Carii.com

Membawa Komunitas ke Tingkat Selanjutnya

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 15 Aug 2016 11:03 WIB
tech and life
Membawa Komunitas ke Tingkat Selanjutnya
Michael Lim, Direktur Utama Carii.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Komunitas telah menjadi wadah komunikasi dan interaksi individu dengan minat yang sama sejak lama. Tidak hanya untuk berbagi informasi terkait minat, komunitas juga menjadi ruang untuk menambah relasi serta pergaulan.

Perkembangan teknologi yang mempengaruhi sejumlah aspek dalam kehidupan manusia, turut mendorong kemunculan platform wadah komunitas dalam bentuk digital. Salah satunya adalah Carii.com. Situs yang muncul dengan nama awal Cari Community ini, mengusung konsep sebagai jejaring sosial yang terfokus untuk mengubungkan komunitas.

Kehadirannya kala itu disebabkan oleh kesulitan menemukan sarana untuk dapat mempertemukan satu komunitas dengan komunitas lainnya, seperti yang juga dialami oleh Direktur Utama Carii.com, Michael Lim. Menurutnya, untuk mempertemukan komunitas satu sama lain membutuhkan usaha yang besar.



Selain itu, kesulitan menemukan wadah spesifik untuk menampung individual agar dapat tergabung ke komunitas tertentu yang sering dialami oleh komunitas non formal turut menjadi alasan kehadiran Carii.com. Tidak hanya di komunitas formal, kesulitan serupa juga ditemukan pada komunitas formal seperti perusahaan.

"Dan nomor satu masalah yang ada di komunitas itu, komunikasi. Nah, itu yang terus kita pecahkan sampai sekarang. Kalau misalnya untuk perusahaan, setiap perusahaan tentunya beda, tapi masalahnya cuma satu, itu di komunikasi."

Carii.com juga hadir dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, dalam satu wadah komunikasi yang lengkap, sehingga anggota komunitasnya tidak lagi perlu berpindah platform untuk berinteraksi satu sama lainnya. Nama Carii sendiri, jelas Michael, dipilih karena merupakan bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh masyarakat sehingga mudah untuk diingat.

Mengusung komunitas sebagai fokusnya, Carii mengaku berbeda dari KasKus yang juga terfokus sebagai wadah komunitas. Menurut Michael, keduanya berbeda secara fungsi. KasKus dinilai Michael lebih mengutamakan fungsi sebagai forum diskusi, sementara Carii memiliki tujuan untuk memunculkan komunitas dari individual yang ada dan menghubungkan komunitas-komunitas yang lain.



Disinggung soal forum jual beli yang dimiliki Kaskus, Michael menyebut platform miliknya tidak terfokus untuk menghadirkan fitur serupa. Namun, Carii.com juga tidak menghalangi komunitas yang melakukan aktivitas jual beli, meski untuk saat ini Michael menyebut belum terfokus untuk menjembatani kegiatan tersebut.

Memiliki kemampuan untuk mengunggah informasi layaknya media sosial, Michael mengaku tidak menanggap media sosial lain sebagai pesaing. Hal ini disebutnya karena Carii.com memiliki area berbeda dengan media sosial lainnya.

Michael menjelaskan, Facebook merupakan media sosial person-to-person, mengharuskan pengguna untuk terhubung secara individual. Sementara itu, Carii.com tidak mengharuskan anggota untuk terhubung secara pribadi, namun lebih mengutamakan ketergabungan mereka pada komunitas tertentu untuk dapat berinteraksi satu sama lain.

Terkait dengan monetisasi, Michaek menjelaskan Carii,com memiliki sejumlah metode. Untuk wilayah Indonesia, Michael menyebut, Carii.com lebih mengutamakan periklanan, sementara di wilayah lain, seperti Amerika Serikat, lebih mengandalkan layanan Pro.



Layanan Pro ditujukan khusus bagi perusahaan atau lembaga yang ingin menggunakan informasi dari Carii dengan database sendiri, dengan perubahan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Layanan ini juga akan dihadirkan untuk wilayah Indonesia.

Selain layanan Pro, Carii.com juga berencana untuk menghadirkan fitur Campaign, berupa fundraising atau penggalangan dana. Pria menyuka kegiatan sepeda gunung dan touring motor ini juga menyebut, fitur ini bertujuan untuk menghadirkan pilihan aplikasi penggalangan dana, sehingga lebih banyak komunitas atau pihak lain yang dapat terbantu, namun dengan cara lebih sederhana.

Melalui fitur ini, Carii.com juga berencana untuk melaksanakan penggalangan dana besar dan utama, dengan menggandeng komunitas dan organisasi pemerintahan terkait. Namun, hingga saat ini, Michael menyebut belum mendapatkan dukungan langsung dari pihak pemerintah. Hal ini dinilainya karena kegiatan yang dilaksanakan Carii.com belum bersinggungan langsung dengan pemerintah.

Menutup percakapan, Michael berharap Carii.com dapat menjadi wadah sesuai harapan Carii untuk komunitas dan dapat mewadahi berbagai komunitas baik formal dan non formal, serta menjadi jawaban atas kebutuhan komunitas.


(MMI)

Video /