Review Smartphone

Xiaomi Redmi Note 5A, Spesifikasi dan Harga Pas di Kantong

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 27 Nov 2017 17:58 WIB
xiaomi
Xiaomi Redmi Note 5A, Spesifikasi dan Harga Pas di Kantong
Xiaomi Redmi Note 5A

Jakarta: Xiaomi memang dikenal mampu menghadirkan smartphone dengan harga sangat terjangkau dibandingkan kompetitornya, terutama untuk segmen flagship. Bagaimana dengan  segmen bawah?

Redmi Note 5A adalah smartphone terbaru Xiaomi yang dirilis di Indonesia pada awal November kemarin. Ditanya harganya perangkat ini dibanderol sangat terjangkau, yaitu Rp1,5 juta. Bagaimana Xiaomi bisa mengemas smartphone terjangkau ini sehingga bisa laku di Indonesia?
 

Desain

Biasanya smartphone segmen bawah memang tidak memiliki desain bodi yang banyak gaya, hal ini berlaku juga di Redmi Note 5A. Smartphone ini masih memiliki desain yang tidak berbeda dengan seri Redmi Note sebelumnya, hanya saja lebih ringan.



Bobot ringan yang dimiliki hadir dengan penggunaan material plastik hampir di seluruh bagiannya. Ketebalan bodinya terbilang ramping dengan desain unibodi tapi unibodi pada Redmi Note 5A terbilang sangat baik.

Mengapa? Karena Redmi Note 5A menyediakan tiga slot sekaligus pada SIM tray meskipun hadir dengan desain unibodi. Tiga slot ini memisahkan penggunaan dual SIM dan kartu MicroSD. Jadi pengguna tidak perlu mempermasalahkan kapasitas memori internal yang kecil.



Sayangnya ketika menggunakan smartphone ini saya masih harus meraba 3 tombol navigasinya sebab ketiga tombol yang ada di bagian bawa layarnya tidak disertai lampu backlit. Satu hal yang absen dari bagian ini adalah fitur pemindai sidik jari yang sekarang populer.

Layar menjadi poin penting dalam membeli smartphone, Redmi Note 5A mengusung ukuran layar 5,5 inci. Dari segi ukuran sudah cukup memuaskan, 5,5 inci merupakan layar yang paling pas untuk menikmati konten hiburan di smartphone.



Ukuran layar yang terbilang tidak kecil yakni 5,5 inci dengan penggunaan material plastik pada Redmi Note 5A merupakan perpaduan yang tepat. Ukurannya yang cukup besar dengan bobot yang sedemikian ringan membuat tangan tidak terasa pegal ketika harus menggenggam perangkat ini saat dipergunakan untuk menonton film di perjalanan.



 

Antarmuka dan Software

MIUI yang dihadirkan adalah versi Global 8.5 Stable. Belum diketahui apakah Redmi Note 5 akan mendapatkan MIUI 9. Sistem operasi yang dipergunakan Android 7.1.2 Nougat. MIUI ini sudah bisa dijumpai pada smartphone Xiaomi yang dirilis saat ini.

Dari bentuk ikon, tidak ada yang berbeda ketimbang MIUI versi sebelumnya. Meskipun demikian, bagi saya MIUI sebetulnya sudah cukup nyaman dipergunakan dan yang paling penting tidak banyak membawa aplikasi bawaan alias bloatware seperti merek smartphone lain. 



Aplikasi seperti MIUI Forum dan Mi Community masih menjadi aplikasi bawaan yang wajib hadir. Saya bukan yang tergolonga aktif menggunakannya juga bukan Mi Fans sejati tapi saya tidak merasa kehadiran dua aplikasi ini menggangu atau membuat pengunaan terasa lamban.

Selain itu ada juga Mi Drop yang hadir ketika saya melakukan update di sistem operasi Redmi Note 5A sebelum mengujinya. Aplikasi ini berfungsi sebagai layanan berbagi data antar perangkat Android lainnya dengan kapasitas dan kecepatan lebih cepat dari pada Bluetooth.

Layanan semacam itu sudah sejak lama hadir sebagai aplikasi bawaan smartphone, dan menurut saya bagus jika Xiaomi kini juga ikut menyediakan layanan serupa. Setidaknya jauh lebih baik ketimbang memenuhi smartphone dengan aplikasi bawaan yang belum tentu dipergunakan dan bahkan tidak bisa dihapus dari memori internal.
 

Kamera dan Video

Kemampuan kamera Redmi Note 5A untuk sebuah ponsel ekonomis sudah cukup memuaskan di atas kertas. Kamera belakangnya memiliki kemampuan 13MP dengan PDAF dan kamera depannya 5MP.





Selama penggunaan dalam beberapa kondisi, kamera depan dan belakang Redmi Note 5A mampu menghasilkan foto yang sangat baik dengan satu syarat: foto yang diambil tidak dengan melakukan pembesaran. Saat melakukan pembesaran, sedikit saja hasil fotonya akan menunjukkan bahwa kualitas gambarnya tidak tajam.



Untuk pengambilan foto di dalam ruangan hasilnya juga masih sangat bagus asalkan pencahayaannya cukup. Sedikit efek bokeh juga masih bisa dihasilkan oleh Redmi Note 5A. Dalam kondisi diluar ruangan pada malam hari, kualitas kamera depannya akan menurun sangat drastis.

Anda bisa tenang untuk kamera belakangnya. Dalam kondisi tersebut kamera belakang Redmi Note 5A masih bisa diandalkan bahkan untuk menangkap foto di antara objek yang bergerak.



Kemampuan perekaman videonya juga memuaskan untuk penggunaan sehari-haru, perangkat ini bisa menghasilkan video beresolusi Full HD. Namun, ketika dipergunakan dalam kondisi yang cukup ramai suara berisik di sekitarnya tidak bisa diredam.



 

Performa

Redmi Note 5A didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 425 dan RAM 2GB serta memori internal 16GB yang bisa ditingkatkan hingga 256GB. Mengingat kebanyakan aplikasi saat ini memiliki kapasitas data serta mengkonsumsi RAM cukup besar, RAM 2GB mungkin bisa bertahan hingga beberapa waktu ke depan saja.

Bagi saya yang membutuhkan banyak aplikasi dan kemampuan multitasking, saya ragu bisa menggunakan Redmi Note 5A untuk sehari-hari. Namun, perangkat ini rupanya masih bisa menjalankan aplikasi yang cukup berat, misalnya bermain game.



Saya menjajal ponsel ini untuk memainkan game Asphalt 8: Airborne dengan konfigurasi grafis maksimal. Game tersebut masih bisa berjalan dengan lancar. Dalam penggunaan hingga 15 menit, perangkat hanya terasa sedikit hangat saja dan saya tidak merasa khawatir.

Dalam beberapa pengujian benchmark dengan beberapa aplikasi, Redmi Note 5 mampu menghasilkan skor yang sangat baik. Terutama dalam hal kapasitas baterai tercatat bahwa Redmi Note 5A mampu bertahan hingga 9 jam. 



Berbekal baterai berkapasitas 3.080 mAh, sungguh disayangkan perangkat ini tidak mendukung fitur fast charging, sehingga butuh waktu 2-3 jam untuk mengisi daya hingga penuh. 



Kesimpulan
Xiaomi Redmi Note 5A bukan sebuah smartphone dari Xiaomi yang bisa membuat Anda cukup sombong ketika menggunakannya. Setidaknya, spesifikasi yang diberikan sudah sangat pas bagi Anda yang memang membutuhkan smartphone dengan harga terjangkau atau ingin menggunakan dua smartphone sekaligus. 

Kapasitas baterai perangkat ini menjadi bukti seri Redmi Note memang bisa diandalkan dari segi daya tahan baterainya. Jadi, Anda tidak perlu rajin mengisi power bank setiap malam.
 
  Xiaomi Redmi Note 5A
Prosesor Qualcomm Snapdragon 425
RAM 2GB
OS Android 7.1. Nougat 
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 13MP, Belakang 5MP
Baterai 3.080 mAh
Layar 5,5 inci Full HD
Harga Rp1.499.000
  

Xiaomi Redmi Note 5A

 

8

  • + Tidak mengusung slot SIM hybrid
    + Kualitas foto masih cukup baik di kelasnya
    + Performa cukup oke
    + Daya tahan baterai panjang
     
  • - Desain sederhana
    - Kapasitas RAM
    - Tidak tersedia pemindai sidik jari
    - Tidak mendukung pengisian baterai cepat
     



(MMI)