Review Mouse

Logitech G900 Chaos Spectrum Jadi Mouse Gaming Favorit, Kenapa?

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 09 Oct 2017 23:06 WIB
logitechreview peripheral
Logitech G900 Chaos Spectrum Jadi Mouse Gaming Favorit, Kenapa?
Logitech G900 Chaos Spectrum

Metrotvnews.com, Jakarta: Gamer profesional memang sangat membutuhkan mouse dengan response time yang cepat dan tingkat akurasi yang tinggi. Selama ini kebutuhan tersebut hanya bisa dihadirkan di mouse gaming kabel, namun Logitech ingin mengubah persepsi tersebut.

Melalui G900 Chaos Spectrum, Logitech ingin membuktikan bahwa mouse gaming wireless juga bisa memenuhi dua kriteria tersebut, sehingga bisa digunakan oleh para gamer profesional.

Berangkat dari tampilannya, Logitech G900 Chaos Spectrum memiliki desain bodi futuristik. Anda bisa melihat dari banyaknya lekukan bersiku dan desain dengan garis lurus pada mouse ini. Meski demikian, mouse ini masih sangat nyaman digenggam. "Grip"-nya pas sekali dengan telapak tangan saya dan semua tombol bisa dijangkau dengan mudah, termasuk tombol yang ada di bagian atas bodi mouse ini.



Berbicara mengenai tombolnya, G900 Chaos Spectrum dilengkapi dengan tombol mekanis dari Omron yang sangat nyaman dan memiliki feedback yang sangat baik ketika ditekan. Sepanjang pengalaman saya menggunakan mouse dari Logitech, tombolnya memang salah satu yang paling tahan lama ketimbang merek lain yang ada di pasar.

G900 Chaos Spectrum memiliki total 11 tombol yang semuanya bisa diprogram melalui software khusus bernama Logitech Gaming Software. Di software tersebut, Anda juga bisa mengatur jenis lampu LED RGB yang digunakan agar tampilannya menjadi lebih menarik. Logitech Gaming Software juga bisa mendeteksi game yang ada di PC Anda serta kumpulan preset untuk game-game tersebut.



Di paket penjualannya, Anda juga akan diberi set tombol tambahan yang bisa dibongkar pasang dengan mudah. Selain itu, ada juga pemancar sinyal wireless khusus yang mirip seperti USB flash disk. Pemancar tersebut bisa dihubungkan langsung dengan kabel yang disediakan sehingga memungkinkannya untuk berada dekat dengan mouse dan membuat transmisi sinyal tidak terhalang oleh objek lain.

Ada dua hal yang menarik dari software tersebut. Pertama, Logitech sudah memberikan dukungan untuk pengaturan yang bisa disimpan di memori internal G900 Chaos Spectrum. Ya, dengan fitur tersebut Anda akan bisa menggunakan pengaturan khusus yang sudah diatur sebelumnya di mouse gaming ini tanpa harus memasang Logitech Gaming Software. Ini sangat berguna bagi gamer profesional karena mereka memang sering berganti PC.



Hal kedua yang paling menarik adalah pengaturan daya pada mouse. G900 Chaos Spectrum memang memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yaitu bisa hingga 32 jam jika lampu LED RGB-nya dimatikan. Di pengaturan daya pada Logitech Gaming Software, Anda bisa mengatur bagaimana mouse ini menghemat dayanya.

Bagaimana dengan performanya?

Secara mengejutkan, mouse gaming ini ternyata memang memiliki performa layaknya mouse kabel meski saat digunakan dalam mode wireless. Sepanjang saya menggunakannya untuk bermain game action seperti Ghost Recon: Wildlands dan The Division, saya sama sekali tidak merasakan adanya input lag.



Ditenagai oleh sensor PMW3366 yang diklaim memiliki akurasi sangat baik, mouse ini bisa menghadirkan tingkat sensitivitas mulai dari 200 hingga 12.000 DPI. Akselerasinya pun sangat nyaman, dan Anda bisa mengatur semua pengaturan performanya melalui Logitech Gaming Software.

Menariknya lagi, G900 Chaos Spectrum masih bisa digunakan dalam mode wired atau menggunakan kabel. Dengan demikian, saya masih bisa bermain game meski baterai mouse ini sudah sekarat.

Kesimpulan

Logitech G900 Chaos Spectrum saya akui memang berhasil menghadirkan kualitas performa dan kenyamanan yang sangat tinggi. Desainnya juga elegan dan tidak terlalu "norak" karena LED RGB-nya hanya ada di satu bagian kecil, dan yang terpenting dukungan software juga sangat baik. Harganya memang cukup mahal untuk sekelas mouse gaming, yaitu Rp2.390.000. Namun, melihat fitur yang ditawarkan, harga tersebut bagi saya masih di angka wajar.

Semua penjabaran di atas merupakan alasan mengapa Logitech G900 Chaos Spectrum kini menjadi mouse gaming favorit saya.

Logitech G900 Chaos Spectrum

 

9,2

  • Performa sangat bagus
  • Nyaman
  • Desain elegan dan tidak norak
  • Bisa digunakan secara wireless atau menggunakan kabel
  • Harga premium



(MMI)

Video /