Review Smartphone

Vivo V5s, Jago Selfie di Segala Kondisi Cahaya

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 21 May 2017 11:05 WIB
vivoreview gadget
Vivo V5s, Jago Selfie di Segala Kondisi Cahaya
Vivo V5s masih mengunggulkan kemampuan yang diusung oleh kamera depan dan kamera belakangnya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini mungkin bisa disebut sebagai eranya smartphone selfie, akibat kemunculan berbagai perangkat komunikasi mobile yang berlomba menawarkan keunggulan yang dimiliki oleh kemampuan kamera depan mereka.

Tidak hanya sebagai era smartphone selfie, sejumlah produsen turut berlomba menghadirkan keunggulan pada kemampuan fotografi yang dimiliki perangkat secara keseluruhan. Jika menyinggung soal selfie, pikiran konsumen kini akan tertuju pada dua merek asal Tiongkok, salah satunya adalah Vivo.

Merek yang mengusung Afgan, Pevita, dan Agnez Mo sebagai tiga dari sejumlah brand ambassador-nya ini resmi merilis smartphone terbarunya yaitu V5s pada awal bulan Mei ini. Serupa dengan pendahulunya, versi terbarunya ini juga menawarkan keunggulan di bidang kamera, terutama kamera depan.

 

Desain

Mengunggulkan kemampuan kamera, desain yang diusung Vivo V5s tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu V5 Plus. Bodi perangkat ini berbalut bahan serupa metal, yang tetap mampu menghadirkan kesan solid pada bagian belakangnya.

Kemiripan antara keduanya salah satunya terlihat pada desain garis antena di bagian belakang bodi perangkat yang terdapat di sisi atas dan bawah bodi, menyerupai desain yang diusung oleh iPhone 7.



Tidak hanya garis antena, penempatan kamera belakang keduanya juga serupa, yang juga didampingi oleh lampu flash LED. Sementara itu, perbedaan yang diusung V5s dan V5 Plus adalah absennya dukungan dual kamera pada bagian depan perangkat.



Secara keseluruhan, Vivo V5s mengusung desain sederhana, namun elegan dengan memusatkan letak seluruh tombol fisik, yaitu tombol daya dan tombol volume, pada sisi kanan bodi perangkat. Sensor pemindai sidik jari dapat ditemukan pada tombol Home sehingga memudahkan saat diakses.



Uniknya, tombol Home yang tersemat pada bagian depan perangkat ini tampil layaknya tombol fisik, dengan bingkai garis keemasan yang membatasi ruang pada bagian bawah layar sehingga menyerupai tombol berbentuk persegi dengan sudut membulat. Nyatanya, tombol Home yang diusungnya tersebut bukannya tombol fisik, melainkan lebih menyerupai tombol sentuh.

Sementara itu, slot kartu microSD yang juga berfungsi sebagai slot 2 kartu micro-SIM dan slot 1 kartu nano-SIM dapat ditemukan pada sisi kiri perangkat. Vivo juga menyematkan jack audio 3,5mm di sisi kiri bawah, mendampingi port USB dan speaker.

 

Software & Antarmuka

Bagi pengguna pertama Vivo, menavigasikan ponsel cerdas ini mungkin akan menimbulkan sedikit kebingungan. Sebab Vivo menyematkan menu drop-down akses cepat di bagian bawah layar, yang dapat diakses dengan mengusap layar dari bawah ke atas.

Antarmuka pengguna yang disebut nama Funtouch OS tersebut sebenarnya bukan hal baru bagi perangkat keluaran Vivo. Sebab antarmuka pengguna yang terinspirasi oleh iOS di iPhone ini telah digunakan pada sejumlah perangkat Vivo lainnya, termasuk Vivo V5 Plus.

Meski demikian, notifikasi yang diterima baik dari panggilan tidak terjawab, email, pesan teks, media sosial dan lainnya masih dapat ditemukan pada bar notifkasi yang dapat diakses dengan mengusap layar dari atas ke bawah.



Vivo V5s juga berbekal kemampuan Smart Split, serupa yang juga dapat ditemukan pada Vivo V5 Plus, memungkinkan Anda untuk mengakses dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Hanya saja, pilihan aplikasi yang dapat memanfaatkan fitur ini masih terbatas pada media sosial, internet dan pesan teks.

Selain itu, Vivo V5s juga didukung oleh fitur App Clone yang memungkinkan Anda untuk mengakses dua akun sekaligus pada aplikasi yang sama di ponsel cerdas ini. Untuk saat ini, fitur tersebut mendukung sejumlah aplikasi pesan instant, termasuk WhatsApp, Line, BBM dan WeChat.

Sementara itu, mengaktifkan fitur Smart Click melalui Settings akan memudahkan pengaktifan lampu senter atau mengakses menu kamera dengan menekan tombol volume selama beberapa saat. Fitur cerdas lain yang juga ditawarkan Vivo V5s adalah Smart Motion, memungkinkan Anda mengaktifkan sejumlah gestur untuk mengendalikan berbagai fungsi.

Serupa pendahulunya, Vivo V5s juga dibekali dengan serangkaian aplikasi bawaan, yang berarti Anda tidak akan dapat menghapusnya demi melegakan kapasitas memori perangkat. Aplikasi bawan tersebut termasuk i Manager, i Music, V-Appstore, Vivo Cloud, dan i Theme.

