Mengenal Jualo.com, E-commerce yang Punya Misi Sosial

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 22 Oct 2014 07:53 WIB
jualo
Mengenal Jualo.com, E-commerce yang Punya Misi Sosial

Metrotvnews.com: Mendengar nama e-commerce, ada kemungkinan Anda akan teringat dengan situs-situs jual beli terkemuka, sebut saja Olx, Berniaga, Rakuten, Lazada atau Bukalapak. Ada satu lagi situs jual beli yang mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengarnya, tetapi saat ini sedang terus berkembang. Itulah Jualo.

Jualo merupakan situs jual beli yang didirikan oleh Chaim Fetter, seorang Belanda yang telah menetap di Indonesia selama lebih dari 10 tahun. Pada dasarnya, jualo.com memiliki cara pemasaran yang sama dengan situs e-commerce ternama lainnya, yaitu menjadi perantara untuk menghubungkan langsung antara penjual dan pembeli. Hanya saja, Jualo menggunakan pendekatan yang berbeda.



Chaim Fetter mengatakan bahwa situs e-commerce pada umumnya mengutamakan penjual, atau dengan kata lain situs-situs ini menyediakan berbagai fitur pendukung yang sangat mendukung penjual dalam memasarkan produknya.

Jualo sendiri memiliki cara pendekatan dari sisi yang berlawanan. Pembeli menjadi target utamanya karena dari pembeli, penjual bisa mendapatkan uang dari barang yang dipasarkan.



“Kami memutuskan untuk melakukan hal yang berbeda. Kita tidak akan memfokuskan penjual, tetapi kepada pembeli. Kita harus mendengarkan apa yang diinginkan pembeli, kesulitan apa yang mereka temui saat menjadi pelaku e-commerce,” kata Chaim Fetter saat kami wawancarai. “Indonesia itu besar sekali. Berarti, distribusinya yang menjadi masalah nomor satu.”

Fitur geo search yang disediakan Jualo adalah salah satu fitur yang cukup eksklusif. Tanpa mendaftarkan diri pun, para pembeli bisa segera mencari sebuah produk dengan wilayah yang cukup spesifik, bahkan hingga ke tingkat kecamatan. Fitur ini juga bermanfaat bagi para e-commerce yang mengutamakan jual beli secara Cash On Delivery (COD) alias bayar di tempat.

“Pemasalahan kedua adalah keamanan. Saat ini, banyak sekali terjadi penipuan online. Banyak sekali penjual yang meminta pembeli untuk mentransfer uangnya terlebih dahulu, tetapi pada akhirnya mereka tidak mengirimkan barang yang diinginkan. Oleh karena itulah kami menaruh geo search.”



Selain itu, untuk mencegah penipuan, Jualo memberikan tanda 'verified' kepada penjual yang sudah terpercaya, dan tentu saja untuk mendapatkan tanda itu, pihak Jualo akan memeriksa secara mendalam terkait pelaku dan produk yang dipasarkannya.

Diluncurkan sejak Januari tahun ini, Jualo telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna, dengan pengguna aktif yang mencapai 70.000. Para pengguna ini juga bisa mempromosikan lapak mereka melalui media sosial, terutama Facebook. Chaim mengatakan bahwa di Indonesia terdapat 70 juta pengguna Facebook, dan ini bisa menjadi platform yang tepat dalam mempromosikan berbagai macam produk atau yang dicari pada Jualo.

Pendirian situs e-commerce Jualo.com tidak sepenuhnya untuk kepentingan bisnis atau memenuhi kebutuhan hidup sang kreator. Sebelum mendirikan Jualo, Chaim merupakan seorang dermawan yang telah mendirikan Yayasan Peduli Anak sejak tahun 2006.

Lebih dari sekedar panti sosial, yayasan ini memiliki tujuan memberikan kesejahteraan anak-anak yang kurang beruntung.



Kurang beruntung artinya memiliki masalah keluarga yang membuat mereka harus berpisah dari orangtua, atau putus sekolah karena tidak memiliki uang. Pendidikan yang layak kepada anak yang kurang beruntung menjadi fokus utama Yayasan Peduli Anak. Yayasan ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat, dan saat ini telah menampung lebih dari 100 anak.



Chaim mengatakan bahwa 5% keuntungan dari jualo.com akan digunakan untuk membiayai Yayasan Peduli Anak. “5% dari profit yang kami dapatkan didonasikan untuk Yayasan Peduli Anak. Ibarat seperti zakat yang nilainya 2,5%, ini kami berikan 5%. Itupun sebenarnya masih terlalu kecil,” kata Fetter sambil tertawa.


(ABE)

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan
Review Keyboard

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan

6 days Ago

Corsair K63 merupakan salah satu keyboard gaming paling menarik di tahun ini. 

BERITA LAINNYA
Video /