Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Dec 2017 07:27 WIB
huaweireview gadget
Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Huawei Nova 2i. (MTVN)

Jakarta: Kamera ganda menjadi salah satu tren di industri smartphone tahun ini. Pada awalnya, kamera ganda Anda akan bisa Anda temukan pada smartphone premium. Namun, belakangan, kamera ganda juga bisa Anda temukan pada smartphone kelas menengah.

Kamera ganda biasanya berguna untuk mengambil gambar lebih luas atau menghasilkan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur. Kebanyakan, dua kamera akan disematkan di bagian belakang smartphone. Meskipun begitu, ada juga vendor ponsel yang memasang dua kamera di bagian depan. Biasanya, smartphone itu memang mengunggulkan kamera depan untuk selfie. 

Huawei merupakan salah satu vendor smartphone yang mengadopsi kamera ganda. Kali ini, untuk membuatnya tampil beda dari vendor smartphone lain, Huawei memasang kamera ganda pada bagian depan dan belakang dari Nova 2i. Iya, itu berarti, smartphone kelas menengah ini memiliki 4 kamera. 

Lalu, seperti apa performanya?

 

Desain

Huawei Nova 2i memiliki layar yang cukup besar, 5,9 inci. Ketika diluncurkan di Indonesia, Huawei menyebutkan, dengan layar yang lebih besar, pengguna akan lebih leluasa ketika memanfaatkan fitur multitasking. Saya setuju dengan Huawei. Semakin besar layar, menggunakan dua aplikasi sekaligus menjadi semakin nyaman. 

Menariknya, selain 4 kamera, Huawei juga menggunakan bezel tipis -- tren lain di industri smartphone tahun ini -- pada Nova 2i. Jadi, walau layar ponsel ini adalah 5,9 inci, ia terlihat dan terasa seperti smartphone dengan ukuran 5,5 inci.

Selama menggunakan Nova 2i, saya tidak merasa ia memiliki bodi yang terlalu besar yang sulit untuk digenggam dengan satu tangan. 



Memang, bezel dari Nova 2i tidak setipis bezel, katakanlah, Samsung Galaxy S8. Namun, Huawei telah berhasil memangkas rangka pada Nova 2i sehingga ia tidak terlihat terlalu bongsor meski dengan layar yang hampir mencapai 6 inci.

Untuk meminimalisir bezel, Huawei tidak lagi memasangkan tombol Home fisik pada Nova 2i. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan tombol virtual pada bagian bawah layar. Sementara sensor sidik jari akan Anda temukan di bagian belakang, di bawah kamera ganda yang terpasang secara vertikal. 



Penyusunan sensor dan dua kamera di belakang Nova 2i ini terlihat cukup manis, tidak seaneh pengaturan pada smartphone premium terbaru Samsung. Tombol volume dan power akan Anda temukan di bagian kanan. Port charger -- yang masih berupa port USB Type-A -- terdapat di bagian bawah. Diapit oleh lubang speaker dan port audio. 

 

Software & UI

Huawei Nova 2i sudah menggunakan Android 7.0 yang dilapisi dengan antarmuka buatan Huawei, EMUI versi 5.1. Salah satu kelebihan Android 7.0 adalah fitur native multitasking. Itu artinya, semua smartphone dengan Android 7.0 ke atas sudah bisa membuka dua aplikasi sekaligus. Nova 2i bukan pengecualian. 

Selain itu, Huawei juga melengkapi Nova 2i dengan fitur Floating Dock. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah, ketika fitur ini diaktifkan, Anda akan bisa mengakses sebuah dock yang berisi tombol back, home, dan kunci ponsel. 



Nova 2i juga memiliki fitur yang disebut Twin App. Fitur ini memiliki fungsi serupa seperti fitur cloning. Dengan fitur ini, Anda bisa mengaktifkan dua akun media sosial seperti Facebook serta aplikasi chatting seperti Messenger dan WhatsApp. Hanya saja, fitur ini terbatas untuk akun media sosial dan chatting

Huawei juga melengkapi Nova 2i dengan fitur Health. Di sini, Anda bisa mengatur target olahraga Anda. Anda juga bisa membawa Nova 2i untuk menemani Anda berolahraga. Aplikasi Health akan menghitung jarak, kecepatan dan juga kalori yang dibakar.



Namun, selama pengunaan, saya menyadari bahwa fitur penghitung langkah pada Nova 2i -- yang tampil pada screen saver -- terkadang kurang akurat. Terkadang, jumlah langkah yang terhitung terkadang melompat hingga beberapa ratus langkah. 

 

Kamera & Video

Huawei melengkapi Nova 2i dengan dua kamera belakang dan dua kamera depan. Fungsi kamera kedua ini adalah untuk menampilkan efek Bokeh atau latar belakang yang mengabur dengan mode Portrait.

