Tips & Trik

Jangan Sembarangan Pilih Kabel Charger, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 07 Feb 2018 18:00 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Jangan Sembarangan Pilih Kabel Charger, Ini Caranya
Kabel charger memiliki fungsi yang penting karena digunakan untuk proses pengisian daya atau baterai smartphone.

Jakarta: Memiliki smartphone mahal tanpa dibarengi dengan kabel charger yang bagus sama saja bohong. Fungsi kabel charger sangat penting karena Anda akan selalu membutuhkan benda ini setiap kali mengisi daya atau baterai smartphone.

Arti dari kata bagus bukan berarti memiliki tampilan menarik atau berwarna warni melainkan mengacu kepada kualitasnya. Sangat disarankan dalam memilih kabel charger Anda harus fokus kepada kualitasnya ketimbang tampilan.

Berikut ini Medcom.id memberikan beberapa point untuk membantu Anda saat memilih kabel charger. Tips dan trik ini bisa Anda simpan untuk digunakan suatu hari nanti apabila kabel charge bawaan dari smartphone yang anda miliki telah rusak dan harus membeli kabel charger baru.

1. Harga Menentukan Kualitas
Berbicara kualitas biasanya selalu dibarengi dengan harga yang mahal. Ada rupa ada harga. Banyak sekali kabel charger yang tersedia dengan harga murah, tapi hal yang biasanya terjadi adalah produk tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus. Biasanya dalam jangka waktu yang singkat kabel charger tersebut mulai bermasalah.

Ditandai dengan kadang kabel charger tidak berfungsi saat posisinyanya bergeser. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli kabel charger dengan harga yang agak mahal, selama produknya memang asli dan dari merek yang sudah dikenal bagus. Anda bisa menganggap ini sebagai sebuah investasi jangka panjang.

2. Ukuran diameter atau ketebalan bukan penentu
Ada anggapan bahwa semakin tebal diameter kabel charger maka semakin awet. Padahal semuanya tergantung kualitas material yang digunakan pada coating atau material pembungkus kabel. 

Sebagian dari Anda pasti pernah menemukan kabel charger yang tebal tetapi mudah terkoyak akibat gesekan dengan benda tumupul seperti tepian meja kerja atau tergilas roda kursi kantor. 

3. Perhatikan bahan coating
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, coating  merupakan lapisan material pelindung terluar dari kabel. Secara visual ada beberapa jenis coating yang bisa dikenal karet PVC, kulit sintetis, nilon, dan fiber kevlar. 



Mungkin sulit bagi Anda mengenalinya, namun biasanya kabel charger yang bagus menampilkan informasi material coating yang digunakan pada kemasannya. Setiap jenis coating biasanya berpengaruh terhadap kelenturan kabel namun memberikan perlindungan lebih sehingga bisa awet.

Coating harus memiliki material yang tidak mudah terkoyak atau putus serta tahan air karena material ini harus melindungi kabel ini di bagian dalamnya. Bagi Anda yang selalu mempertimbangan tampilan luar atau estetika kini sudah banyak kabel charger yang memiliki lapisan coating dengan beragam warna dan corak.

4. Fitur tambahan yang tersedia
Beberapa kabel charger saat ini biasanya hadir dengan beberapa fitur seperti kecepatan mengisi daya atau fast charging serta beberapa konektor untuk beragam jenis USB port. Sangat disarankan untuk tidak memilih kabel charger yang menyediakan beberapa jenis kepala USB port yang bisa dibongkar pasang atau connector.



Alasannya adalah pengisian daya tidak akan optimal karena connector ini sifatnya hanya sebagai konduktor atau penghantar yang tidak tersambung langsung dengan kabel inti di dalam kabel charger.

Kemungkinan lain yang tidak diinginkan adalah kontektor tersebut melelehkan bagian plastik atau karet yang melekat akibat suhu panas.

Apabila Anda tetap ingin mencari kabel charger yang menyediakan konektor, maka sangat disarankan membeli merek yang asli atau sudah terkenal kualitasnya

Untuk fitur fast charging dan kecepatan transfer data, hal ini butuh pengujian secara teknis atau percobaan langsung, akan sangat bagus apabila sang penjual mengizinkan Anda mencobanya terlebih dahulu atau dengan sampel produk tersedia.



5. Informasi di kemasan dan garansi
Ada hal yang perlu diingat adalah soal informasi produk pada kemasan dan garansi yang tersedia. Sama halnya seperti membeli barang elektronik juga tersedia dnegan garansi. Untuk tidak salah membeli pastikan Anda mengecek informasi yang tertera pada kemasan, pastikan kabel charger kompatibel dengan smartphone Anda.

Hal ini juga membantu Anda untuk mengetahui keaslian kabel charger yang Anda beli. Saat ini sangat mudah ditemukan kabel charger palsu atau berkualitas buruk yang melekatkan nama merek terkenal pada kemasan maupun kabelnya.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.