Tips & Trik

Cara Simpan Unggahan di Facebook untuk Dilihat Nanti

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 30 Oct 2017 09:56 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Cara Simpan Unggahan di Facebook untuk Dilihat Nanti
Facebook kerap menjadi acuan informasi bagi sebagian besar orang yang menghabiskan waktunya di media sosial.

Metrotvnews.com, Jakarta: Segala sesuatu yang ada di sebuah media sosial terjadi sangat cepat. Jika tidak percaya, buka aplikasi Facebook Anda. Hafalkan unggahan atau konten yang ada di halaman timeline atau newsfeed Facebook, jika sudah maka lakukan refresh. Pasti sususan konten tersebut tergeser dengan konten atau unggahan yang baru lagi.

Apabila Anda tergolong orang yang mengandalkan informasi yang ada di Facebook, baik dari rekan Anda maupun akun media yang Anda ikuti, pasti tidak mau ketinggalan satupun informasi. Permasalahannya terkadang kita tidak bisa terlalu lama dan asyik memandangi smartphone. Jadi, ada informasi yang terlewat atau mungkin tidak sempat dibaca karena kondisinya kurang nyaman.

Facebook memahami penggunanya. Layanan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia itu sebetulnya memiliki fitur menyimpan sebuah unggahan atau konten yang ditemukan pada timeline atau newsfeed untuk dibaca nanti. 

Fitur ini bernama Saved. Anda juga bisa menyimpan unggahan atau konten yang ada pada sebuah akun, misalnya jika Anda mengikuti akun media informasi di Facebook.

Unggahan dan konten yang disimpan nantinya akan tersimpan di layanan Facebook selamanya, asalkan pengunggah atau pembuat konten tersebut tidak menariknya dari layanan Facebook atau dunia digital. Metrotvnews.com sudah membuat panduan mudahnya.

1. Pilih konten atau unggahan di newsfeed Facebook
Halaman newsfeed atau timeline atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai linimasa adalah halaman awal yang muncul saat Anda telah masuk ke dalam aplikasi Facebook. Pada halaman tersebut, terdapat berbagai macam konten dan unggahan dari akun Facebook yang ikuti.

Konten atau unggahan yang layak untuk Anda masukkan dalam fitur Saved milik Facebook adalah konten yang berisi infromasi penting, namun tidak lekang dimakan waktu seperti tips dan trik. Pengumuman beasiswa juga boleh kemudian dibagikan ke rekan-rekan Anda, serta konten lain-lain yang menurut Anda layak untuk dibagikan.

Tidak hanya dari halaman linimasa, Anda juga bisa langsung menuju akun Facebook tertentu. Misalnya, akun Facebook Metrotvnews yang menampilkan informasi program beasiswa.




2. Mengakses pilihan Saved
Pada konten atau unggahan tersebut pilih ikon berupa 'tiga titik yang berjajar horizontal' pada sisi sebelah kanannya. Jika Anda menekan ikon tersebut maka muncul kotak dialog yang berisikan beberapa pilihan, pada pilihan pertama bertuliskan 'save link. Add this to your saved link'. Pilihan ini yang disebut dengan fitur Saved.



Pada halaman newsfeed atau timeline yang berisi banyak konten dan unggahan, Anda pasti akan menemukan ikon tadi di setiap sisi kanan konten atau unggahan tersebut. Lakukan cara ini untuk menyimpannya ke fitur Saved milik Facebook. Konten yang disimpan sangat beragam.

3. Melihat serluruh konten yang disimpan dengan fitur Saved
Pada halaman utama aplikasi Facebook, Anda akan melihat 4 ikon yang berjajar di bagian atas aplikasi, pilih ikon berupa 'tiga garis horizontal yang tersusun vertikal' persis berada di sebalah kanan ikon 'bel'.

Ikon ini berfungsi untuk mengakses halaman menu Facebook yang berisi seluruh fitur dari Facebook. Jika sudah masuk ke halaman tersebut, geser halaman ke bawah hingga Anda menemukan menu bertuliskan 'Saved'. Klik menu tersebut dan Anda akan melihat seluruh konten atau unggahan yang pernah Anda simpan.




(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /