Review Smartphone

Samsung Galaxy A7 2017, Mewah dengan Daya Tahan Baterai Lama

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 14 Mar 2017 07:10 WIB
samsungreview gadget
Samsung Galaxy A7 2017, Mewah dengan Daya Tahan Baterai Lama
Samsung Galaxy A7 2017 (mtvn/uthi).

Metrotvnews.com, Jakarta: Samsung merupakan salah satu produsen dengan intensitas peluncuran produk tertinggi di dunia. Perusahaan asal Korea Selatan ini hampir memiliki setidaknya satu lini di setiap segmentasi kelas produk yang tersedia di pasaran.

Giatnya Samsung dalam menghadirkan perangkat baru di setiap segmen pada setiap tahun, seolah menjadikannya kesulitan dalam hal penamaan produk. Samsung lebih memilih menggunakan nama yang sama serupa pendahulunya pada perangkat barunya, dengan menyisipkan tahun peluncuran di akhir nama sebagai pembedanya.

Sama halnya dengan rangkaian perangkat seri A yang pada 2017 ini kembali hadir dengan nama serupa pendahulunya, salah satunya adalah A7. Namun dalam hal spesifikasi, perangkat ini mengunggulkan sejumlah perbedaan yang diklaim lebih baik dibandingkan pendahulunya. Berikut ulasannya.
 

Desain

Perangkat Galaxy seri A 2017, termasuk A7, menjadi wujud nyata keputusan Samsung menghadirkan bahan kaca yang umumnya digunakan pada perangkat premium, pada perangkat kelas menengah.

Penggunaan bahan tersebut pada Samsung Galaxy A7 2017 ini menimbulkan kesan mewah dan elegan pada A7 2017, yang juga didukung oleh balutan warna emas pada bodi perangkat ini. Kesan mewah juga didukung oleh penggunaan bezel tipis pada tepi layar.

Perangkat ini juga mendapat dukungan teknologi layar 2.5D di bagian depan dan belakang, tidak hanya menjadikan tampilannya serupa dengan perangkat premium Samsung, yaitu Galaxy S7, juga menjadikan pengalaman penggunaan terutama saat menggenggam perangkat ini tergolong menyenangkan.



Hanya saja, kesan lembut yang dihadirkan penggunaan bahan kaca pada bagian depan dan belakang Samsung Galaxy A7 2017 ini juga diikuti oleh kesan sedikit licin. Hal ini beberapa kali menimbulkan kekhawatiran perangkat terjatuh saat digenggam.

Pada Galaxy A7 2017, Samsung kembali menghadirkan tombol Home dengan di bawah layar, yang telah menjadi ciri khasnya. Tombol Home fisik tersebut diapit oleh dua tombol menu utama lainnya yang hadir dalam tombol sentuh kapasitif dengan dukungan pencahayaan.



Sementara itu pada sisi kanan, Anda akan menemukan tombol daya, didampingi oleh speaker berukuran tergolong kecil di atasnya. Posisi speaker yang diusung Samsung Galaxy A7 2017 ini tergolong berbeda dari perangkat lain, yang umumnya menyematkan speaker di bagian bawah atau belakang perangkat.

Posisi speaker tersebut turut menimbulkan kebingungan saat digunakan, sebab selama penggunaan, speaker ini beberapa kali tertutup oleh jari tangan secara tidak sengaja. Selain itu, Anda juga dapat menemukan tombol volume di sisi kiri didampingi oleh slot SIM 1, jack audio dan USB Type-C di sisi bawah perangkat, serta slot SIM 2 dan microSD di sisi atas perangkat.



 

Software & Antarmuka

Berbeda dari pendahulunya, Samsung tidak membekali Galaxy A7 2017 ini dengan dukungan antarmuka pengguna TouchWiz karyanya. Sebagai gantinya Samsung menyematkan antarmuka pengguna terbarunya, yaitu Grace UX yang pertama kali digunakan oleh Galaxy Note 7, pada perangkat ini.

Antarmuka pengguna baru ini hadir dengan tampilan lebih sederhana, dengan navigasi intuitif lebih banyak. Grace UI juga hadir dengan pemilihan penggunaan warna lebih lembut, dengan ikon lebih membulat dan sedikit berukuran lebih kecil. Selain itu, animasi dan transisi terlihat lebih halus, dan Anda dapat menemukan bar pencarian pada halaman daftar menu.

Grace UX juga memiliki toko temanya sendiri, menghadirkan sejumlah tema dan wallpaper yang dapat Anda peroleh secara cuma-cuma. Selain itu, Samsung juga menghadirkan fitur keamanan Secure Folder, memungkinkan Anda untuk menyimpan file dan aplikasi pribadi yang hanya dapat diakses oleh pemilik dengan memanfaatkan deteksi sidik jari atau password.



Mengingat ukuran 5,7 inci yang tergolong besar, Samsung juga membekali Galaxy A7 2017 ini dengan kemampuan pengoperasian menggunakan satu tangan. Kemampuan tersebut akan menampilkan menu dan antarmuka layar perangkat dalam ukuran lebih kecil sehingga lebih mudah diakses dengan satu tangan.

Uniknya, fitur ini dapat diakses hanya dengan mengusap dari tepi atas layar ke arah dalam bawah sudut berlawanan, tanpa perlu mengakses menu setting untuk dapat mengaktifkannya. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran layar tersebut ke dalam dua ukuran lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Samsung juga membekali Galaxy A7 2017 dengan fitur Blue Light Filter, dapat diakses melalui menu drop down yang akan muncul saat Anda mengusap layar dari tepi atas ke bawah. Mengaktifkan fitur ini akan mengubah cahaya layar menjadi lebih hangat, sehingga membantu mata cepat lelah dan tertidur saat Anda menggunakan ponsel sebelum tidur.

