Review Peripheral

D-Link Omna 180 Cam, Perangkat Pintar untuk Pengguna iOS

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 26 Aug 2017 17:00 WIB
d-linkreview peripheral
D-Link Omna 180 Cam, Perangkat Pintar untuk Pengguna iOS
D-Link Omna 180 Cam menghadirkan kemudahan dalam mengawasi lingkungan sekitar dari jarak jauh.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tindak kejahatan yang marak terjadi, terutama saat pemilik berada di luar rumah, memicu kekhawatiran masyarakat. Hal ini mendorong sejumlah produsen menawarkan perangkat pengawasan rumah atau lokasi lain dari jarak jauh.

Jika dulu perangkat pengawasan hanya dapat merekam potongan gambar secara kontinu, perkembangan teknologi turut memungkinkan produsen menghadirkan kemampuan baru seperti pemantauan secara langsung ataupun menyuguhkan suara pemilik perangkat dari jarak jauh.

Hal tersebut turut ditawarkan oleh D-Link melalui kamera pengawas jarak jauhnya, yaitu D-Link Omna 180 Cam. Perangkat D-Link ini hadir sebagai kamera keamanan bersertifikasi Apple HomeKit pertama, menjadikan versi perangkat ini hanya kompatibel dengan aplikasi Home pada perangkat bersistem operasi iOS 10.



Untuk urusan desain, D-Link Omna 180 Cam hadir dengan desain elegan dan menarik, sedikit berbeda dari desain yang diusung perangkat kamera keamanan lainnya. Perangkat ini hadir dengan bodi berbentuk silinder dengan diameter 26mm dan tinggi 133mm, serta dihiasi dengan sentuhan efek metal.

Pada bodi perangkat, Anda dapat menemukan port micro-USB untuk input daya di bagian belakang. Posisi port di bagian belakang menghadirkan kemudahan untuk menempatkan perangkat di berbagai lokasi, tanpa perlu mengkhawatirkan juntaian kabel mengganggu keindahan yang ditampilkan perangkat.

Sementara itu pada bagian dasar perangkat, Anda akan menemukan slot memori eksternal microSD. Kehadiran slot ini memungkinkan Anda mengatur perangkat untuk merekam selama pelakukan tindak pengawasan dan menyimpannya dalam kartu microSD tersebut, kemudian memutarnya kembali di kemudian hari.



Selain slot microSD, Anda juga akan menemukan tombol reset pada bagian dasar perangkat, dan dikelilingi cincin berbahan karet. Cincin ini berfungsi untuk memastikan perangkat tetap berdiri tanpa mudah bergeser saat ditempatkan di berbagai permukaan, terutama pada permukaan licin.

Penggunaan perangkat ini tergolong mudah, Anda hanya perlu melakukan pairing antara kamera pengawas dengan perangkat mobile bersistem operasi iOS 10, seperti iPad atau iPhone. Sebelum melakukan pairing,  Anda juga perlu menghubungkan perangkat dengan kabel daya dan menunggu hingga lampu yang terdapat di bagian depan bawah perangkat berkedip dalam warna oranye.

Kemudian, Anda dapat memulai proses pairing dengan memanfaatkan aplikasi Omna yang dapat diunduh di App Store. Pada aplikasi, Anda perlu menekan tombol plus (+) pada halaman utama aplikasi, memungkinkan perangkat iOS mendeteksi kamera yang harus diposisikan dalam jarak dekat.



Setelahnya, Anda akan disuguhi menu navigasi pengaturan fokus perangkat yang ditampilkan dalam bentuk serupa lingkaran. Memilih perangkat tertentu akan menampilkan keterangan perangkat yang terpilih serta sejumlah opsi di bagian bawah menu navigasi roda tersebut. Opsi terdiri dari Live View, SD Playback, serta Settings.

Pada opsi Live View terdapat ikon camera untuk memotret kondisi yang ditampilan oleh siaran langsung dari perangkat kamera ke perangkat iOS, serta ikon mikrofon yang memungkinkan perangkat kamera mengeluarkan suara pengguna melalui perangkat iOS. Sedangkan ikon ketiga berupa speaker bertugas menyuguhkan suara di sekitar perangkat kamera.



Setelah terhubung dan mengatur berbagai pengaturan, Anda dapat mengawasi lingkungan di sekitar kamera dari jarak jauh. Selain itu, kamera pada D-Link Omna 180 Cam didukung oleh lensa dengan sudut pandang 180 derajat, memungkinkan Anda mengawasi lingkungan dengan ruang lingkup lebih luas.

Saat berada jauh dari perangkat, Anda akan mendapatkan notifikasi pada perangkat iOS saat kamera menangkap sesuatu. Sayangnya, perangkat ini mengandalkan daya langsung tanpa dukungan baterai, memungkinkan konektivitas perangkat terputus saat lokasi pengawasan terjadi pemutusan listrik.

Salah satu fitur menarik D-Link Omna 180 Cam adalah sensor gerakan yang bisa mendeteksi objek yang berpindah tempat dalam sudut pandang kamera. Fitur ini sama dengan beberapa produk IP Cam milik D-Link lainnya, dan sensor ini juga bisa memberikan notifikasi langsung ke ponsel. Anda juga bisa mengatur tingkat sensitivitas sensor ini agar tidak terlalu responsif.

Seperti yang sudah dijelaskan D-Link Omna 180 Cam hanya kompetibel dengan perangkat iOS 10. Anda tidak akan bisa memakainya dengan perangkat Android atau Windows. D-Link sendiri memang bekerja sama dengan Apple khusus untuk menyediakan perangkat pintar rumah, dan Omna adalah salah satunya.

Tertarik untuk membeli dan menggunakan perangkat ini, Anda dapat membelinya dengan tebusan sebesar USD149,95 (Rp1,9 juta).

 

D-Link Omna 180 Cam

  • Pengaturan mudah
  • Sudut pandang luas
  • Hanya untuk iOS
  • Harga cukup mahal



(MMI)

Video /