Ramadan 2018

Perlu Informasi Jadwal Berbuka dan Imsak di Ponsel?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 23 May 2018 10:24 WIB
tips dan trik teknologiRamadan 2018
Perlu Informasi Jadwal Berbuka dan Imsak di Ponsel?
Ilustrasi. (John Moore/Getty Images)

Jakarta: Bulan Ramadan telah tiba, dan ibadah puasa wajib dilaksanakan oleh pemeluk agama Islam.

Salah satu hal yang paling sering pemeluk agama Islam yang ingin ketahui selama bulan Ramadan adalah jam berbuka serta imsak setiap harinya. Kini informasi tersebut bisa dengan mudah didapatkan berkat internet yang dengan mudah diakses lewat smartphone.

Misalnya situs dan aplikasi yang menyajikan jadwal jam berbuka dan imsak selama bulan Ramadan. Berikut ini Medcom.id telah mengumpulkan situs dan aplikasi yang layak untuk tersimpan di smartphone sehingga mempermudah Anda yang kerap ingin memastikan jam berbuka dan imsak setiap harinya.

1. Situs Resmi Kementerian Agama
Kementrian Agama Republik Indonesia jelas menjadi acuan utama terkait ibadah selama bulan Ramadan di Indonesia terutama jadwal berbuka dan imsak. Kementerian Agama lewat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam telah menyediakan tautan halaman khusus yang berisi informasi lengkap mulai dari jadwal solat dan terutama jadwal berbuka dan imsak.



Di halaman website tersebut tersedia pilihan untuk mengetahui jadwal berbuka dan imsak setiap kawasan di Indonesia. Lebih menariknya lagi Anda juga bisa membuat widget jadwal berbuka dan imsak yang bisa dengan mudah dimasukan ke halaman website atau blog milik Anda.

2. Aplikasi Muslim Pro-Ramadan 2018
Apabila informasi dalam bentuk halaman website harus diakses lewat peramban internet dengan tampilan yang dirasa kurang nyaman, Anda juga bisa mengandalkan informasi dalam bentuk aplikasi.



Google Play Store juga sudah menyiapkan aplikasi pendamping bulan Ramadan yang terbaik untuk penggunanya. Salah satunya adalah aplikasi Muslim Pro-Ramadan 2018 buatan developer Muslim Pro Limited.

Aplikasi ini berisi informasi jadwal berbuka dan imsak berdasarkan lokasi Anda sehingga tetap menyajikan informasi akurat. Bahkan lebih lengkap lagi, aplikasi tersebut juga menyajikan jadwal salat dan adzan, bacaan Al Quran dan tasbih untuk berdzikir serta kompas untuk penunjuk Kiblat.

3. Al Quran Indonesia
Berbeda dengan aplikasi Mulsim Pro, aplikasi Al Quran Indonesia buatan developer Andi Upam merupakan aplikasi buatan lokal dan oleh Google Play Store terpilih sebagai salah satu aplikasi bulan Ramadan terbaik yang layak untuk penggunanya.



Aplikasi ini juga menyediakan jadwal berbuka dan imsak serta alarm Adzan tapi konten Al Quran di dalamnya juga menjadi konten unggulan. Konten Al Quran di dalamnya menyediakan terjemahan Bahasa Indonesia sesuai Kemenag RI dan Tafsir Al Jalalain Indonesia.

Sebagai pelengkap tersedia juga audio mp3 murottal penuh dari 114 surat atau 30 juz Al Quran. Pengguna yang tidak fasih membaca hurud Arab juga disediakan tulisan latin. Seluruh konten tersebut juga bisa diakses tanpa menggunakan koneksi internet.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.