Review Laptop

Acer Aspire (A515-41G), Harga dan Performa Terjangkau

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 22 Dec 2017 15:06 WIB
acerreview laptop
Acer Aspire (A515-41G), Harga dan Performa Terjangkau
Acer Aspire 5 (A515) diposisikan sebagai laptop multitasking, bisa untuk gaming dan kebutuhan bekerja.

Jakarta: Sebagian orang yang ingin membeli laptop saat ini seringkali dihadapkan oleh dua pilihan, yakni laptop tersebut harus bisa diajak bekerja alias multitasking dan memainkan game di saat penggunanya bosan atau membutuhkan hiburan.

Di satu sisi, laptop yang bisa memenuhi dua kebutuhan tersebut selalu dibanderol dengan harga belasan juta. Harga tersebut langsung membuat keinginan untuk membeli pastinya. Hal ini yang disasar oleh Acer lewat Acer Aspire 5 (A515-41G) hasil kerja sama dengan AMD.

Seperti yang diketahui belakang Acer cukup gencar dipergunakan sebagai otak dibalik laptop yang harganya terjangkau tapi masih memiliki kemampuan yang cukup baik untuk menyajikan kemampuan seperti laptop gaming. Berikut adalah pengujian yang dilakukan Medco.id pada Acer Aspire 5 (A515-41G).

 

Desain

Layar 15.6 inci membuat Acer Aspire 5 (A515-41G) membuatnya tidak memiliki ukuran yang layak untuk dibawa dengan genggaman tangan. Lebih nyaman jika Anda menggendongnya di dalam tas punggung.



Bobotnya mencapai 2,20kg, oleh sebab itu sangat tidak dianjurkan untuk menenteng laptop ini hanya dengan satu tangan. Meskipun begitu, ukuran layar tersebut adalah cukup untuk kebutuhan gaming dan multitasking.

Karena digolongkan sebagai laptop terjangkau yang memiliki kemampuan gaming sekaligus multitasking, dari tampilannya saya tidak bisa berharap banyak.

Acer Apire 5 (A515-41G) tampil dengan desain bodi yang cukup tebal di kelasnya, tetapi desainnya tidak terlihat murahan. Ketebalannya yang mencapai 21,60 mm membuat laptop ini tidak hanya besar tapi juga cukup tebal.



Pada bagian penampang keyboard disajikan lapisan metal aluminim dengan aksen brush metal sehingga menegaskan kesan laptop ini tidak didominasi material plastik. Ukuran keyboard dan trackpad cukup lebar sehingga nyaman.

(Acer A515-41G) masih menyediakan area numpad lengkap, namun saya harus berhati-hati karena tombol terletak di dalam area keyboard. Sebuah ciri khas dari Acer Aspire yang menurut saya sering membuat penggunanya ceroboh tanpa sengaja menekan tombol power yang rasanya tidak berbeda jauh dengan menekan tombol di keyboard.



 

Fitur

Ditujukan untuk kegiatan bekerja multitasking dan bermain game, Aspire (5 A515-41G) dibekali layar 15,6 inci beresolusi 1366 x 768 HD yang mampu menghasilkan warna yang cerah dan kuat.

Berbekal Radeon RX 540 dengan RAM 2GB DDR 5 cukup menjadi modal laptop ini menerjemahkan kualitas gambar dengan dengan kualitas gambar tajam dan warna cerah yang nyaman di mata saat digunakan. Persis di atas layar tersemat webcam beresolusi HD.



Pada bagian sisi-sisinya terdapat beberapa lubang konektor seperti 1 buah USB 3.1 Type-C yang bisa dipergunakan untuk mengisi daya perangkat yang mendukung jenis konektor yang sama.

Jika Anda tidak memiliki perangkat yang menggunakan USB Type-C maka masih tersedia 2 buah port USB 2.0 dan 1 buah port USB 3.0. Selain itu tersedia port untuk HDMI dan RJ-45. Melihat bodi penampang yang masih terbilang tebal, semestinya Acer Aspire (A515-41G) masih muat untuk dijejali dengan optical disk drive.



