Tips & Trik

6 Cara Hemat Data untuk Pengguna Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Sep 2017 06:37 WIB
androidtips dan trik teknologi
6 Cara Hemat Data untuk Pengguna Android
Ini tips untuk menghemat paket data di Android.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak peduli operator apa yang pengguna smartphone gunakan, satu hal yang mereka inginkan adalah penggunaan paket data yang hemat. Jika Anda menggunakan smartphone Android, ada beberapa pengaturan yang bisa Anda ubah untuk meminimalisir penggunaan data yang tidak perlu. 

1. Aktifkan Chrome Data Saver
Google sudah melengkapi peramban Chrome dengan fitur penghemat data yang bisa diaktifkan dengan sangat mudah. CNET menyebutkan, begitu fitur ini aktif, Chrome akan meminimalisir besar gambar dan situs yang diakses melalui perangkat mobile Anda.

Untuk mengaktifkan fitur Data saver ini, pertama, masuk ke peramban Chrome. Setelah itu, ketuk ikon tiga titik vertikal yang ada di bagian kanan atas dan pilih opsi "Settings". Pada bagian "Advanced", Anda akan menemukan opsi "Data saver". Masuk ke bagian tersebut dan aktifkan fitur ini. 



2. Turunkan kualitas streaming video
Netflix, Google Play Music dan Snapchat menawarkan pilihan untuk mengurangi penggunaan paket data. Saat Anda menggunakan paket data dan bukannya WiFi, sebainya Anda mengatur kualitas video pada kualitas paling rendah. Dengan begitu, paket Anda tidak tersedot habis dengan cepat. 

Travel Mode pada Snapchat tidak akan mengurangi kualitas dari foto atau video dalam aplikasi. Namun, fitur ini akan membuat aplikasi tidak terus mengunduh konten dari aplikasi ketika tidak digunakan. Fitur penghemat data biasanya juga ada di aplikasi-aplikasi lain, seperti Facebook dan Instagram

3. Berhenti gunakan aplikasi Facebook
Jika Anda ingin menghemat paket data, tidak ada salahnya Anda berhenti menggunakan aplikasi Facebook dan mengakses media sosial tersebut melalui peramban. Alasannya, situs mobile Facebook mengonsumsi data lebih sedikit daripada aplikasinya. Selain itu, ia juga tidak akan berjalan di background dan tetap akan mengirimkan notifikasi komentar. 

4. Kendalikan layanan yang disinkronisasikan secara otomatis
Ketika Anda mengaktifkan akun Google pada perangkat Android, ia akan secara otomatis melakukan sinkronisasi pada berbagai layanan yang terhubung ke akun Google Anda, seperti Google Keep dan Google Fit. 



Anda bisa membatasi layanan yang secara otomatis melakukan sinkronisasi dengan mengakses menu Settings pada ponsel. Setelah itu, pilih Accounts dan pilih akun Google Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari satu akun Gmail pada ponsel, maka Anda bisa memilih salah satu akun tersebut. Kemudian Anda bisa menonaktifkan fitur sinkronisasi pada layanan yang menurut Anda tidak perlu. 

5. Batasi penggunaan data di background
Ada beberapa aplikasi yang secara otomatis terus memeriksa email atau akun media sosial Anda bahkan ketika ponsel dalam keadaan terkunci. Untuk mematikan proses ini, Anda cukup masuk ke menu Settings > Data Usage. Kemudian, pilih tombol menu di bagian kanan atas dan pilih "Restrict background data".

Pada smartphone yang menggunakan Android 7.0, fitur di atas bisa Anda gunakan dengan mengaktifkan fitur "Data saver", yang juga terdapat pada menu Settings > Data Usage. Di bagian Data Usage ini, Anda juga bisa membatasi kuota penggunaan data Anda. Anda bahkan bisa mengatur agar Anda mendapatkan peringatan ketika Anda telah menggunakan kuota dengan batas tertentu.

Pada gambar di bawah, garis berwarna oranye melambangkan batas maksimal penggunaan paket data, sementara garis merah melambangkan ambang batas penggunaan yang membuat ponsel mengeluarkan peringatan. 



6. Simpan musik dan film offline
Jika mungkin, sebainya Anda mengunduh musik atau film yang ingin Anda tonton ke ponsel Anda. Selain musik dan film, kini Google juga sudah memungkinkan pengguna Maps untuk mengunduh peta dari kawasan tertentu. Dengan begitu, Anda tidak harus terus terhubung ke internet. 


(MMI)

Video /