Ketika saya menggunakan kamera belakang ganda pada Nova 2i, ponsel ini memang menghasilkan foto dengan efek Bokeh dengan baik. Di bawah ini beberapa contohnya. 







Nova 2i juga dapat menghasilkan gambar yang cukup tajam ketika digunakan untuk mengambil foto di siang hari atau malam hari. 







Namun, masalah muncul ketika saya mencoba untuk mengambil gambar dengan fitur zoom. Bahkan jika zoom tidak dimaksimalkan, detail pada foto akan mulai menghilang dan derau atau noise akan muncul. 



Nova 2i juga memiliki kamera ganda di bagian depan. Sayangnya, ketika saya mencoba untuk mengaktifkan fitur Portrait, saya kesulitan untuk menghasilkan foto dengan efek Bokeh. Sementara itu, fitur Beautification dalam ponsel ini memang membuat kulit menjadi lebih mulus.

Ini adalah foto dengan mode Portrait aktif.



Ini adalah foto dengan mode Portrait non-aktif. 



Huawei juga sudah melengkapi kamera depan Nova 2i dengan efek layaknya stiker. Satu hal yang harus diingat, foto yang dihasilkan ketika Anda menggunakan stiker akan memiliki resolusi jauh lebih rendah dari foto biasa. 



Seperti biasa, kami juga membandingkan hasil foto Nova 2i dengan pesaingnya. Nova 2i akan dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lain yang juga memiliki kamera ganda, yaitu Xiaomi Mi A1 dan Samsung Galaxy J7+.



Huawei Nova 2i dapat menghasilkan warna yang lebih terang. Tidak hanya itu, warna yang dihasilkan juga lebih akurat dengan aslinya jika dibandingkan dengan dua pesaingnya. Namun, dari segi detail, Xiaomi Mi A1 berhasil menangkap detail dengan lebih baik.

Sementara Samsung Galaxy J7+ justru gagal menangkap detail dengan baik, terlihat dari bola putih pada bagian atas topi yang justru hampir tidak terlihat ketika difoto mengunakan J7+. Untuk masalah video, Anda bisa merekam dengan resolusi maksimal Full HD menggunakan kamera belakang Nova 2i dan resolusi HD untuk kamera depan. 
 

Performa & Baterai

Huawei merupakan salah satu vendor smartphone yang membuat prosesornya sendiri. Pada Nova 2i, Huawei juga menyematkan prosesor buatannya sendiri, yaitu Kirin 659. Prosesor ini memiliki 8 core yang terdiri dari 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 2.36GHz dan 4 Cortex-A53 dengan kecepatan 1,7GHz. 

Dipadankan dengan RAM 4GB, Nova 2i sudah lebih dari cukup untuk melaksanakan tugas sehari-hari seperti menjelajah internet dan membuka media sosial. Nova 2i juga sudah cukup baik untuk digunakan bermain game seperti Asphalt 8: Airborne. 

Ketika diuji dengan benchmark atau pengujian sintetis sekalipun, nilai yang didapatkan oleh Nova 2i tidak kalah jika dibandingkan dengan para pesaingnya, seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di bawah. 



Untuk masalah baterai, Nova 2i juga dapat bertahan cukup lama. Menurut hasil pengujian dengan PCMark, Nova 2i bisa bertahan lebih dari 8 jam. Selama penggunaan, ponsel ini memang bisa bertahan ketika digunakan seharian dengan penggunaan normal. 



Kesimpulan
Sebagai smartphone kelas menengah, Huawei Nova 2i memiliki performa yang memuaskan. Baterainya pun dapat bertahan cukup lama. Dilengkapi dengan kamera ganda di bagian depan dan belakang, Anda bisa mencoba untuk mengambil foto dengan efek Bokeh dengan smartphone ini, setidaknya jika Anda menggunakan kamera belakang. 

Sayangnya, kamera Nova 2i terkadang agak lambat untuk membuka. Hal ini mungkin akan mengesalkan bagi Anda yang ingin memastikan tidak ada momen yang terlewatkan. Selain itu, mengambil foto dengan efek Bokeh dengan kamera depan juga agak sulit. 

Namun, dengan harga Rp4 juta, Huawei Nova 2i menawarkan pengalaman penggunaan yang baik. 

 
  Huawei Nova 2i
Prosesor Hisilicon Kirin 659 octa-core
RAM 4GB
OS Android 7.0 Nougat + EMUI 5.1
Memori Internal 64GB
Kamera Depan (13MP+2MP), Belakang (16MP+2MP)
Baterai 3.340 mAh
Layar 5,9 inci (2160 x 1080 piksel)
Harga Rp3.999.000

Huawei Nova 2i

 

8,2

  • Kamera belakang yang baik
    Performa memuaskan
    Layar besar
    Baterai awet
  • Kamera depan agak megecewakan
    Respons kamera agak lambat
     



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /