Review Smartphone

Coolpad Fancy 3, Incar Peluang di Harga Termurah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 01 Jan 2017 22:14 WIB
review gadgetcoolpad
Coolpad Fancy 3, Incar Peluang di Harga Termurah
Tampilan Coolpad Fancy 3. (MTVN/LAVIE)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para vendor smartphone tampaknya berlomba-lomba untuk menawarkan smartphone selfie. Tidak terkecuali Coolpad, yang meluncurkan Fancy 3 pada awal Desember kemarin. Jika dibandingkan dengan smartphone selfie lainnya, Fancy 3 adalah penawaran yang paling murah.

Ketika peluncurannya pun, pihak Coolpad menyebutkan bahwa mereka memang menyasar kelas menengah-bawah dengan ponsel selfie mereka ini. Inilah ulasan lengkap dari Coolpad Fancy 3.

 

Desain

Meskipun Fancy 3 ditujukan untuk kelas menengah-bawah, Coolpad membuat bodinya dari metal, untuk lebih tepatnya, aluminium magnesium. Harus diakui, hal ini memang membuatnya tampil tidak murahan. Namun, Coolpad bukanlah vendor pertama yang menggunakan strategi ini. 

Desain dari Fancy 3 mirip dengan desain Xiaomi Redmi Note 3 dan Infinix Hot S. Ketiga smartphone ini memiliki sensor kamera belakang yang cukup besar dengan sensor pemindai sidik jari di bagian bawahnya. Salah satu hal yang membedakan tampilan dari ketiganya adalah letak flash

Coolpad Fancy 3

Selain itu, Fancy 3 juga memiliki garis berwarna keperakan di bagian atas dan bawah, yang terlihat kontras jika dibandingkan dengan bodinya yang berwarna abu-abu. Untungnya, ketiga smartphone ini juga memiliki tampilan bagian depan yang cukup berbeda.

Coolpad Fancy 3

Dengan layar 5 inci, Fancy 3 terasa pas di tangan. Bagian sisi kanan dan kirinya sedikit melengkung, sehingga ia nyaman untuk digenggam. Ukuran layarnya yang tidak terlalu besar sehingga saya dapat dengan mudah mencapai tombol power yang ada di sebelah kanan atas dan tombol volume yang ada di sisi kiri.

Sementara itu, port audio Fancy 3 terletak di bagian atas dan port charger di bagian tengah bawah. Speaker dapat Anda temukan pada bagian belakang bawah, di bawah logo Coolpad. 

 

Software & Antarmuka

Salah satu keunggulan dari Coolpad adalah karena ia sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow yang Google luncurkan tahun lalu. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan fitur-fitur baru yang telah Google tanamkan pada Marshmallow, seperti Doze.

Coolpad kemudian melapisi Marshmallow tersebut dengan antarmuka buatannya, CoolUI 8.0. Tanpa drawer, Anda bisa mengakses semua aplikasi yang telah Anda unduh cukup dengan melakukan swipe. Namun, saya merasa antarmuka terasa cukup berat. 

Fancy 3 memiliki cukup banyak aplikasi bawaan. Sebagian memang saya gunakan, seperti Facebook dan Instagram. Sebagian yang lain pernah saya gunakan, seperti Zalo dan WeChat. Salah satu fitur yang ada pada Fancy 3 adalah C-Button, yang memudahkan Anda untuk mengakses volume, recent app, home, lock screen, dan lain sebagainya. Meski terkesan agak berulang dengan fungsi kontrol, terkadang ia cukup berguna, seperti untuk mengambil screenshot saat bermain game.

Coolpad Fancy 3

Coolpad juga memiliki Finger Touch, yang berbagai fitur di dalamnya dapat Anda aktifkan sesuai selera. Seperti menekan sensor fingerprint untuk mengambil foto atau mulai merekam video. Fitur mengambil foto dengan menyentuh sensor sidik jari ini cukup berguna, terutama untuk mengambil selfie dengan posisi vertikal. Meskipun begitu, ia bukanlah fitur yang eksklusif tersedia pada Fancy 3.

 

Kamera & Video

Untuk masalah kamera, Fancy 3 memiliki kamera depan 8MP dan 13MP. Bahkan dengan pesaing dengan harga terdekat, ASUS ZenFone Selfie, resolusi kamera Fancy 3 masih kalah. Namun, sama seperti kebanyakan kamera smartphone kelas menengah, gambar yang dihasilkan masih cukup tajam asalkan ia digunakan untuk mengambil foto dengan cahaya yang cukup. 

Ini beberapa contoh gambar yang diambil dengan Fancy 3.