 

Kamera & Video

Berbekal kamera belakang dan kamera depan beresolusi 16MP, Samsung Galaxy A7 2017 mampu menghadirkan hasil foto yang tergolong baik, jika dibandingkan dengan ponsel cerdas kelas menengah lainnya.

Hanya saja, keunggulan resolusi tinggi pada kamera Samsung Galaxy A7 2017 ini tidak didukung oleh teknologi Phase Detection Auto Focus, sehingga fokus pada kamera perangkat ini tergolong lambat. Hal ini sedikit mengurangi kesenangan memotret menggunakan kamera belakang perangkat ini, terutama pada objek dengan banyak pergerakan.





Pengalaman serupa juga kami temukan pada kamera depan Galaxy A7 2017 ini. Kemampuan kedua kamera ponsel ini dalam menghadirkan foto dengan detil dan warna yang baik pada kondisi pencahayaan cukup ini tidak dibarengi dengan kemampuan pada kondisi pencahayaan redup.





Pada kameranya, Samsung menghadirkan dukungan mode cukup banyak, seperti mode Manual, Panorama, Hyperlapse, HDR, Night, dan Foods, secara default pada kamera belakang, serta mode Selfie, Wide Selfie dan Night, pada kamera depan.

Sementara itu, Anda akan dapat menemukan kata Download pada bagian kanan atas layar menu kamera, yang dengan mengetuknya akan mengarahkan ke halaman toko khusus. Toko tersebut akan menyuguhkan dua mode karya Samsung lainnya yang dapat Anda unduh secara gratis.

Selain sejumlah mode default, Anda juga akan menemukan kemudahan dalam mengakses mode tersebut, hanya dengan mengusap layar dari tepi kanan ke kiri. Menyusap layar dari arah sebaliknya akan menampilkan sejumlah filter yang disediakan oleh Samsung.

 

Performa dan Baterai

Untuk urusan performa, dukungan Samsung Exynos 7 7880 ARM Cortex-A53 1.87GHz dan RAM 3GB mampu membantu Samsung Galaxy A7 2017 dalam menghadirkan kinerja yang baik, baik saat digunakan secara aktif maupun pada penggunaan normal.

Selama menggunakan ponsel cerdas ini, kami dimanjakan oleh tampilan yang mulus tanpa jeda mengganggu. Tampilan mulus tanpa jeda tersebut tidak hanya hadir pada saat berpindah dari satu menu ke menu lain ataupun menjejahi menu galeri berisi foto dalam jumlah banyak, juga ditemukan saat memainkan game Ashpalt 8: Airbone.



Tidak hanya kinerja mulus tanpa jeda, kesenangan menggunakan ponsel cerdas ini juga didukung oleh tampilan grafik pada game yang disuguhkan dengan detail dan warna yang terjaga. Kemampuan menyuguhkan detail dan warna tersebut juga kami dapati saat memutar video melalui akun media sosial YouTube.

Kesenangan saat menggunakan perangkat juga dihadirkan oleh keyboard bawaan ponsel cerdas ini. Keyboard default pada Samsung Galaxy A7 2017 ini hadir dengan tombol berukuran tergolong besar, dan dengan jarak cukup jauh antara satu dengan lainnya. 

Ukuran dan jarak tersebut turut membantu mengurangi kesempatan salah menekan tombol yang tidak diinginkan atau typo. Hanya saja, dimensi layar yang tergolong luas sedikit menghadirkan ketidaknyaman saat menggunakan keyboard ponsel ini, sehingga Anda akan harus mencari posisi terbaik agar tangan tidak cepat lelah.



Sementara itu, mengusung layar besar beresolusi tinggi nampaknya tidak berpengaruh besar pada baterai 3.600 mAh. Baterai ponsel cerdas ini mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama, hingga lebih dari 13 jam pada kondisi penggunaan aktif, atau hingga satu setengah hari dalam kondisi pemakaian standar.

Dukungan fitur pengisian daya cepat yang turut membekalinya membantu daya baterai terisi dengan lebih cepat. Untuk mengisi baterai ponsel ini dari kondisi kosong hingga penuh membutuhkan waktu tergolong singkat, yaitu sekitar hampir satu jam.


Kesimpulan
Samsung Galaxy A7 2017 hadir dengan tampilan mewah dan elegan, serta dengan dukungan performa tanpa gangguan jeda, serta baterai berdaya tahan lama dan dukungan pengisian daya cepat memungkinkan perangkat terisi dengan lebih cepat.

Sayangnya, performa kamera yang mampu menyuguhkan hasil foto cukup baik terganggu oleh kemampuan fokus yang lambat.

 
  Galaxy A7 2017
Prosesor Samsung Exynos 7 7880 ARM Cortex-A53 1,87GHz quad-core
RAM 3GB
OS Android 6.0.1 Marshmallow
GPU Mali-T830 MP3
Memori Internal 32GB
Kamera Depan 16MP, Belakang 16MP
Baterai 3.600 mAh
Layar 5,7 inci, (1920 x 1080 piksel)
Harga Rp5.999.000
 

Samsung Galaxy A7 2017

 

8,1

  • Desain elegan dan mewah
  • Baterai tahan lama
  • Pengisian daya baterai cepat
  • Fokus kamera lambat



(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

12 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /