Tips & Trik

3 Tips Facebook Minggu Ini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 02 Dec 2017 21:41 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
3 Tips Facebook Minggu Ini
Facebook memiliki banyak fitur. (Jaap Arriens / NurPhoto via Getty Images)

Jakarta: Dengan pengguna lebih dari 2 miliar orang, Facebook adalah media sosial yang sangat besar. Karena itu, tidak heran jika Facebook memiliki berbagai fitur. Sayangnya, tidak semua fitur tersebut adalah fitur yang sering digunakan setiap hari.

Inilah rangkuman fitur yang kami bahas satu minggu belakangan. 

1. Cara merahasiakan status hubungan
Bagi Anda yang peduli pada privasi, jangan khawatir, Anda bisa mengganti status hubungan Anda di Facebook secara diam-diam. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir Anda akan dicecar dengan banyak pertanyaan terkait perubahan dalam status hubungan Anda. 

Di sini, Anda juga bisa membatasi orang-orang yang bisa melihat perubahan status romantis. Anda bisa mengatur agar hanya teman Anda yang bisa melihat status hubungan Anda atau bahkan hanya diri Anda sendiri yang tahu. Tentu saja, Anda juga bisa menggunakan pengaturan "Public" yang membuat semua orang bisa melihat perubahan status Anda. 

2. Cara melaporkan komentar SARA
Pernah melihat komentar berbau SARA (Sukur, Ras, Agama dan Antargolongan) di Facebook? Anda bisa dengan mudah melaporkan orang yang membuat komentar SARA. Anda bahkan bisa memblokir orang tersebut agar konten yang dia buat tidak lagi muncul di beranda Anda. Fitur ini bisa membantu Anda untuk memerangi ujaran kebencian di media sosial. 

Satu hal yang harus diingat, meski setelah melaporkan komentar seseorang, bukan berarti komentar tersebut akan serta merta dihapuskan. Tim Facebook biasanya masih akan melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa komentar tersebut memang bermasalah, sesuai dengan laporan. 

3. Membuat pemungutan suara
Ketika Anda sedang bingung untuk memutuskan pilihan di antara 2 opsi, Anda bisa membuat polling untuk menanyakan teman-teman Anda di Facebook. Saat ini, fitur pemungutan suara ini hanya memungkinkan Anda untuk menentukan dua pilihan. Menariknya, Anda bisa menambahkan gambar atau bahkan animasi sebagai ilustrasi dari opsi yang Anda berikan. 

Anda bisa menentukan sendiri berapa lama polling akan berlangsung. Fitur ini bisa digunakan baik melalui desktop ataupun perangkat mobile. Hanya saja, jika Anda menggunakannya melalui perangkat mobile, Anda bisa lebih leluasa dalam menentukan lama polling berlangsung. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.