Coolpad Fancy 3

Coolpad Fancy 3

Coolpad Fancy 3

Sayangnya, gambar yang diambil dengan Fancy 3 saat cahaya remang-remang memiliki banyak noise, baik saat menggunakan kamera depan atau kamera belakang. Memang, ada mode HDR sehingga Anda membuat foto di dalam ruangan menjadi lebih terang, tapi tetap ada noise dalam foto. Selain itu, jangan mengambil foto dengan membelakangi cahaya kecuali jika Anda memang ingin mengambil foto siluet. 

Coolpad Fancy 3

Coolpad Fancy 3

Coolpad Fancy 3Fancy 3 memiliki fitur Beautify yang berfungsi untuk memutihkan kulit, menguruskan wajah dan melebarkan mata. Untuk Anda pecinta detail, Anda bisa mengatur tiga elemen ini dengan slider secara terpisah. Meskipun jika Anda enggan untuk mengatur elemen itu satu per satu, Anda juga bisa mengatur keseluruhannya dalam satu slider.

Menariknya, kedua kamera Fancy 3 dapat merekam video hingga 720p. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda para vlog. Smartphone selfie dari Coolpad ini juga memiliki flash di kamera depan. Namun, jika Anda ingin menggunakan flash, Anda tidak bisa memanfaatkan fitur Beautify.

Kamera belakang Fancy 3 memiliki fitur Manual, tapi, jangan samakan ia dengan fitur Manual pada ponsel mengunggulkan fitur fotografi, seperti Huawei P9 Lite atau ASUS ZenFone 3. Karena elemen yang bisa Anda atur tidak sebanyak itu.

Anda bisa mengatur Contrast, Saturation, Exposure, ISO hingga 1600, dan White Balance. Namun, Anda tidak akan menemukan pengaturan shutter speed dan fokus. 

 

Performa & Baterai

Dengan harganya yang paling murah jika dibandingkan dengan smartphone selfie lainnya, tidak heran jika spesifikasi dari Coolpad Fancy 3 juga bisa dibilang paling rendah. Misalnya dalam hal RAM, Fancy 3 hanya memiliki RAM 2GB. Meskipun begitu, ia cukup untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menjelajah internet. Namun, untuk berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain, terasa ada sedikit jeda. 

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di bawah, jika dibandingkan dengan pesaingnya yang memiliki harga serupa Fancy 3 memiliki performa yang agak kurang, terutama jika dibandingkan dengan Redmi Note 3. Meskipun begitu, satu keunggulan Fancy 3 dari ponsel buatan Xiaomi itu adalah karena ia sudah merupakan ponsel 4G, sementara pengguna Redmi Note 3 harus puas dengan jaringan internet 3G.

Coolpad Fancy 3

Meskipun begitu, saat saya menggunakan Fancy 3 untuk bermain Asphalt 8: Airborne dengan pengaturan grafik high, ia dapat menjalankannya tanpa tersendat, meski waktu respon terasa sedikit lambat. Saat saya mencoba untuk memainkan game lain, Marvel Future Fight, sesekali terjadi lag saat game dimainkan dengan pengaturan grafis tertinggi, meski lag itu berkurang saat pengaturan grafis dibuat ke medium.

Sementara dalam waktu daya tahan baterai, Fancy 3 juga hanya menang dari Infinix Zero 3. Secara keseluruhan daya tahan baterainya juga tidak begitu buruk sehingga saya harus terus-menerus mengisi baterainya.

Coolpad Fancy 3

Kesimpulan

Coolpad Fancy 3 memiliki performa yang cukup baik di kelasnya. Namun, jika dibandingkan dengan smartphone selfie lainnya, ia memang memiliki fitur yang paling sedikit. Tidak heran, mengingat ia memiliki harga yang paling terjangkau. 

Untuk penggunaan sehari-hari, performa Coolpad Fancy 3 sudah cukup memuaskan dan durasi baterainya bertahan cukup lama. Fitur kameranya tidak terlalu banyak tapi salah satu poin lebih untuk Fancy 3 adalah karena kedua kameranya dapat merekam video dengan resolusi 720p.
 
  Coolpad Fancy 3
Prosesor MediaTek MT6735CP 1,0GHz quad-core
RAM 2GB
OS Android 6.0 Marshmallow + CoolUI 8.0
GPU Mali-450
Memori Internal 16GB + MicroSD 64GB
Kamera 13MP (belakang), 8MP (depan)
Baterai 2.500 mAh
Layar 5,0 inci (1080 x 720 pixel)
Harga Rp2.499.000

Coolpad Fancy 3

 

7,4

  • Harga terjangkau
  • Keduanya kameranya bisa merekam video 720p 
  • Fitur kameranya tidak terlalu banyak
  • Antarmuka agak berat



(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /