Review Headset

Corsair Void Pro Surround, Rasa Lama Performa Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 22 Aug 2017 23:32 WIB
review peripheralcorsair
Corsair Void Pro Surround, Rasa Lama Performa Baru
Corsair Void Pro Surround

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika produsen peripheral PC sekelas Corsair menghadirkan versi baru dari perangkat yang sudah ada, pasti mereka memiliki alasan yang sangat kuat, dan kali ini Corsair melakukan hal tersebut kepada headset gaming Void. Sambut Corsair Void Pro Surround, headset gaming baru yang masih merupakan keluarga Corsair Void namun diklaim memiliki performa yang lebih baik. Benarkah demikian?

Corsair Void Pro Surround masih menggunakan desain bodi headset Void lama. Bentuknya sangat mirip dengan Void Wireless yang pernah kami ulas beberapa waktu yang lalu. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa headset ini masih memiliki tingkat kenyamanan yang sama dengan Void Wireless. Lalu apa saja yang membedakan headset ini dengan pendahulunya tersebut?



Pertama, Void Pro Surround bukan merupakan headset wireless, sehingga ia masih memiliki kabel. Headset ini juga dilengkapi dengan USB sound card khusus agar bisa menempilkan suara yang lebih baik lagi. Sayangnya, headset ini menggunakan satu buah jack 3.5mm untuk input dan output suara. Ini membuat mikrofonnya tidak bisa berfungsi jika PC Anda juga tidak memiliki port 3.5mm yang menggabungkan input dan output secara bersamaan.

Meski demikian, masih ada sisi postitf dari headset ini. Void Pro Surround cocok untuk digunakan bersama perangkat mobile yang rata-rata memang memiliki port audio 3.5mm yang menggabungkan input dan ouput suara. Sayangnya lagi, headset ini tergolong bukan sebagai headset portabel dan sangat tidak cocok untuk diajak bepergian. Setidaknya, Anda bsia menikmati sesi bermain game mobile dengan lebih nyaman menggunakan headset ini.



Perbedaan lain pada Void Pro Surround adalah headset ini tidak memiliki dekorasi tambahan seperti RGB LED. Meski demikian, Void Pro Surround masih tampil dengan beragam jenis warna yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Untuk kualitas suara, Void Pro Surround memang tergolong memiliki suara yang sangat bagus. Jika dihubungkan melalui Corsair Utility Engine, Anda bisa mengatur bagaimana suara yang dihasilkan sesuai dengan keinginan melalui sebuah equalizer digital. Corsair bahkan telah menyediakan preset khusus untuk berbagai skenario, mulai dari bermain game hingga menonton film.



Menariknya, Corsair menyediakan pilihan agar Anda bisa mengganti mode surround sound dengan stereo. Fitur ini sangat berguna apalagi jika Anda suka mendengarkan musik. Suara musik akan terdengar lebih baik jika menggunakan mode stereo ketimbang surround.

Kualitas suara surround pada headset ini juga tergolong bagus meski tidak istimewa. Suara akan bisa ditampilkan secara maksimal jika game yang dimainkan juga mendukung fitur surround sound. Game AAA biasanya sudah mendukung fitur surround sound sehingga Void Pro Surround cocok untuk menemani Anda memainkan game tersebut.



Keunggulan lain pada headset ini adalah kualitas mikrofonnya. Saat mengujinya untuk berkomunikasi baik di dalam game maupun melalui aplikasi pihak ketiga seperti Discord, mikrofon pada Void Pro Surround bisa menampilkan suara yang sangat jernih sehingga mempermudah kerja sama dengan rekan di dalam game.

Kesimpulan

Corsair Void Pro Surround memang bukan headset yang sempurna, namun setidaknya ia bisa menghadirkan tingkat kenyamanan penggunaan serta memiliki kualitas suara yang baik. Kekurangannya juga bisa kami maklumi, sebab ia dibanderol seharga USD80 atau kisaran Rp1juta. Harga tersebut tergolong terjangkau mengingat kualitas bahan dari headset ini juga sangat kukuh dan bagus.
 

Corsair Void Pro Surround

 

8,5

  • Kualitas suara dan mikrofon sangat bagus
  • Kokoh
  • Nyaman
  • Menggunakan satu jack 3.5mm



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /