Review Monitor

ViewSonic VG2448, Ergonomis untuk Kantor

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 25 May 2018 14:36 WIB
viewsonicreview monitor
ViewSonic VG2448, Ergonomis untuk Kantor
Monitor ViewSonic VG2448.

Jakarta: Saat menggunakan komputer, monitor menjadi salah stau komponen penting karena akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam menggunakan, apalagi mereka yang harus berlama-lama bekerja di depan PC.

Di pasar perangkat monitor ada satu merek yang sudah cukup lama dikenal yakni ViewSonic, beberapa waktu lalu vendor asal Amerika Serikat ini menghadirkan monitor terbarunya, ViewSonic VG2448 yang memiliki ukuran 24 inci.

Medcom.id menilai monitor sejak dalam packaging sudha memiliki nilai plus, sebab bobotnya sangat ringan dan bisa dijinjing dengan satu tangan. Tidak sampai disitu, ViewSonic VG2448 harus kami akui merupakan monitor yang sangat ringkas. Proses pemasangannya tidak sulit dan tidak membutuhkan alat tanpa banyak baut.

Untuk memasang mounting atau tiang penyangganya ke alasnya, sudah tersedia baut pengunci yang dilengkapi cincin untuk memudahkan jemari Anda memutarnya. Tidak perlu cemas baut tersebut jatuh dna hilang sebab baut ini melekat dengan base mounting.



Ada alasan Medcom.id menyebut monitor ini sangat ergonomis untuk PC kantor. Bagi Anda yang bekerja di kantor pasti kerap menggeser monitor untuk memperlihatkan hasil kerja di monitor. ViewSonic VG2448 memiliki kemampuan untuk meninggikan dan merendakan posisi layar dengan rentang jarak 130mm.

Monitor ini bisa buat melakukan tilt ke arah atas hingga 40 derajat dan menunduk ke bawah hingga sudut 5 derajat. Base mounting monitor ini mendukung layarnya untuk berputar ke arah kanan atau kiri hingga sudut maksimal 60 derajat. Apabila Anda ingin mengunakannyadalam posisi vertikal maka monitor ini juga bisa melakukan pivot hngga 90 derajat.

Monitornya sendiri hanya memiliki ketebalan 2 inci dan saat digunakan lengkap dengan base mounting dimensi keseluruhannya hanya 8 inci sehingga tidak terlalu memakan ruang di meja kerja. Monitor ini juga memiliki bezel yang cukup tipis, memiliki dimensi 21,7 x 12,8 inci ViewSonic VG2448 mampu menyajikan layar berukuran 24 inci.

Desainnya boleh dibilang biasa saja, dari sisi kenyamanan saat digunakan ViewSonic VG2448 tergolong sangat nyaman dengan menggunakan panel IPS backlit LED yang menghasilkan gambar resolusi Full HD (1920x1080p) refresh rate 60Hz dan sudut pandang lega yakni 178 derajat horizontal dan vertikal.

Untuk kualitas gambarnya cukup cerah dan tajam untuk monitor PC kantoran yang sudah dilengkapi panel anti glare sehingga tetap saat terkena pantulan cahaya. Ukurannya memang tidak besar, tapi sudah pas dan benar-benar menghadirkan rasa monitor yang lega/

Untuk tombol pengaturannya teretak di bagian depan sudut kanan bawahnya meurut kami sudah pas, tidak menggangu desainnya tapi justru memudahkan karena saya tidak perlu meraba-raba tombolnya. Berdasarkan pengalaman kami, di dalam tersedia cukup banyak kustomisasi termasuk mode tampilan warna monitor sesuai jenis penggunaannya.



Beralih ke bagian belakangnya port I/O atau antarmuka monitor ini sangat lengkap sebab ada tiga port yang didukung monitor ini yakni DisplayPort, HDMI, dan D-Sub, artinya PC yang masih memiliki desain lawas masih bisa menggunakan monitor ini.

Selain itu masih ada dua port USB 3.0 Type A di sisi kananya da dua di di bagian belakang, dan satu port USB3.0 Type B. Kami menemukan bahwa di bagian belakangnya terdapat satu grill internal speaker di sisi kanan dan kiri bagian belakangnya.

Kesimpulan
ViewSonic VG2448 merupakan monitor untuk PC kantoran yang terbukti ergonomis, dengan beragam kemampuan putar dan sudut ayunnya maka monitor ini sangat nyaman dan sesuai dengan aktivitas pekerja kantoran.

Harus diakui bahwa desainnya sebetulnya tidak terlihat mewah, tapi dari sisi kualitas gambar yang disajikan tentu sudah cukup memuaskan pengguna pekerja kantoran. Ukuran layarnya juga sangat terasa lega, proses pemasangan yang mudah membuat pihak kantor tidak harus memanggil tim IT atau menghabiskan waktu apabila memasangnya dalam jumlah banyak.

Dibanderol dengan sekitar harga Rp3juta, ViewSonic VG2448 tergolong masih terjangkau untuk kualitas gambar serta kelengkapan fiturnya serta desain ringkas dan ringan yang ditawarkannya.
 
 
 
ViewSonic VG2448
Plus
  • Proses pemasangan mudah
  • Kualitas gambar cukup bagus di kelasnya
  • Tersedia kustomisasi lengkap
  • Konektivitas lengkap dan banyak
Minus
  • Tampilan desainnya biasa saja

 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.