Review Motherboard

ASUS ROG STRIX X99 GAMING, Kencang dan Lengkap

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 13 Sep 2016 21:45 WIB
review motherboard
ASUS ROG STRIX X99 GAMING, Kencang dan Lengkap
ASUS ROG STRIX X99 GAMING

Metrotvnews.com, Jakarta: PC merupakan platform yang sangat fleksibel. Tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game, PC juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan lain mulai dari hanya pekerjaan kantoran, video editing, hingga komputasi untuk riset sederhana. 

Tentunya jika ingin digunakan untuk kebutuhan yang spesifik, sebuah PC juga harus menggunakan hardware yang spesifik. Namun, apakah ada motherboard yang bisa memenuhi hampir semua kebutuhan pengguna PC?

ASUS ROG STRIX X99 GAMING mungkin adalah jawabannya. Meski memiliki embel-embel gaming dan berada di bawah nama Republic of Gamers, motherboard ini ternyata juga sangat cocok untuk berbagai kebutuhan penggunaan PC selain bermain game. Selain memiliki performa yang kencang, motherboard ini juga dilengkapi dengan fitur melimpah sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai skenario penggunaan.



ROG STRIX X99 GAMING hadir dengan nuansa desain yang didominasi oleh awarna hitam. Agar tampil lebih menarik, ASUS menyemarkan fitur Aura Lighting, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna mengatur tampilan RGB LED yang tertanam di motherboard ini. 

Fitur seperti ini memang telah banyak ditemukan di motherboard gaming lain. Namun yang menarik, penempatan RGB LED pada motherboard ini yang membuatnya menjadi terlihat unik. Selain ditempatkan di bagian heatsink dan panel belakang, RGB LED tersebut juga ditempatkan di pengunci slot PCIe x16, membuat ROG STRIX X99 GAMING terlihat berbeda.



Masih kurang puas dengan RGB LED yang disediakan? Anda juga bisa memasang LED tambahan yang terkoneksi dengan sistem Aura Lighting. ROG STRIX X99 GAMING hadir dengan konektor khusus pada motherboard yang memungkinkan Anda untuk memasang RGB LED-strip. Tentu saja tampilan LED-strip tersebut akan mengikuti pengaturan Aura Lighting.

ROG STRIX X99 GAMING sendiri merupakan salah satu motherboard yang menggunakan chipset Intel X99 dan telah mendukung penggunaan prosesor baru Intel Broadwell-E. Sebagai motherboard kelas ekstrem, ROG STRIX X99 GAMING hadir dengan berbagai fitur mulai dari dukungan penggunaan hingga empat kartu grafis melalui empat slot PCIe X16 3.0 hingga hadir dengan WiFi dual band yang telah mendukung teknologi MU-MIMO.



Sementara untuk penyimpanannya, ROG STRIX X99 GAMING hadir dengan empat opsi penyimpanan. Keempat opsi tersebut adalah satu buah M.2 dan U.2 PCIe SSD socket, satu buah port SATA Express, dan 8 port SATA. Motherboard ini juga dilengkapi dengan 5 port USB 3.0, 8 port USB 2.0, dan 2 port USB 3.1 yang salah satunya USB Type-C.

Menariknya, ROG STRIX X99 GAMING juga dilengkapi dengan berbagai teknologi audio khusus untuk bermain game. Selain telah mendukung audio 7.1 surround, dan output melalui SPDIF optical port, sistem audio pada motherboard ini juga didukung oleh teknologi Sonic Radar. Teknologi tersebut memungkinkan Anda untuk mengetahui posisi dan arah musuh dari suara tembakan yang muncul di dalam game.

Bagaimana dengan performanya?

Dibandingkan dengan dua motherboard X99 yang kami uji sebelumnya, yaitu MSI X99A Gaming Pro Carbon dan ASRock X99 Taichi, ASUS ROG STRIX X99 GAMING memiliki performa yang paling unggul. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengujian sintesis menggunakan PCMark 8 dan Cinebench R15. Dari pengujian keduanya, ROG STRIX X99 GAMING berhasil memperoleh skor paling tinggi di antara motherboard X99 yang pernah kami uji.



Tidak hanya itu, pengujian kompresi dan ekstrasi file serta pengujian menggunakan Super Pi 32MB juga menunjukkan motherboard ini memiliki perforama yang lebih unggul ketimbang yang lain. Minusnya, sistem overcolcking otomatis yang ada di motherboard ini hanya memungkinkan kami untuk menaikkan performa sebesar 10 persen.

Meski demikian, kami tahu potensi overclocking masih jauh di atas angka tersebut, namun penggunanya harus mengutak-atik pengaturan BIOS secara manual. 



Kesimpulan

Bertenaga dan penuh fitur. ASUS ROG STRIX X99 GAMING berhasil tampil dengan performa yang memuaskan dan fitur yang lebih lengkap ketimbang kompetitornya. Selain telah dilengkapi dengan WiFi berteknologi MU-MIMO, motherboard ini juga dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif, yaitu USD399.

ASUS ROG STRIX X99 GAMING memang tidak memiliki sistem overclocking otomatis yang sehebat kompetitornya yang mampu menaikkan performa hingga lebih dari 30 persen. Namun, jika Anda hanya ingin menggunakan motherboard ini untuk penggunaan sehari-hari, overclocking tentu tidak perlu dilakukan karena prosesor yang bisa digunakan di motherboard ini juga sudah sangat kencang.
 

ASUS ROG STRIX X99 GAMING

  • Performa kencang
  • Fitur lengkap
  • Harga bersaing
  • Tampilan mewah
  • Kemampuan overclocking otomatis tidak terlalu tinggi



(MMI)

Video /