Review VGA

GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING, Tekankan Kualitas Hardware

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 02 Feb 2016 16:32 WIB
review kartu grafis
GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING, Tekankan Kualitas Hardware
GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain G1 Gaming, produsen kartu grafis GIGABYTE mempunyai satu lini produk yang juga menyasar kelas gamer. Varian XTREME GAMING hadir dengan spesifikasi yang berbeda dengan varian G1 Gaming.

Untuk kartu grafisnya, kami kembali mencoba satu varian VGA yang termasuk ke dalam rumpun XTREME GAMING ini, yaitu GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING. Seperti apakah fitur dan performa yang ditawarkan? Berikut ulasan kami.

GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING mempunyai nama asli GV-N970XTREME-4GD. Dari penamaannya saja, kita sudah bisa melihat bahwa kartu grafis ini menawarkan memori sebesar 4GB. Sebelum ke performa, seperti biasa saya ingin membahas desain fisik yang dimiliki VGA ini.

Berhubung menggunakan chipset NVIDIA GTX 970, maka VGA ini termasuk ke dalam kelas high-end, yang juga didukung oleh dimensi yang cukup besar, yaitu 279 mm x 121 mm x 42 mm.



Cukup besar sampai VGA ini sanggup menampung teknologi pendingin eksklusif WINDFORCE 3X. Sistem pendingin ini terdiri dari 3 buah kipas yang bertugas membuang panas yang diserap oleh heatsink yang menutupi seluruh bodi VGA ini. Uniknya, WINDFORCE 3X dilengkapi indikator yang menampilkan status apakah kipas beroperasi atau tidak.

Indikator ini adalah dua lampu LED yang terdiri dari logo WINDFORCE dan tulisan Fan Stop. Saat logo WINDFORCE menyala, itu berarti kipas sedang beroperasi untuk menyesuaikan panas yang dihasilkan, sementara indikator Fan Stop akan aktif ketika ketiga kipas ini benar-benar mati saat beroperasi.




Tidak sampai disitu, ketiga kipas pendingin pada GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING juga menggunakan lampu LED untuk dekorasi tambahan. Pengguna dapat mengatur pencahayaan lampu ini via aplikasi OC GURU.

Beralih ke asupan daya, untuk memastikan bahwa VGA ini mendapatkan pasokan listrik yang memadai, GIGABYTE menyematkan indikator tambahan pada konektor power supply. Sisanya, GIGABYTE menanamkan teknolgi yang berfokus pada ketahanan fisik VGA ini, seperti penggunaan PCB anti debu, carian, dan anti karat.

Setelah desain dan fitur, saat membicarakan performa, GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING menawarkan tenaga yang sanggup menjalankan berbagai game kelas berat. Spesifikasi yang ditawarkan sebenarnya sudah cukup untuk menjalankan berbagai game terkini. Bila dirasa kurang, pengguna juga bisa meningkatkan kemampuannya lewat aplikasi OC GURU untuk pengaturan overclocking yang mudah dan sederhana.




Melihat spesifikasinya secara rinci, GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING memiliki Core Clock 1190MHz, di atas pabrikan standar yaitu 1051MHz. VGA yang menggunakan fabrikasi 28 nm ini juga dilengkapi memori 4GB GDDR5 dengan komputasi 256-bit. Untuk menjalankannya, disarankan memakai PSU yang mempunyai daya minimum 600W.


Kesimpulan

Untuk segmen kelas high-end, GIGABYTE GTX 970 XTREME GAMING bisa menjadi salah satu kartu grafis yang diperhitungkan. GIGABYTE sendiri memang menjadi salah satu produsen hardware dengan jam terbang sangat lama, sehingga kualtiasnya tidak perlu diragukan.

Dengan harga mencapai Rp6,9 juta, kartu grafis ini adalah sebuah investasi yang cukup menarik untuk Anda penggemar PC yang suka mencari hardware dengan desain, performa, dan fitur yang menarik. Namun, harganya memang masih kurang bersaing.
 
 
  GIGABYTE GV-N970XTREME-4GD
Chipset Maxwell
Memori 4GB DDR5
Base Clock 1150MHz
Memory Clock 7100MHz
Interface 256-bit
Harga Rp6.950.000
 
  • Performa mumpuni
  • Fitur pendingin WINDFORCE 3X
  • Dekorasi indikator dan lampu LED
  • Harga kurang bersaing



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.