Tips & Trik

Ingat, RAM Ponsel Bukanlah Segalanya!

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 10 Jan 2017 18:17 WIB
gadgettips & trik
Ingat, RAM Ponsel Bukanlah Segalanya!
Modul RAM yang digunakan di ponsel

Metrotvnews.com, Jakarta: Random Access Memory atau RAM saat ini memang seperti menjadi faktor yang sangat penting ketika membeli ponsel. Para produsen ponsel juga sangat getol merilis ponsel dengan jumlah RAM besar.

Namun, apakah Anda mengetahui apa pengaruh RAM berkapasitas besar di sebuah ponsel?

RAM merupakan jenis memori yang terdapat di seluruh perangkat komputasi elektronik. RAM bertugas untuk menyimpan data pemrosesan yang sedang berlangsung. Ketika Anda membuka sebuah aplikasi, data aplikasi tersebut akan ditransfer ke RAM untuk kemudian diproses. Selama aplikasi digunakan maka datanya akan mengisi RAM, dan jika tidak digunakan maka ia tidak akan memenuhi RAM.

Apakah semakin besar RAM akan membuat ponsel semakin kencang?

Jawabannya tidak. RAM hanya berfungsi sebagai penampung data untuk aplikasi yang sedang diproses oleh prosesor atau sedang dijalankan oleh sistem. Kecepatan pemrosesan antara ponsel dengan RAM 2GB, 3GB, dan 4GB secara teori akan sama saja, tentu jika ketiganya menggunakan spesifikasi komponen lain yang serupa. Lalu apa untungnya memiliki RAM berkapasitas besar?



Bagi Anda yang gemar menjalankan aplikasi dengan jumlah yang sangat banyak atau menggunakan aplikasi yang membutuhkan memori besar, seperti game atau membuka tab di browser dengan jumlah yang banyak, RAM berkapasitas besar akan berguna bagi Anda. Hal tersebut dikarenakan ponsel Anda akan memiliki ruang penyimpanan yang besar bagi data yang akan diproses, sehingga aplikasi tidak akan "saling berdesakan di dalam RAM" dan membuat sistem berjalan lebih lancar.

Jika Anda hanya menggunakan ponsel secara kasual, tidak membuka banyak aplikasi, dan tidak suka bermain game, maka menggunakan ponsel dengan RAM berkapasitas besar tidak akan berdampak apapun pada performa. Jika performa adalah prioritas Anda, maka kami sarankan untuk memilih ponsel dengan prosesor kelas atas terlebih dulu sebelum mempertimbangkan besaran RAM.

Apakah Anda perlu mengganti ponsel yang memiliki RAM lebih besar?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah Anda benar-benar membutuhkan ponsel dengan RAM lebih besar. Salah satu cara yang paling ampuh adalah membuka submenu memori di dalam menu pengaturan di ponsel Anda.

Dari sana, Anda bisa melihat jumlah penggunaan RAM di ponsel saat ini. Jika penggunaan RAM sangat besar (sekitar 90 persen), maka kemungkinan besar Anda memang membutuhkan ponsel dengan RAM yang lebih besar.



Namun, bisa saja penggunaan memori yang besar tersebut adalah karena kecerobohan Anda ketika menggunakan sebuah aplikasi. Coba matikan beberapa aplikasi yang Anda anggap tidak perlu selalu berjalan dan lihat jumlah penggunaan RAM Anda saat ini. Jika penggunaannya masih belum menyentuh angka 90 persen, maka Anda tidak perlu mengganti ponsel.

Selain aplikasi, keberadaan virus dan malware juga bisa menjadi penyebab RAM di ponsel Anda menjadi penuh. Untuk itu, sebaiknya Anda memasang aplikasi antivirus yang banyak tersedia di marketplace aplikasi resmi (Google Play Store, Apple App Store, atau Windows Store).




(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.