Review Casing

Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 14 Feb 2017 13:13 WIB
review peripheral
Sharkoon M25-W, Keren Berkat Paduan Hitam-Putih
Casing Sharkoon M25-W

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar casing mungkin tidak sebesar kategori hardware lainnya, tetapi tidak menyurutkan para produsen untuk terus menciptakan casing dengan model yang smeakin menarik. Produk casing berikutnya yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com adalah Sharkoon M25-W.

Seperti yang Anda ketahui, Sharkoon adalah salah satu produsen casing yang ikut meramaikan pasar Indonesia, yang menawarkan keunikan dari segi desain dan harga yang cukup bersaing. Apakah casing ini layak menjadi rumah PC Anda? Berikut ulasan Metrotvnews.com.

Mewah adalah kesan pertama saya ketika melihat Sharkoon M25-W. Bukan dari segi desain keseluruhan, balutan warna putih memang menjadi pembeda utama, mengingat selama ini casing pada umumnya menggunakan warna hitam. Alasan utamanya adalah karena warna casing biasanya tidak terlalu dipikirkan konsumen, karena pada akhirnya ia akan diletakkan di bawah meja yang tidak terlalu terlihat.

Warna putih ini memberikan kesan percaya diri pada pemiliknya, ditambah dengan panel samping kiri yang menggunakan kaca akrilik. Dua elemen ini bisa membuat pemiliknya berani meletakkan Sharkoon M25-W di sisi ruangan yang mudah terlihat.



Melihat sisi depannya, Sharkoon M25-W mempunyai desain yang kukuh. penggunaan warna hitam di rongga udara panel depan menjamin sirkulasi udara yang cukup. Antarmuka panel depan ini memang tidak banyak, yang hanya terdiri dari 2 port UBS 3.0, port audio dan mikrofon, dan tombol power. Tombol reset diganti dengan tombol khusus yang hanya bisa ditekan dengan benda kecil seperti jarum. Menurut saya, ini salah satu kekurangan Sharkoon M25-W.

Terkait bentuknya, Sharkoon M25-W masih menganut "konsep lama". Maksud konsep ini adalah ketersediaan 2 drive bay 5,25 inci untuk pemasangan optical drive. Memang pada kenyataannya, Anda bisa mengakali ruang ini untuk memasang perangkat lain seperti SSD. Meskipun dua drive bay ini tidak bisa dilepas, sisa ruangan yang tersedia masih cukup besar jika Anda ingin melakukan modifikasi khusus terhadap hardware yang dipasang. Sharkoon M25-W memiliki ukuran 45.0 x 21.0 x 46.5cm, memungkinkan penggunaan motherboard dengan form-factor ATX. dan kartu grafis kelas high-end



Selain dukungan ukuran motherboard, aspek lain yang pastinyya diperhatikan adalah ketersediaan tempat memasang HDD dan SSD. Sharkoon M25-W menawarkan cable management yang cukup baik, yang terlihat dari pemisahan ruang pemasangan HDD atau SSD 2,5 inci dan PSU dalam satu wadah yang tidak terlihat dari sisi kiri casing.

Untuk memasang kedua perangkat ini, Anda harus membuka panel kanan. Pemasangan akan terasa sempit, pemasangan SSD dan PSU cukup mudah karena bisa tidak menggunakan peralatan tambahan seperti obeng, dan Anda bisa mengatur alur kabel yang terhubung dengan hardware lain akan PC terlihat keren ketika dipandang dari sisi kiri. 

Sharkoon M25-W menyediakan ruang yang cukup untuk pemasangan sistem pendingin cair, dengan kipas maksimal berukuran 120mm sebanyak dua unit, dan masih ada tempat tambahan untuk kipas dengan diameter yang sama di sisi atas. Informasi tambahan, sisi atas casing tidak tertutup sepenuhnya, melainkan memakai penutup magnet yang bisa menahan debu. Oleh karena, Anda mungkin harus sering membersihkan casing ini. Anda bisa juga memanfaatkan satu lubang kipas tambahan di bagian belakang.



Banderol harga sekitar Rp800 ribu membuat Sharkoon M25-W sebagai sebuah casing menarik dengan harga yang cukup bersaing. Material yang bagus dan sirkulasi udara yang cukup, serta fitur cable management yang baik adalah kelebihan yang patut diperhitungkan.

Di sisi lain, warna putih yang keren membuat Anda harus lebih rajin untuk sering membersihkannya. Selain itu, ketidaan tombol reset mungkin menjadi hal yang tidak biasa untuk sebagian konsumen.


(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /