Review NAS

QNAP TVS-473, NAS Canggih Bisa Multimedia

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 20 Mar 2018 22:38 WIB
review peripheralqnap
QNAP TVS-473, NAS Canggih Bisa Multimedia
QNAP TVS-473

Jakarta: Membicarakan NAS tentunya tidak lepas dari QNAP. Produsen perangkat penyimpanan ini sudah lama menciptakan berbagai NAS khusus konsumen rumahan dan perusahaan dengan varian yang menarik. Salah satu produk terbaru mereka yang datang ke meja pengujian Medcom.id kali ini adalah QNAP TVS-473.

NAS (Network Attached Storage) pada umumnya tidak menyediakan fitur berlebihan, mengingat fungsi utamanya hanya menyimpan data. QNAP TVS-473 menawarkan lebih dari itu. NAS ini punya peran multimedia. Seperti apa fitur yang ditawarkan? Begini ulasan Medcom.id.

QNAP TVS-473 adalah NAS yang menyediakan empat bay HDD 3,5 inci. Bentuknya terlihat lebih mewah dari produk pesaing berkat balutan warna emas yang cukup elegan. Empat bay HDD ini menawarkan akses yang sangat mudah. Anda hanya perlu menggeser pengunci kebawah, kemudian menggeser tuas untuk bisa menarik bay dan memasang HDD.

Sayangnya, pengunci ini kurang bagus saat saya ingin memasukkan bay ke posisi semula. Pengait dari ujung tuas sering tidak menempel dengan tepat, sehingga saya harus mendorong tuas ini dari bodi tengahnya.



Apa yang menarik dari QNAP TVS-473 adalah desain yang menunjukkan bahwa ia bukanlah NAS biasa. Selain empat bay, Anda bisa melihat indikator LED yang menampilkan firmware NAS. Ternyata, layar ini bukan hanya indikator, tetapi juga sebagai pintu akses berbagai fungsi tambahan. Hal ini berkat penyematan AMD RX-421BD, prosesor yang dirancang khusus untuk perangkat penyimpanan seperti NAS.

Prosesor ini punya empat inti dengan kecepatan hingga 2,1GHz, yang juga mendukung RAM 64GB. Prosesor ini menjadi komponen utama dalam menyediakan beberapa fitur canggih lainnya, seperti kecepatan jaringan Gigabit LAN (kecepatan secara teori mencapai 1,035Mbps).

Selain HDD, QNAP TVS-473 sanggup menggunakan SSD, baik antarmuka SATA maupun M.2 via slot PCIe. NAS ini juga menyediakan dua port USB 3.1 di belakang untuk transfer data yang lebih baik.



Salah satu keunggulan QNAP TVS-473 adalah kemampuannya untuk multimedia. Pengguna bisa mengakses dan menonton film yang tersimpan langsung ke layar TV atau monitor. Ya, Anda bisa menonton film resolusi 4K melalui dua port HDMI yang terpasang. NAS ini juga menyediakan speaker jika monitor yang dipakai tidak memilikinya.

Kualitas speaker ini memang tidak terlalu bagus, dan Anda mungkin bisa memakan speaker terpisah. Ini adalah kemampuan yang sangat jarang dimiliki sebuah NAS. QNAP TVS-473 juga menyediakan remote control layaknya televisi, sehingga pengaturan saat menonton tanpa harus menekan tombol yang ada di bodi NAS.

NAS yang mendukung multimedia harus menyediakan antarmuka yang ramah. QNAP TVS-473 bisa memenuhi ekspektasi itu. Melalui sistem operasi QTS 4.3, QNAP telah menyematkan tampilan antarmuka via PC yang cukup artistik dan interaktif.

Salah satu strateginya adalah dengan menyediakan ikon dengan desain yang familier. Tidak ada pengaturan rumit, hanya dengan menghubungkannya ke PC, QNAP TVS-473 akan mendeteksi perangkat dan mencari pengaturan otomatis.


Kesimpulan
QNAP TVS-473 adalah NAS canggih yang harus ditebus dengan harga sangat mahal, sekitar Rp19 juta. Saya mengatakan mahal karena pada umumnya NAS untuk konsumen di pasar dipatok antar Rp1juta sampai Rp6 juta.

Namun, QNAP TVS-473 punya berbagai kelebihan yang tidak ditawarkan NAS dengan harga kurang dari Rp10 juta. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin punya media penyimpanan dengan akses ringkas dan cepat di rumah.

 
 
 
QNAP TVS-437
Plus
  • Fitur canggih
  • Konektivitas lengkap
  • Mendukung penyimpanan M.2 dan PCIe
Minus
  • Mahal
  • Pengunci kurang kuat


 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.