Tips & Trik

5 Tips dan Trik Dasar Instagram

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 12 Feb 2017 10:26 WIB
tips dan trik teknologiinstagram
5 Tips dan Trik Dasar Instagram
Berikut lima tips dasar Instagram yang meungkin berguna untuk Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Instagram telah menjadi salah satu media sosial paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia.

Namun, masih ada pengguna Instagram belum mengetahui sejumlah fungsi pada media sosial ini, yang mungkin akan berguna untuk mereka. Berikut kami sajikan lima tips dan trik dasar pada media sosial Instagram.

1. Kirim foto untuk Pengguna Tertentu
Jika Anda memiliki foto yang tidak ingin diunggah di feed, Anda dapat membaginya dengan sejumlah rekan di Instagram melalui Direct. Fitur ini memungkinkan Anda berbagi foto ke hingga 15 pengguna lain, dan mereka dapat berkomentar pada foto tersebut layaknya foto di feed. Namun, foto tersebut tidak akan muncul di pencarian dan dapat dihapus.

Untuk menggunakan fitur ini, pilih Direct saat mengakses halaman "Share To" yang terdapat pada bagian atas, bersebelahan dengan "Followers". Kemudian pilih penerima dengan mengetuk nama atau mengetik nama pada bagian "To", lalu ketuk Send. Untuk melihat pesan, pengguna dapat mengakses ikon baki atau serupa pesawat kertas di kanan atas halaman.

2. Mengabaikan Pesan dari Pengguna Lain
Jika sering merasa terganggu dengan sejumlah unggahan foto pengguna lain yang muncul di feed, namun tidak dapat melakukan tindakan Unfollow atau Block, pengguna dapat mengabaikan mereka.

Untuk melakukan hal ini pada fitur Direct, pengguna dapat mengakses ikon baki atau serupa pesawat kertas pada kanan atas halaman Home, dan tekan pesan dari pengguna lain tersebut dan pilih Mute Notification. Hal ini memungkinkan pengguna tidak akan terganggu oleh pemberitahuan saat pengguna lain tersebut mengirimkan pesan.

3. Sembunyikan atau Menghapus Tag Foto
Sejumlah pengguna lain yang mengikuti atau diikuti pengguna sering kali memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis mereka, dengan membubuhkan tag nama akun pengguna pada foto terkait, dan sering kali mengganggu.

Untuk menyembunyikan foto tersebut, ketuk foto yang dimaksud hingga tag muncul. Ketuk tag nama akun pengguna, dan geser tuas pada "Keep in Photos of You" ke arah kiri di menu yang muncul untuk menghilangkannya dari halaman Foto hasil tag pengguna lain.

Namun, jika tidak ingin nama akun tercantum pada foto tersebut, pengguna dapat memilih Remove Tag pada menu yang sama. Pengguna juga dapat mengelola tag dengan menyesuaikan seting yang memungkinkan pengguna mengkaji permintaan tag terlebih dahulu pada Setting di halaman Photos of You dan pilih Tagging Option dan Add Manually.

4. Menggunakan Filter Tanpa Mengunggah ke Instagram
Pengguna dapat menggunakan filter Instagram tanpa mengunggah foto dengan memanfaatkan mode Airplane pada ponsel. Setelah mengaktifkan mode Airplane, pengguna dapat membubuhkan filter seperti biasa, dan mengetuk Share.

Pengguna akan disambut oleh pesan bertuliskan "Failed" akibat tidak tersedianya koneksi internet, kemudian pilh opsi hapus. Foto kemudian akan tersimpan pada galeri pada ponsel sehingga dapat dibagikan di media sosial lainnya.

5. Bagi Foto setelah Diunggah
Pengguna masih dapat membagikan foto yang telah lama diunggah di Instagram dengan menekan ikon tiga titik pada foto yang diinginkan, kemudian pilih Share dan pilih situs yang menjadi tujuan pembagian foto. Jika memilih Twitter, URL foto akan muncul saat pengguna menuliskan tweet.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.