Tips & Trik

YouTube Lebih Enak Ditonton Malam Hari, Begini Caranya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 27 May 2017 17:17 WIB
tips dan trik teknologi
YouTube Lebih Enak Ditonton Malam Hari, Begini Caranya
Tampilan Dark Theme dari YouTube.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada awal bulan Mei lalu, YouTube merombak desain situsnya. Salah satu hal yang mereka lakukan adalah menambahkan theme baru yaitu Dark Theme, yang membuat platform video tersebut menjadi lebih dramatis dan nyaman untuk digunakan saat malam hari.

Jika ingin  menggunakan Dark Theme, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa mengakses situs youtube.com/new. Setelah itu, klik ikon profil Anda yang ada di sebelah kanan atas. Pada menu drop-down, Anda akan menemukan opsi Dark Theme: Off.

Klik opsi Dark Theme tersebut, sehingga muncul kotak kecil yang memberikan sedikit penjelasan tentang Dark Theme. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengklik bagian aktivasi.



Cara kedua sedikit lebih rumit karena memanfaatkan developer tools dari Chrome. Namun, cara ini sebenarnya tetap cukup mudah untuk dilakukan. 

Pertama-tama, pastikan Anda sudah menggunakan Chrome versi terbaru, yaitu versi 57 atau lebih baru. Kedua, kunjungi YouTube dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka panel Developer Tools dengan menekan Ctrl+Shift+I pada Windows atau Command+Option+I pada Mac. 



Akan muncul panel pada sebelah kanan layar. Klik tab "Console" dan ketikkan kalimat ini: document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE". Setelah itu, tekan Enter. Tutup panel Developer Tools dan muat ulang situs YouTube. Kemudian, klik ikon profil di sebelah kanan atas dan Anda  akan melihat menu drop-down. Sama seperti sebelumnya, Anda cukup mengklik bagian Dark Mode dan mengaktifkannya.

Jika Anda menggunakan cara kedua, maka setiap Anda menutup Chrome dan membukanya kembali, Anda harus mengaktifkan kembali Dark Mode dari YouTube. Namun, jika Anda mengaksesnya menggunakan cara yang pertama, secara otomatis Dark Theme akan menjadi tampilan default situs YouTube. 


(MMI)

Video /