Review Peripheral

Menjajal Perangkat MiFi Huawei E5577

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 15 Mar 2017 16:04 WIB
review peripheral
Menjajal Perangkat MiFi Huawei E5577
Huawei E5577 MiFi

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini jaringan 4G LTE telah banyak hadir di seluruh wilayah di Indonesia. Berbagai operator seluler, termasuk Telkomsel terus memperluas jaringan 4G LTE hingga ke berbagai kota dan pelosok Indonesia.

Jaringan 4G LTE memang jauh lebih kencang ketimbang 3G, namun untuk menikmatinya diperlukan perangkat yang sudah mendukung jaringan tersebut. Lalu bagaimana jika perangkat Anda masih belum mendukung jaringan 4G?

Huawei bekerjasama dengan Telkomsel baru-baru ini menawarkan sebuah solusi, yaitu perangkat Mobile WiFi atau MiFi yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Perangkat bernama Huawei E5577 ini hadir bersama paket bundling Telkomsel yang menawarkan kuota perdana sebesar 14GB. Penawarannya memang cukup menarik, namun yang dipertanyakan adalah bagaimana performa perangkat MiFi dari Huawei tersebut.



Selama menguji Huawei E5577 dalam kurang lebih satu minggu, kami bisa menyimpulkan perangkat MiFi tersebut dapat beroperasi sangat baik. E5577 hadir dengan bodi yang mungil dan cukup ramping untuk dimasukkan ke dalam saku sehingga sangat mudah dibawa bepergian. Perangkat MiFi ini juga mudah diaktifkan dan bisa langsung digunakan ketika Anda membelinya.

Huawei E5577 juga dapat mengakomodasi konektivitas hingga 10 perangkat, artinya perangkat ini juga bisa digunakan bersama dengan keluarga atau teman Anda. Jangkauan sinyalnya cukup jauh dan penetrasi sinyalnya juga cukup kuat. Tentu saja jangkauan sinyalnya tidak akan sehebat router WiFi rumahan.



Perangkat MiFi ini juga menggunakan sinyal yang ramah, yaitu 2,4GHz mengingat sinyal tersebut adalah yang paling banyak digunakan di ponsel dan perangkat lama lainnya. Menariknya adalah E5577 juga bisa digunakan sebagai WiFi extender. Ia bisa memperluas dan memperkuat jaringan WiFi yang telah ada, membuatnya tampil sebagai perangkat yang lebih fleksibel dan multifungsi.

Kami juga cukup terkejut dengan fitur lain yang ditawarkan oleh Huawei E5577. Perangkat MiFi ini ternyata mendukung cukup banyak fitur mulai dari DHCP, hingga MAC filtering. Sementara fitur keamanannya mulai dari Firewall, IP Filtering, UPnP, hingga NAT. Pengaturan tersebut tergolong sangat lengkap untuk sebuah perangkat MiFi. Namun, jika Anda bingung, cukup gunakan perangkat ini dan jangan bagikan password-nya ke orang lain agar kuota Anda tetap aman.



Kelemahan yang kami temukan di perangkat ini justru terdapat di waktu pengoperasiannya yang hanya bisa bertahan selama kurang lebih lima jam. Artinya jika Anda ingin membawa perangkat ini untuk bepergian jauh, Anda harus membawa power bank untuk mengisi ulang dayanya. Perlu diingat Anda juga harus mempertimbangkan baterai ponsel dan perangkat lain yang terhubung ke MiFi ini.
 

Huawei E5577 MiFi

  • Ringkas dan mudah dibawa kemana-mana
  • Mendukung koneksi hingga 10 perangkat
  • Fitur tergolong sangat lengkap
  • Baterai kurang tahan lama



(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.