. Saat hendak mengaktifkan fitur ini, Anda akan diminta untuk memasang password, PIN atau pattern. Saat dalam berada private mode, Anda dapat membuat foto, file atau rekaman suara tertentu menjadi private. Semua file yang masuk ke dalam mode private hanya akan dapat dilihat saat private mode aktif.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir teman Anda melihat foto, video atau file pribadi Anda. Sayangnya, Anda tidak dapat menyimpan log chatting atau SMS menjadi private. Selain itu, Galaxy S7 juga dilengkapi dengan KNOX, sebuah software yang akan membantu Anda untuk memisahkan data pribadi dan data pekerjaan. 

 

Kamera & Video

Meskipun Galaxy S7 memiliki pixel yang lebih kecil daripada Galaxy S6, tapi gambar yang dihasilkan tetap tajam. Berkat sensor BRITECELL dan aperture f1.7, saat mengambil gambar di malam hari, kamera Galaxy S7 dapat menghasilkan gambar yang tidak jelek, meski tentu saja ada noise, tapi setidaknya gambar yang dihasilkan cukup jelas.

Galaxy S7 juga sudah dapat mengambil video Ultra HD. Saat mencoba untuk mengambil video dengan resolusi UHD, bagian belakang ponsel, terutama bagian sensor kamera, memang sedikit menjadi lebih panas, tapi, hal ini tidak cukup untuk membuat perekaman video berhenti mendadak.

Samsung melengkapi Galaxy S7 dengan liquid cooling, jadi, tampaknya Anda tidak perlu khawatir akan panas berlebih yang menyebabkan aplikasi kamera terhenti mendadak, seperti yang terjadi pada Sony Xperia Z3+ Dual

Inilah beberapa hasil foto dari Galaxy S7.



Foto kamera depan di luar ruangan.



Foto kamera belakang di malam hari.



Foto kamera depan di dalam ruangan dengan penerangan redup.



Samsung juga melengkapi Galaxy S7 dengan mode kamera dan efek yang cukup lengkap. Jika tidak puas dengan mode yang sudah tersedia, Anda juga bisa mengunduh keduanya.




 

Performa & Baterai

Dengan prosesor Samsung Exynos 8890 dan RAM 4GB, saya tidak meragukan performa dari smartphone Samsung yang satu ini. Dan saya tidak kecewa. Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dapat berjalan lancar. Selain itu, Galaxy S7 juga dilengkapi dengan fitur multitasking, sehingga ia dapat membuka 2 aplikasi pada saat bersamaan. 

Untuk melakukan ini, Anda dapat drag jari dari bagian ujung atas. Namun, tidak semua aplikasi mendukung fitur multitasking. Cara lain untuk membuka dua aplikasi bersamaan adalah dengan tap tombol recent apps.

Pada aplikasi yang mendukung multitasking, terdapat ikon dua persegi panjang di sebelah ikon close. Setelah ikon itu di-tap, Anda akan melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang mendukung multitasking di bagian bawah layar.



Beberapa aplikasi yang mendukung multitasking adalah Chrome, YouTube, Gmail,Email, Facebook, Evernote,Maps, Instagram, Messages, Memo, OneNote, S Planner, Twitter dan WhatsApp. 

Saat mencoba untuk bermain game Asphalt 8: Airborne, bukan lancar atau tidaknya game dapat dijalankan yang saya pertanyakan. Game dapat berjalan dengan lancar bahkan dengan setting grafis high. Saya lebih tertarik untuk menguji fitur Game Launcher, salah satu fitur yang dibanggakan oleh Samsung saat peluncuran Galaxy S7 beberapa waktu lalu.

Dengan Game Launcher, saya dapat mengatur beberapa hal. Salah satunya adalah mematikan notifikasi. Jadi, sesi bermain game saya tidak terganggu oleh notifikasi yang masuk. Selain itu, saya juga dapat menonaktifkan tombol back.



Dengan begitu, meski jari saya berada dekat dengan tombol back, dan tombol itu tertekan secara tidak sengaja, saya tidak akan otomatis keluar dari game. Hal ini sangat membantu, terutama bagi Anda yang sering bermain game.

Satu hal yang menarik dari Galaxy S7 adalah karena baterainya yang dapat bertahan lama. Saat menggunakan PC Mark, Galaxy S7 berhasil bertahan selama 9 jam. Ketika dipakai sehari-hari pun, saya sadar bahwa baterai Galaxy S7 dapat bertahan dengan lama. Selama pemakaian ketika bekerja, smartphone ini dapat bertahan seharian tanpa perlu diisi baterainya.



Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, jika dibandingkan dengan beberapa smartphone kelas atas lain, baterai Galaxy S7 dapat bertahan cukup lama.

Saat diukur dengan Google Octane, Galaxy S7 berhasil mendapatkan nilai 10.070, sementara ia mendapatkan nilai 2.828 ms. Sebagai perbandingan, Sony Xperia Z5 Premium memiliki nilai Google Octane sebesar 6568 dengan nilai Mozilla Kraken 5.115 ms. Semakin tinggi nilai Google Octane semakin baik. Sebaliknya, pada Mozilla Kraken, semakin rendah nilai, semakin baik.

Di bawah ini, Anda dapat melihat grafik perbandingan performa Galaxy S7 dengan beberapa smartphone high-end lain. Galaxy S7 masih mendapatkan nilai tertinggi saat diuji dengan 3DMark Unlimited dan PCMark.



Galaxy S7 memiliki sertifikat IP68 yang berarti ia dapat dibawa ke dalam air hingga kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Yang berarti, ia bisa dibawa untuk foto di kolam renang, meski sebaiknya Anda menghindari air laut.

Touchscreen tidak bekerja saat ia telah berada di dalam air. Untuk mengambil foto, gunakan tombol volume. Saat mode flash berada dalam keadaan auto, Anda dapat menggunakan tombol volume up untuk mengambil foto tanpa flash dan menggunakan tombol volume down untuk menggunakan flash

 

Kesimpulan

Performa memuaskan, kaya akan fitur, dan kamera yang dapat mengambil foto bahkan di tempat dengan penerangan yang relatif redup, Galaxy S7 pantas untuk disebut sebagai jagoan Samsung. Desain bodinya juga cantik, meski bodinya mudah kotor dengan sidik jari.
 
  Samsung Galaxy S7
Prosesor Samsung Exynos 8890 @2,6 GHz octa-core
RAM 4GB
OS Android  6.0 Marshmallow + TouchWiz UI
GPU Mali-T880
Memori Internal 32GB
Kamera 12MP (belakang), 5MP (depan)
Dimensi 142,4 x 69,6 x 7,9 mm
Bobot 152 gram
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,1 inci Quad HD (2560 x 1440)
Harga Rp9 juta

Samsung Galaxy S7

 

8,8

  • Desain cantik
  • Performa memuaskan
  • Baterai awet
  • Fitur anti-air
  • Bodinya mudah kotor karena sidik jari



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /