Review Periferal

Corsair MM1000, Keren Pakai Wireless Charging

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 11 Nov 2018 17:11 WIB
hardwarereview peripheralcorsair
Corsair MM1000, Keren Pakai Wireless Charging
Corsair MM1000.

Jakarta: Mousepad juga menjadi aksesoris wajib yang mampu menunjang performa dan menambah gaya seorang gamer. Umumnya mouepad gaming hanya mengandalkan material dan tekstur dengan desian khusus.

Berbeda dengan mousepad buatan Corsair yang justru dibenamkan teknologi canggih. Corsair beberapa waktu lalu merilis secara global Corsair MM1000 dan yang punya teknologi wireless charging.

Dari tampilannya Corsair MM1000 menggunakan material plastik yang membuatnya ringan tapi kukuh, meskipun tidak terlalu tebal.



Di bagian atas terdapat lapisan dengan material semacam plastik dengan permukaan bertekstur. Pengalaman Medcom.id menggunakannya dengan Corsair Dark Core RGB SE, permukaan mouse pad ini tidak licin tapi halus saat digunakan.

Pada sisi kanan permukaan terdapat sebuah lingkaran yang menjadi penanda titik sensor wireless charging yang didukung teknologi Qi Wireless Charging. Medcom.id akan menjelaskan teknologi ini setelah membahas desainnya.



Beralih ke bagian bawahnya terdapat material karet yang melapisi permukaan bawah. Tujuannya agar mousepad dengan ukuran 350 x 260 mm ini tidak bergeser dari meja atau tempat mousepad ini digunakan.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard  ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin  Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Menyediakan fitur wireless charging di atas permukaannya, Corsair MM1000 butuh terhubung ke PC atau laptop menggunakan dua kabel USB berasal dari sudut kanan atas.


Di bagian tersebut juga tersedia satu buah port USB yang bisa digunakan untuk memasang dongle Bluetooth atau wireless misalnya dari mouse Dark Core RGB SE. Juga terdapat LED indikator saat wireless charging terhubung ke perangkat yang terisi dayanya.

Kini membahas fitur Qi Wireless Charging yang ada di mousepad. Corsair melengkapi tiga aksesori, satu dongle wireless charging dan dua kepala konektor. Dongle ini berfungsi untuk menyediakan wireless charging ke perangkat lain seperti smartphone.



Jadi dongle tersebut memiliki ujung kepala Micro USB, dan tersedia dua kepala konektor yakni USB Type-C dan Lightning, sehingga mendukung beragam jenis port baik, smartphone model Android maupun iPhone. Saat dongle sudah terpasang, letakkan tepat di lingkaran Corsair MM1000.

Medcom.id melihat bahwa teknologi pengisian daya nirkabel pada Corsair MM1000 bisa disempurnakan ke depannya. Mouse yang dipadukan dengan fitur wireless charging harus diletakkan di atas logo penanda tadi saat pengisian daya berlangsung.

Saat mouse digeser sedikit saja atau lokasi tidak pas, pengisian daya terhenti. Artinya mouse yang digunakan harus rela tidak digunakan dulu. Jadi wireless charging hanya tersedia di satu titik, tidak di seluruh permukaan Corsair MM1000.

Kesimpulan
Corsair MM1000 pantas disebut inovasi terbaik untuk mousepad karena mampu membenamkan teknologi wireless charging. Di sisi lain, tampilannya tergolong biasa saja, tidak diberikan hiasan LED RGB.

Fitur wireless charging di Corsair MM1000 belum tersedia di seluruh permukaannya, melainkan hanya di satu titik. Rasanya sama saja, pengguna harus mengistirahatkan mouse mereka untuk melakukan pengisian daya, bukan mengisi daya sambil digunakan.

Dari segi pengalaman menggunakannya, permukaan Corsair MM1000 mampu menunjang gerakan mouse dengan cepat, tapi halus dan tidak mudah tergelincir. Corsair MM1000 dibanderol di harga USD80 di situs resminya atau senilai Rp1,1 juta, harga yang rasanya pantas, ditambah kehadiran wireless charging.
 
 
8
Corsair MM1000 Qi Wireless Charging Mouse Pad
Plus
  • Pengalaman menggunakan memuaskan
  • Fitur canggih wireless charging
  • Wireless charging kompatibel dengan perangkat lain
  • Tersedia dongle wireless charging untuk semua perangkat
Minus
  • Desain biasa saja
  • Wireless charging hanya di satu titik

 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.