Review Laptop

ASUSPRO B9440UA, Ultrabook Idaman Profesional

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 10 Feb 2018 21:58 WIB
asusreview laptop
ASUSPRO B9440UA, Ultrabook Idaman Profesional
ASUSPRO B9440UA.

Jakarta: Kalangan profesional atau pebisnis biasanya mengidamkan laptop yang performanya tidak akan pernah lelet serta hadir perpaduan desain yang tipis dan bobot ringan. ASUS juga menyadari segmen tersebut, salah staunya dengan menghadirkan lini ASUSPRO B9440UA.

Medcom.id berkesempatan menjajal ASUSPRO B9440UA yang banderol harganya mulai dari Rp25 juta. Anda mungkin penasaran sebaik apa laptop ASUSPRO B9440UA yang banderolnya cukup mahal ini.

 

Desain

Dari sisi desain, ASUSPRO B9440UA memang jelas digolongkan ke dalam ultrabook. Laptop ini memiliki desain persegi yang benar-benar sederhana ketimbang laptop umumnya, tapi masih menghadirkan kesan elegan.

Hal yang terpenting dari desain laptop ini adalah bobot dan ketebalannya yang super ringan dan tipis. ASUSPRO B9440UA memiliki bobot hanya 1,05 kg dan ketebalan hanya 1,5 cm. Saat digenggam dnegan satu tangan bobot laptop ini masih terasa ringan.



Perlu diketahui laptop ini saat dirilis beberapa bulan lalu, berhasil meraih predikat laptop teringan di dunia.

Memang, ketebalan yang sangat tips tersebut membuat saya sempat khawatir dengan daya tahannya. Apalagi saya juga selalu membawa tas yang isinya penuh dan harus berdesak-desakkan di kereta commuter.

Sejauh ini saya menemukan laptop ini cukup kuat, mengingat material magnesium alloy yang digunakan tidak hanya membuat bobotnya ringan tapi juga kuat karena ASUS menyebut ASUSPRO B9440UA sudah mengantongi sertifikasi US MIL-STD 810G yang material sudah diuji.



Melihat bagian dalamnya, saya menemukan keyboard dengan ukuran yang masih sangat lega dengan area trackpad serta palm rest yang masih luas. Ukuran keyboard yang diusung standar tanpa numpad di sisi kanan.

Sebagai tambahan, keyboard ini punya fitur backlit dan spill resistant yang mendukung penggunanya saat di kondisi ruangan yang minim cahaya atau saat menggunakannya di kafe sambil menyantap cemilan.



 

Layar

Layar ASUSPRO B9440UA juga menjadi daya tarik, dibalik desain bodi laptop yang mengusung layar berukuran 13 inci justru layar yang melakat berukuran 14 inci. Desain ini didapat dengan membuat bezel di kanan, kiri, dan atas layar menjadi sangat tipis.

Sayangnya, hal ini menyebabkan fitur webcam yang biasa menempel di bagian atas layar justru hilang. Hal ini cukup menggangu mengingat kalangan profesional yang disasar kerap memanfaatkan webcam sebagai alat komunikasi dalam bekerja, misalnya video conference untuk rapat.



Padahal di bagian bawah layar masih tersisa cukup ruang apabila ingin dipasang webcam, saya pernah menemukan laptop dengan webcam persis di bawah layar dan tidak ada masalah denga sudut pandang yang dihasilkan.

Layar ASUSPRO B9440UA mengusung resolusi Full HD dengan engsel yang bisa diputar hingga sudut 180 derajat. Desain ini memungkinkan penggunanya bisa mengetik dengan beragam posisi baik di atas meja maupun di pangkuan mereka.



Dalam beberapa posisi, kadang layar laptop memantulkan cahaya dari sekitar penggunanya alias glare. Beruntung ASUSPRO B9440UA cukup cerdik dengan membenamkan layar anti-glare dalam fiturnya.

 

Fitur dan Konektivitas

Selain beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, ASUSPRO sebagai lini laptop untuk profesioanal dari ASUS masih membawa fitur keamanan yang lengkap sebagai nilai jualnya.

Pertama Anda akan menjumpai pemindai sidik jari di bagian pojok kanan atas keyboard, lalu fitur kunci BIOS dan HDD laptop dengan menggunakan kata sandi. Fitur semacam ini adalah fitur wajib yang selalu hadir di laptop profesional atau yang ditujukan untuk kalangan enterprise.



Fitur audionya ASUSPRO B9440UA masih dibekali dengan dukungan audio berkualitas dari Harman Kardon yang menurut saya suaranya masih nyaring tapi tidak pecah meskipun memutar musik dengan volume maksimal.

