Tips & Trik

4 Tips Sehat Dengarkan Musik via Headphone

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 04 Nov 2017 15:06 WIB
tips dan trik teknologi
4 Tips Sehat Dengarkan Musik via Headphone
Menggunakan headphone dengan volume suara tinggi bisa merusak pendengaran

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda penikmat musik? Jika ya, kami yakin ketika Anda menggunakan headphone untuk mendengarkan musik, seringkali Anda tidak sadar volume headphone sudah melewati batas wajar dan bisa merusak sistem pendengaran Anda.

Hal tersebut memang wajar karena musik yang didengar membuat Anda terdistraksi bahwa volume suara sudah terlalu keras dan bahkan berbahaya untuk kesehatan. Namun seberapa kencang seharusnya volume headphone?

Secara teori jika Anda mendengar suara lebih dari 85 desibel secara terus menerus, maka sistem pendengaran Anda sangat berpotennsi akan terganggu. Namun, mengukur suara di headphone bisa lebih rumit karena jaraknya yang lebih dekat dengan telinga dan sebagian besar memiliki ruang tertutup.

Anda memang bsia mengukur tingkat suara berdasarkan desibel menggunakan alat khusus, namun tentunya hal tersebut sangat merepotkan.

Untungnya, ada cara agar Anda tetap bisa menikmati musik sekaligus memastikan kesehatan pendengaran tetap terjaga. Berikut adalah tipsnya dikutip dari Techquikie:

1. Manfaatkan equalizer

Equalizer bukan hanya tampil sebagai penghias tampilan aplikasi pemutar musik di smartphone atau komputer Anda. Equalizer memungkinkan Anda mengatur frekuensi setiap channel suara agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Misal, jika ingin suara bass lebih kencang, maka Anda hanya perlu meningkatkan frekuensi bass. Ini membuat Anda tidak perlu meninggikan volume suara sehingga telinga Anda akan terhindar dari bahaya kerusakan pendengaran permanen.



2. Gunakan file musik berkualitas tinggi

Salah satu penyebab Anda sering mengencangkan volume suara adalah karena Anda tidak bisa mendengar detail suara musik dengan baik. Ini bisa diatasi dengan menggunakan file musik berkualitas tinggi seperti FLAC atau WAV dengan bitrate yang lebih baik dari hanya sekadar MP3 128bit. Ketika suara musik sudah merdu di telainga, otomatis Anda tidak akan menaikkan volume suara dan terhindar dari risiko kerusakan sistem pendengaran.

3. Gunakan headphone yang tepat

Tidak semua headphone diciptakan dengan konfigurasi yang sama. Setiap headphone memiliki konfigurasi frekuensi sendiri sehingga memiliki karakteristik suara yang berbeda.

Simpelnya, jangan membeli headphone dengan karakteristik treble jika Anda ingin mendengarkan detail suara bass. Ujung-ujungnya Anda bakal meninggikan volume suara yang bisa merusak pendengaran.



4. Lebih baik gunakan headphone dengan noise cancelling

Beberapa headphone kini memiliki teknologi active noise cancelling yang memungkinkan suara dari luar diblokir untuk terdengar oleh telinga Anda.

Dengan demikian, Anda bisa mendengarkan detail musik dengan lebih baik di volume yang lebih rendah karena tidak ada gangguan suara dari luar. Headphone dengan fitur ini biasanya terdapat di jajaran produk premium.




(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.