Review Peripheral

Razer Raiju, Premium dan Spesial Esport

Mohammad Mamduh    •    Senin, 02 Oct 2017 11:43 WIB
razerreview peripheralesport
Razer Raiju, Premium dan Spesial Esport
Razer Raiju untuk PlayStation 4

Metrotvnews.com, Jakarta: Razer memang sangat serius menyediakan perangkat segmen gaming. Tidak hanya perangkat esensial seperti mouse dan keyboard, mereka bahkan menciptakan controller untuk para pelaku esport. Ya, mereka tidak selalu menghadirkan produk untuk PC, tetapi juga mencurahkan karyanya untuk gamer yang gemar bermain konsol.

Salah satu perangkat pendukung konsol ini adalah controller spesialis esport Razer Raiju. Seperti apakah kelebihannya? berikut ulasan Metrotvnews.com.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Razer menciptakan controller khusus gamer profesional. Razer Raiju adalah controller generasi berikutnya yang menyasar gamer PS4. Salah satu karakteristik yang cukup menarik adalah desainnya yang mirip dengan controller Xbox One ketimbang DualShock 4. Bentuknya yang cukup gemuk memang lebih nyaman saat dipakai cukup lama. Nuansa PlayStation 4 terlihat dari balutan warna dasar hitam dan biru pada bagian karet penambah grip.



Berhubung khusus esport, Razer Raiju tidak mendukung konektivitas nirkabel. Ya, controller PS4 ini hanya bisa terhubung dengan kabel yang sudah tersedia, dan kabel ini bisa dilepas untuik memudahkan penyimpanan. Anda juga tidak bisa menyalakan konsol langsung dari tombol PS. Salah satu hal yang menarik adalah paket penjualan yang telah dilengkapi tas berkualitas dan obeng khusus. Controller ini memang menawarkan gaya premium.

Razer Raiju menawarkan layout tombol standar DualShock 4. Razer menuangkan nuansa khas nya pada tombol touchpad. Ketika memakainya, Anda akan langsung sadar bahwa Raiju menggunakan komponen tombol mekanik yang gaya tekannya lebih tipis.

Oleh karena itu, tombol ini cenderung pendek dan hampir menempel pada bodi controller. Kelebihannya adalah input perintah yang lebih cepat. Aspek yang menarik lainnya adalah tombol R2 dan L2 yang gayanya mirip LT dan RT di controller Xbox One, dan gaya tekannya juga cenderung lebih pendek. Nuansa seperti ini memberikan kesan bahwa layout controller Xbox One lebih optimal untuk esport ketimbang DualShock 4.



Sebagai controller untuk pemain profesional, Razer Raiju menyediakan 8 tombol tambahan. 4 tombol berguna untuk pengaturan umum yang posisinya di belakang sepasang tombol analog. Keempat tombol sisanya adalah tombol tambahan untuk menyimpan fungsi makro, dua berada di antara tombol L dan R, sementara sisanya berada di bawah bodi controller.

Razer juga menanamkan konsep ini pada controller generasi sebelumnya. Dua tombol di bawah bodi, M3 dan M4, bisa dilepas dengan obeng khusus. Ada juga port audio untuk memasang langsung earphone.



Walaupun gayanya spesial untuk PS4, Razer Raiju juga mendukung PC. Controller ini akan langsung aktif ketika Anda bermain game Steam, tetapi membutuhkan driver tambahan untuk memainkan game di luar layanan tersebut. Tidak ada pengaturan khusus yang rumit untuk menggunakannya di PC. 

Premium dan profesional adalah dua penilaian saya untuk Razer Raiju. Ini adalah controller bernuansa unik yang menawarkan segala keperluan untuk gamer profesional. Tingkat kenyamanan yang ditawarkan bisa memberikan sugesti kepada pemain untuk bertanding lebih semangat. Sesuai dengan kualitasnya, Razer Raiju juga harus ditebus dengan harga yang tidak murah, sekitar Rp2 juta.
 

Razer Raiju

  • Desain premium
  • Ergonomis
  • Input perintah lebih cepat
  • Bukan gaya PlayStation 4 
  • Tidak bisa mengoperasikan konsol langsung



(MMI)

Video /