Tips & Trik

Diam-Diam Berselancar di Internet, Caranya?

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 29 Nov 2017 10:20 WIB
tips dan trik teknologi
Diam-Diam Berselancar di Internet, Caranya?
Berikut cara berselancar secara tersembunyi di internet.

Jakarta: Taukah Anda? Setiap kali menjelajahi internet, Anda turut menyiarkan informasi personal ke seluruh dunia. Informasi tersebut termasuk detik terkait perangkat, lokasi, bahkan identitas yang dapat dikaitkan dengan setiap paket informasi yang tertinggal di komputer.

Data tersebut dapat diambil dan dijual oleh ISP atau bahkan dihimpun oleh peretas. Mengerikan? Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan sejumlah langkah berikut untuk menjaga kerahasiaan informasi saat berselancar di internet.

1. VPN
Pertahanan pertama untuk menjaga kerahasiaan informasi selama berselancar adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menemukan layanan terpercaya, mendaftar untuk paket terjangkau dan jalankan software setiap kali berinternet.

2. Tor 
Cara lain untuk menjaga kerahasiaan informasi saat berinternet adalah dengan memanfaatkan jaringan Tor. Terdapat banyak software yang menggunakan jaringan Tor, namun yang paling umum adalah Tor Browser. Program ini berfungsi layaknya browser reguler, meski hanya mengirimkan data mentah melalui internet, mengenkripsi segala hal dan mengirimkan via jaringan Tor.

3. TailsOS
TailsOS dapat Anda manfaatkan untuk melindungi kerahasiaan data dari dunia, dengan menggunakaan sistem operasi live. TailsOS ringan dan mudah digunakan, serupa distro Linux modern, serta hadir dengan Tor Browser dan plug-in privasi.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mengunduhnya pada peramban terlebih dahulu. Jalankan installer dan ikuti instruksi, lalu mulai kembali komputer dan boot ke Tails OS. Masukan informasi detil koneksi Wi-Fi ke Tails OS, dan buka Tot dan jelajah secara pribadi.

4. Mode Private tidak menjaga kerahasiaan informasi
Sejumlah browser modern memiliki mode incognito atau mode private yang diklaim mampu menjaga kerahasiaan informasi. Sayangnya, hal ini hanya berlaku pada perangkat dan tidak pada internet secara keseluruhan.

Mode tersebut hanya dapat membuat perangkat tidak menyimpan aktivitas penjelajahan pada riwayat browser, sehingga Anda perlu memanfaatkan langkah lain untuk menjaga kerahasiaan informasi Anda.

Selamat mencoba!


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.