 

Kamera & Video

Mengunggulkan kemampuan kamera, Vivo membekali V5s dengan kamera depan beresolusi tinggi yaitu 20MP. Meskipun demikian, Vivo tidak melupakan kamera belakang, dan membekalinya dengan resolusi yang juga tinggi yaitu 13MP.

Kedua kamera yang mendukung Vivo V5s ini sama-sama mampu menghasilkan foto yang baik dalam kondisi pencahayaan redup maupun pencahayaan baik. Keunggulan pada kamera depannya cukup memuaskan, mengingat sebagian besar kamera depan ponsel cerdas sedikit payah dalam hal foto pada kondisi pencahayaan redup.





Jika foto yang dihasilkan ponsel cerdas ini dinilai masih kurang terang, Anda dapat memanfaatkan fitur HDR yang membantu menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik pada kondisi pencahayaan redup, ataupun dengan bantuan lampu flash yang tersemat di kiri speaker depan perangkat.





Sayangnya, Vivo tidak lagi membekali perangkatnya ini dengan dukungan setup kamera depan ganda, sehingga Anda tidak dapat menikmati kemampuan foto bokeh pada kamera depan V5s. Vivo mencoba tetap menghadirkan pengalaman memotret menyenangkan melalui pembekalan teknologi Ultra HD pada kamera belakangnya.

Teknologi Ultra HD ini mampu membantu Anda dalam menghasilkan foto lebih tajam dan detil, serta mampu memotret beberapa foto sekaligus dalam waktu bersamaan, untuk menghasilkan hasil foto dengan kualitas lebih baik lagi.

Tidak hanya baik dalam hal foto, kamera Vivo V5s juga tampil cukup baik dalam hal perekaman video berkat dukungan kemampuan perekaman hingga resolusi 1080p. Hasil video Vivo juga hadir dengan guncangan yang sedikit lebih teredam, meski direkam dalam kondisi sambil bergerak atau berjalan santai.

 

Performa & Baterai

Didukung prosesor MediaTek MT6750 1.51GHz, RAM 4GB, dan memori internal 64GB, Vivo V5s mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan dengan performa yang baik. Pengalaman penggunaan menyenangkan tersebut turut didukung oleh absennya gangguan lag saat beraktivitas di ponsel ini.

Pengalaman penggunaan tanpa lag tersebut dapat dirasakan saat mengaskes aplikasi sehari-hari seperti email, media sosial, aplikasi pesan instant dan peramban internet, juga saat ponsel digunakan untuk memainkan game dengan grafis tinggi pada Asphalt 8: Airbone.

Performa yang cukup baik tersebut juga diperkuat oleh perolehan nilai baik di sejumlah pengujian menggunakan aplikasi benchmark, yaitu 3DMark dan PCMark. Pada pengujian 3DMark Ice Storm Unlimited, Vivo V5s berhasil memperoleh nilai 8559.



Nilai cukup baik juga diperoleh Vivo V5s pada pengujian di aplikasi benchmark PCMark, dengan nilai sebesar 3094, serta pada pengujian 3DMark Sling Shot dengan nilai sebesar 469. Perolehan nilai ini tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu V5 Plus, akibat dukungan prosesor yang berbeda.

Sementara itu pada pengujian performa yang disuguhkan oleh peramban bawaannya, Vivo V5s berhasil memperoleh nilai 3025 pada pengujian Google Octane dan 12.562,9 ms pada pengujian Mozilla Kraken.

Untuk urusan baterai, Vivo membekali V5s dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, yang mampu bertahan selama hampir 10 jam dalam sekali pengisian daya, pada kondisi penggunaan aktif. daya tahan baterai ini lebih lama jika dibandingkan dengan Vivo V5 Plus yang mengusung kapasitas lebih besar, yaitu 3.160 mAh.

Sayangnya, bekal kapasitas baterai yang besar tersebut tidak didukung oleh fitur fast charging yang dapat ditemukan pada Vivo V5 Plus. Sehingga Anda perlu menunggu lebih dari dua jam untuk dapat mengisi baterai dari kondisi kosong hingga penuh.
 

Kesimpulan


Mengunggulkan kemampuan kamera depan, Vivo V5s tetap mampu menghadirkan hasil foto yang baik di berbagai kondisi pencahayaan berkat dukungan resolusi 20MP, meski tidak lagi didukung oleh setup kamera depan ganda.

Selain itu, pengalaman penggunaan yang menyenangkan juga didukung oleh bodi perangkat yang ringan, suguhan performa tanpa gangguan lag berarti, serta sejumlah fitur cerdas yang membekali ponsel keluaran terbaru Vivo tersebut.

 
  Vivo V5s
Prosesor MediaTek MT6750 1.51GHz
RAM 4GB
OS Android 6.0 Marshmallow + Funtouch OS 3.0
GPU Mali-T860
Memori Internal 64GB
Kamera 13MP (belakang), 20MP (depan)
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci (1920 x 1080 pixel)
Harga Rp3.799.000
 

Vivo V5s

 

8,5

  • Kamera bagus
  • Performa baik
  • Desain elegan
  • Tidak didukung Fast Charging
  • Dukungan kamera depan ganda absen



(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /