Review Monitor

ASUS Designo MZ27AQ, Elegan di Berbagai Aspek

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 05 Dec 2017 23:44 WIB
review peripheral
ASUS Designo MZ27AQ, Elegan di Berbagai Aspek
ASUS Designo MZ27AQ

Jakarta: Bagi sebagian orang, monitor bukan hanya sebuah alat untuk menampilkan program yang sedang dijalankan di PC. Monitor juga bisa dijadikan sebagai pajangan yang sedap ketika dipandang dan itulah yang sepertinya ingin dihadirkan oleh ASUS kali ini. Melalui monitor Designo MZ27AQ, Anda bisa bisa memajang PC dengan cara yang lebih elegan.

Elegan dan Mewah

Berbeda dengan monitor standar yang biasa dijumpai di kantoran atau monitor gaming yang memiliki tampilan lebih "sangar", Designo MZ27AQ hadir dengan desain yang lebih ke arah elegan. Bodinya berwarna silver dan sangat tipis. Tebal bodinya hanya 0,7cm dan bezel-nya 0,84cm.

Tidak hanya layar, desain elegan monitor ini juga bisa dilihat dari berbagai aspek salah satunya adalah bagian penyangga dan dasarnya (base). Dua bagian tersebut terbuat dari bahan metal yang sangat kokoh mesi penyangga monitor ini hanya satu.

Minusnya, Designo MZ27AQ tidak bisa diputar secara horizontal dan vertikal, serta ketinggian panelnya tidak bisa diatur.



Bagian layar Designo MZ27AQ hanya bisa diarahkan ke bawah dan atas. Meski demikian, ketinggian monitor ini sudah sangat nyaman untuk digunakan. Selain itu, Designo MZ27AQ juga memiliki sudut pandang yang sangat lebar yaitu hingga 178 derajat. Hal tersebut membuat Anda tidak perlu memutar layar karena masih sangat jelas meski dilihat dari samping sekalipun.

Menambah nuansa mewahnya, ASUS juga menyematkan speaker Harman Kardon di bagian belakang monitor ini. Untuk sebuah speaker terintegrasi, kualitas suaranya sangat baik. Apalagi ASUS juga menyediakan sebuah subwoofer eksternal untuk mendampingi monitor ini. Berkat subwoofer tersebut, suara yang dihasilkan menjadi jauh lebih merdu.

Fitur Tidak Dikesampingkan

ASUS Designo MZ27AQ bukan hanya sekadar tampil elegan dan mewah. Monitor ini ternyata juga dilengkapi dengan fitur dan teknologi modern, bahkan bisa digunakan oleh profesional. Selain memiliki reproduksi warna sRGB 100 persen, monitor ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi display.



Beberapa teknologi tersebut di antaranya adalah ASUS Ultra-Low Blue Light yang memungkinkan tampilan monitor bisa diatur agar gelombang warna biru dipancarkan secara minimal sehingga dampak terhadap kesehatan menjadi minimal. Selain itu terdapat juga teknologi ASUS Flicker-free yang memungkinkan tampilan tidak mengandung efek flicker sehingga lebih nyaman dilihat.

Monitor ini juga dilengkapi dengan teknologi SplendidPlus Video Intelligence yang memungkinkan Anda untuk mengganti mode tampilan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa mode yang bisa digunakan adalah sRGB, Reading, Darkroom, Scenery, Standard, Theater, Night View, hingga Game.



Untuk panelnya sendiri, Designo MZ27AQ menggunakan panel IPS dengan resolusi 2560x1440 pixel atau 2K. Meski masih belum menggunakan 4K, resolusinya memang diatas standar monitor saat ini. Keunggulan lainnya adalah monitor ini menggunakan teknologi non-glare dengan rasio kontras 1000:1.

Hal lain yang menarik adalah Designo MZ27AQ memiliki response time 5ms. Hal tersebut tercolong kencang untuk sebuah monitor non gaming. Dengan response time tersebut input berbagai perangkat seperti mouse, keyboard, hingga pen tablet akan lebih lancar sehingga memberikan manfaat langsung bagi penggunanya.

Kesimpulan

Dibanderol dengan kisaran harga Rp6 juta, ASUS Designo MZ27AQ memang pantas untuk dilirik mengingat desainnya yang sangat elegan. Monitor ini juga sangat tepat dimiliki jika Anda menginginkan monitor dengan kemampuan multimedia yang lengkap dan bisa dipajang di meja kerja.
 

ASUS Designo MZ27AQ

  • Desain mewah dan elegan
    Punya speaker dan subwoofer
    Kualitas tampilan gambar sangat bagus
     
  • Desain monitor kurang fleksibel
     



(MMI)