Konektivitas lain yang disediakan yakni 802.11ac wireless LAN yang mendukung Gigabit LAN dan Bluetooth 4.0. Dari sisi audio, Acer masih setia membekali fitur teknologi Acer TrueHarmony. Selama digunakan, audio yang dihasilkan cukup nyaring dan detil untuk memutar lagu maupun bermain game.

 

Performa

Bicara soal performa Acer Aspire 5 (A515-41G) dibekali dengan prosesor kartu grafis AMD yang sebetulnya cukup mumpuni di rentang harga yang dipasang pada laptop. Jadi, sewajarnya tidak bisa dibandiingkan setara dengan laptop khusus segmen gaming.

Di dapur pacunya dibenamkan prosesor AMD A12-9720P Quad-core up to 3,6GHz dengan Radeon R7 Graphics. Katu grafisnya sendiri didukung Radeon RX 540 dengan vRAM 2GB DDR5. Untuk kapasitas RAM yang disediakan sebesar 8GB DDR4 dan memori internal HDD 1TB.

Saat digunakan untuk bermain game Acer Aspire 5 (A515-41G) memang mampu menjalakan game seri AAA, tapi dengan kualitas grafis yang tidak maksimal. Dalam pengujian menggunakan konfigurasi grafis ultra di game Ghost Recon: Wildlands dan Ashes of Singularity, proses benchmark tidak bisa diselesaikan.



Hal ini disebabkan vRAM yang hanya 2GB. Namun, laptop ini rupanya masih kuat untuk menjalankan dua game tersebut dalam konfigurasi detil grafis tingkat normal. Justru saat memainkan game The Witcher III, laptop ini mampu diajak bermain dengan konfigurasi grafis ultra.

Untuk kebutuhan untuk bekerja, misalnya melakukan rendering foto dan video Acer Aspire 5 (A515-41G) masih memiliki kecepatan yang cukup memuaskan. Berdasarkan perbandingan daya tahan baterai dibandingkan laptop khusus gaming yang pernah diuji Medcom.id tahun ini, Acer Aspire 5 (A515-41G) berhasil mencatat daya tahan selama 4 jam 8 menit, masih yang terbaik.


Kesimpulan
Acer Aspire 5 (A515-41G) terbilang pas bagi pengguna yang memimpikan memiliki laptop gaming yang bisa diajak bekerja atau multitasking yang tidak memiliki uang cukup banyak.

Namun, dengan memilih laptop ini tentu saja pengguna tidak boleh mengeluh terhadap keterbatasan yang dimiliki Acer Aspire 5 (A515-41G) yakni tidak bisa selalu memainkan game dengan konfigurasi grafis di tingkat ultra.

Sisi baiknya, berbekal performa yang ditampilkan Acer Aspire 5 (A515-41G) Anda masih tetap bisa bermain game masa kini yang sebagian besar kelas AAA. Anda pasti tidak harus menikmati game dengan konfigurasi gambar ultra, selama gameplay dan jalan cerita game tersebut menarik.

Dari sisi desain dna tampilan laptop ini memang tidak sempurna, dia tidak menampilkan kesan laptop gaming maupun laptop profesional. Setidaknya dengan performa yang tergolong baik dan harga yang masih ramah di kantong Anda bisa mengikhlaskan tampilannya.
 
  Acer Aspire 5 (A515-41G)
Ukuran Layar  15,6 inci (1366 x 768 HD)
Prosesor AMD A12-9720P Quad-core up to 3,6GHz
GPU Radeon R7 + Radeon RX 540 2GB DDR5
RAM 8GB
Penyimpanan  1TB HDD
Bobot 2,2 kg
Harga Rp7.799.000
 

Acer Aspire 5 (A515-41G)

 

8

  • Performa cukup untuk sesuai dengan harga
  • Layar besar dan tajam
  • Ukuran keyboard lega
  • Daya tahan baterai cukup lama
  • Tampilan kurang menarik
  • Bobot masih berat

 




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.