Review Laptop

MSI GE62VR 6RF, Fokus ke Gaming Kelas Berat

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 22 Mar 2017 08:16 WIB
review laptop
MSI GE62VR 6RF, Fokus ke Gaming Kelas Berat
MSI GE62VR 6RF

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang sering bepergian namun masih tetap ingin bermain game AAA, membeli laptop gaming tentu merupakan pilihan yang tepat. Untungnya, laptop gaming saat ini sudah memiliki performa yang jauh lebih mumpuni untuk bermain game bahkan dari generasi sebelumnya.

Masih ingat dengan laptop gaming MSI GS40 yang telah kamiulas tahun lalu? Pada saat itu, GS40 yang ditenagai prosesor Intel Skylake dan chip grafis NVIDIA GeForce 970M memang mampu bekerja sangat baik dan bisa memainkan game dengan performa yang cukup kencang di detail grafis tinggi.



Namun, performa tersebut sudah bukan apa-apa lagi jika dibandingkan dengan lini laptop gaming MSI yang baru dirilis. Laptop MSI GE62VR 6RF adalah contohnya. Laptop ini hadir dengan komponen yang satu generasi lebih baru dari GS40, bahkan memiliki chip grafis yang kastanya satu tingkat di bawah. Menariknya, laptop ini justru memiliki performa gaming lebih baik, hampir dua kali lipatnya.

Ya, hasil pengujian kami memang menunjukkan MSI GE62VR 6RF memang memiliki performa yang tergolong sangat kencang, bahkan menyaingi PC desktop kelas menengah.

Hal tersebut dikarenakan laptop ini ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1060. Keduanya merupakan komponen baru yang terbukti memberikan peningkatan performa signifikan pada laptop ini.



Pada pengujian menggunakan 3DMark, laptop ini berhasil meraih performa sebesar 9499 poin, 3000 poin lebih tinggi dibandingkan dengan MSI GS40. Tentunya peningkatan performa tersebut terbilang cukup besar dan menjadikan laptop ini semakin menarik untuk dimiliki.

Hal yang sama juga terlihat dari pengujian game. MSI GE62VR 6RF mampu memainkan Ghost Recon: Wildlands di pengaturan grafis high pada resolusi 1080p dan berhasil berjalan rata-rata di 55 fps. Sementara game yang telah dirilis cukup lama seperti GTA V dapat berjalan di 68 fps.



Meski demikian, pengujian menggunakan PCMark menunjukkan peningkatan performa komputasi standar laptop ini tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. MSI GE62VR 6RF hanya mampu menghadilkan skor 3317 poin, atau memiliki peningkatan 100 poin dari sebelumnya.

Sementara pada baterai, laptop ini justru lebih boros. Ketika digunakan dengan performa penuh tanpa koneksi WiFi, MSI GE62VR 6RF hanya mampu bertahan 1,5 jam. Tentu saja hal tersebut cukup wajar mengingat chip grafis yang digunakan adalah versi desktop.



Beralih ke sisi desain, MSI GE62VR 6RF bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Ia masih memiliki ukuran yang cukup tebal, namun kini telah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti port USB 3.1 Type-C.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh laptop ini adalah keyboard yang sangat nyaman dan bisa diprogram sesuka hati karena kompatibel dengan SteelSeries Engine. Selain itu, laptop ini juga memiliki dua penyimpanan berupa SSD dan HDD, sehingga ia bisa berjalan kencang dan menyimpan data dalam ukuran besar.



Minusnya, laptop gaming ini seperti dirancang hanya untuk bermain game. Selain memiliki ketahanan baterai yang rendah, ia juga memiliki trackpad yang kurang nyaman digunakan. Layout keyboard juga sangat dirancang untuk bermain game karena tombol Windows dipindahkan ke sisi kanan tombol spasi.


Kesimpulan

Untuk sebuah laptop gaming, MSI GE62VR 6RF memang tergolong sangat memuaskan. Laptop ini bisa memainkan semua game berat yang ada saat ini dan memiliki segudang fasilitas untuk mendukung kegiatan gaming. Di sisi lain, laptop ini kurang mampu menampilkan performa produktivitas dengan baik karena desainnya yang memang sangat fokus ke gaming.
 
  MSI GE62VR 6RF
Ukuran Layar  15,6 inci IPS Full HD (1920 x 1080 pixel)
Prosesor Intel "Skylake" Core-i7 6700 HQ @2.6 GHz (3.5 GHz Turbo Boost)
GPU NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB
RAM 16GB (ekspansi hingga 32GB)
Penyimpanan  M.2 NVMe PCIe SSD 256GB
SATA HDD 2.5" 1TB
Dimensi 383 x 260 x 27~29 mm
Bobot 2,4 Kg (tanpa charger)
Baterai 4-cell Li-Polymer
Harga Kisaran Rp26.000.000
 

MSI GE62VR 6RF

 

8,4

  • Performa kencang
  • Keyboard nyaman
  • Penyimpanan kombinasi SSD dan HDD
  • Trackpad kurang nyaman
  • Layout keyboard terlalu fokus ke gaming



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.