Tips & Trik

Cara Atur Bluetooth di Windows 10

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 11 Oct 2017 20:32 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Atur Bluetooth di Windows 10
Berikut langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengatur Bluetooth pada perangkat Windows 10.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bluetooth bukan lagi menjadi teknologi asing bagi pengguna perangkat komputasi maupun mobile. Teknologi ini semakin banyak digunakan oleh perangkat, dari sekadar menghubungkan perangkat satu ke lainnya, hingga mengirimkan file.

Mungkin sebagian besar dari Anda hanya mengetahui bahwa teknologi ini hanya tersedia pada perangkat mobile, seperti ponsel ataupun tablet. Saat ini, teknologi ini juga tersedia di berbagai perangkat, termasuk speaker cerdas dan kendaraan.

Selain itu, Bluetooth juga tersedia pada perangkat bersistem operasi Windows, sehingga mengaktifkan teknologi ini akan memungkinkan Anda untuk menikmati manfaat lebih banyak dari perangkat.

Sebab sistem operasi Windows menawarkan fitur natif menarik yang mengandalkan Bluetooth. Namun, Windows menghadirkan cara pengaktifan Bluetooth berbeda antara versi sistem operasi terbarunya yaitu Windows 10, dan versi lamanya yaitu Windows 7. Berikut cara mengatur Bluetooth di Windows 10.

1. Aktifkan Bluetooth via Action Center
Setelah memastikan komputer dapat terdeteksi, Anda dapat mengakses Action Center yang diwakili ikon gelembung percakapan di sudut kanan taskbar, kemudian klik tombol Bluetooth. Jika tombol berwarna biru, artinya Bluetooth dalam keadaan aktif.



Anda juga dapat mengaktifkan Bluetooth melalui menu Settings pada perangkat, dengan mengakses Start > Settings > Bluetooth and other devices. Di atas panel di sisi kanan, geser tuas pada kolom Bluetooth ke posisi On.



2. Aktifkan Bluetooth pada Perangkat Pihak Ketiga
Jika Anda ingin menghubungkan perangkat dengan komputer Windows, Anda perlu memastikan Bluetooth pada kedua perangkat aktif. Kemudian, pada perangkat Android, Anda dapat mengakses Settings > Wireless and Networks > Bluetooth dan geser tuas ke posisi On.

Sedangkan pada perangkat iOS, Anda dapat mengaktifkan Bluetooth via Control Center atau aplikasi Settings. Untuk mengakses Control Center, Anda perlu mengusap layar dari bawah ke atas, kemudian tekan ikon Bluetooth untuk mengaktifkannya. Sementara itu pada Setting App, Anda perlu akses Settings > Bluetooth dan geser tuas ke posisi On.

3. Hubungkan Perangkat Bluetooth dengan Windows 10
Setelah mengaktifkan Bluetooth pada komputer Windows dan perangkat pihak ketiga, yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan keduanya. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu akses Start > Settings > Devices > Bluetooth and other devices.



Di panel sisi kanan jendela, mengklik Add Bluetooth or other devices akan menampilkan tiga opsi. Klik Buetooth, dan sistem akan mulai memindai perangkat yang tersedia di sekitar dan menampilkan daftar hasil pemindaiannya. Proses ini dapat berlangsung hingga satu menit.



Kemudian klik nama perangkat yang ingin dihubungkan, dan Anda akan diminta untuk memasukan kode PIN atau izin akses Bluetooth untuk mengakses perangkat eksternal. Setelah selesain, perangkat akan terdapat pada daftar Mouse, keyboard and Pen, atau Other devices di halaman pengaturan Bluetooth.

4. Menghapus perangkat
Jika merasa perangkat yang terhubung via Bluetooth terlalu banyak, Anda dapat menghapusnya dengan mengakses Start > Settings > Devices > Bluetooth and other devices. Gulir ke bawah untuk menemukan perangkat yang terhubung.

Untuk menghapus perangkat dari daftar, klik nama perangkat, kemudian klik tombol Remove Device, dan klik Yes pada jendela konfirmasi yang muncul.

5. Pengaturan lebih canggih
Umumnya komputer Windows dilengkapi sejumlah pengaturan lebih canggih yang dapat Anda manfaatkan. Akses Start > Settings > Devices > Bluetooth and other devices, lalu gulir ke bawah, dan klik More Bluetooth Options untuk memunculkan jendela baru.



Pilih tab Options yang berisi pilihan "Allow Bluetooth devices to find this PC", "Alert me when a new Bluetooth device wants to connect", dan "Show the Bluetooth icon in the notification area". Masing-masing opsi memungkinkan Anda mengatur koneksi Bluetooth antar perangkat, serta opsi Bluetooth tersebut.


(MMI)

Video /