Saya pernah menggunakannya untuk kebutuhan conference call dan audio yang dihasilkan speakernya cukup baik. Untuk konektivitas ASUSPRO B9440UA didukung fitur Wi-Fi dan Bluetooth 4.1.

Sayangnya menngingat desain ASUSPRO B9440UA maka tidak banyak port yang tersedia, termasuk optical disk drive yang memang tidak pernah ada di laptop ultrabook. Anda hanya bisa menemukan dua port USB Type-C di sisi kanan dan kiri layarnya serta lubang audio jack 3,5mm.
Namun, ASUSPRO B9440UA hadir dengan sebuah port connector yang menyediakan beberapa lubang USB port biasa.



 

Performa

ASUS menjanjikan bahwa laptop ini hanya membutuhkan booting beberapa detik saja saat diaktifkan sebelum digunakan dan klaim tersebut ternyata dibuktikan ASUSPRO B9440UA. Laptop ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan hanya dalam hitungan detik.

Alhasil, saat menunggu pesawat di bandara saya bisa dengan cepat mengaktifkan ASUSPRO B9440UA untuk menggunakannya dan segera menonaktifkannya saat panggilan boarding pesawat terdengar.

Dapur pacu ASUSPRO B9440UA terdiri dari Intel Core i7-7500U 2,70Ghz dan kartu grafis Intel HD Graphics 620. Melihat kartu grafis yang digunakan memang tampak kurang tangguh untuk kebutuhan profesional seperti desain visual.

Kalaupun Anda masih tetap ingin memainkan game dengan laptop ini maka dipastikan laptop ini kurang cocok untuk memainkan game kategori AAA saat ini yang sangat membutuhkan performa kartu grafis terpisah.



CPU dan GPU tersebut didukung dengan RAM 8GB LPDDR3 jenis SDRAM Onboard Memory dan memori penyimpanan 512GB jenis PCIE Gen3 SSD. Selama menggunakannya saya membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dan ASUSPRO B9440UA rupanya masih mampu berjalan lancar tanpa lag.

Saya juga tidak merasakan suhu laptop yang panas saat digunakan dalam jangka waktu yang lama di atas pangkuan paha. Lubang kipas yang arahnya menghadap ke atas persis di bagian bawah layar membuat tidak sedikit pun angin panas dari perangkat laptop mengenai paha.

Untuk daya tahan baterai, ASUS mengklaim ASUSPRO B9440UA mampu bertahan hingga 10 jam namun sayangnya hal tersebut tidak diperoleh.

Dalam pengujian menggunakan software PCMark dengan kondisi fitur hemat daya yang dinonaktifkan serta tingkat kecerahan layar maksimal ASUSPRO B9440UA hanya mampu bertahan hingga 3 jam 15 menit.

Hasil tersebut memang daya tahan baterai yang umumnya dijumpai pada laptop ultrabook yang pernah kami uji. Setidaknya daya tahan tersebut masih didukung dengan fitur quick charging yang dimilikinya.


Kesimpulan
ASUSPRO B9440UA patut untuk dimiliki bagi Anda yang selama ini mendambakan laptop ringan dan tipis sehingga Anda bisa membawanya setiap hari tanpa takut punggung dan pundak Anda sakit karena menggendongnya sepanjang hari.

Dengan harga jual yang cukup mahal, ultrabook ini dibekali dengan performa anti lelet. Ada fitur yang hilang meskipun fungsinya tidak terlalu vital, webcam yang sebetulnya kerap digunakan oleh kalangan profesional.

Saya sempat berpikir bahwa laptop ini memiliki daya tahan baterai yang benar-benar tahan lama setidaknya mendekati 5 jam, namun ASUSPRO B9440UA tidak berkata demikian. Namun, bagi saya tidak menjadi masalah karena beruntuh ASUSPRO B9440UA memiliki fitur pengisian daya yang cepat.
 
 
Ukuran Layar 14 inci Full HD
Prosesor Intel Core i7-7500U 2,70Ghz
GPU Intel HD Graphics 620
RAM 8GB LPDDR3 SDRAM Onboard Memory
Memori Penyimpanan 512GB PCIE Gen3 SSD
Bobot 1,05 kg
Harga Rp25 juta



 
 
8.8
ASUSPRO B9440UA
Plus
  • Desain tipis dan ringan
  • Layar lega
  • Performanya dijamin anti-lelet
  • Booting dan proses shutdown yang cepat
Minus
  • Hilangnya webcam
  • Daya tahan baterai tidak sesuai janji



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.