Tips & Trik

Casing Ponsel dan Cara Memilihnya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 09 Feb 2018 21:50 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Casing Ponsel dan Cara Memilihnya
Ilustrasi.

Jakarta: Setelah menghabiskan berjuta-juta untuk membeli smartphone baru, tentunya Anda tidak ingin ponsel baru Anda rusak karena Anda tidak hati-hati. Untuk meminimalisir risiko kerusakan, Anda bisa membeli casing ponsel.

Sekarang, ada banyak casing ponsel yang bisa Anda temui. Sebelum membeli casing, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan perlindungan seperti apa yang Anda inginkan. Semakin aman sebuah casing, biasanya semakin berat dan semakin mahal harga casing tersebut. 

Rugged cases
Casing tipe ini adalah yang paling tahan banting. Namun, seperti yang disebutkan oleh Digital Trends, casing ini tidak hanya membuat smartphone Anda menjadi lebih besar tapi juga berat. Keuntungannya adalah keberadaan kantong udara dan sudut yang tangguh memang membuat risiko smartphone rusak jadi lebih kecil.



Hanya saja, casing tipe ini akan membuat smartphone menjadi lebih tebal, yang mungkin akan menyulitkan Anda untuk memasukkan atau mengeluarkannya dari kantong. Selain itu, Anda mungkin juga akan kesulitan untuk menggunakan ponsel mengingat casing ini biasanya juga akan menutup tombol ponsel. 

Tough case
Jika Anda ingin casing yang bisa melindungi smartphone Anda ketika ia jatuh tapi tidak terlalu besar, casing tipe ini mungkin cocok. Biasanya, tough case menggunakan polikarbonat pada bagian luarnya dan material yang lebih lembut, seperti silikon untuk bagian dalam. Tujuannya adalah untuk menyerap daya benturan. 



Memang, tough case cukup tebal. Namun, berbeda dengan rugged case, casing ini tidak akan mengganggu Anda dalam menggunakan ponsel. 

Basic case
Jika Anda lebih mementingkan gaya dan tidak ingin menyembunyikan desain cantik smartphone Anda, Anda bisa memilih casing yang lebih tipis. Casing yang tipis ini akan tetap melindungi ponsel Anda ketika jatuh, tapi tentu saja, ponsel Anda tidak seaman ketika menggunakan rugged case atau tough case



Biasanya, casing ini terbuat dari TPU (Thermoplastic Polyurethane) yang cukup tangguh dan cukup fleksibel. Casing seperti ini memiliki banyak warna dan desain. Anda bahkan bisa menemukan casing transparan jika Anda ingin memamerkan tampilan ponsel Anda. 

Folio case
Folio case yang bisa membuka tidak hanya mudah untuk dimasukkan ke kantong, tapi juga terlihat menarik. Jika Anda biasa memasukkan ponsel ke dalam tas, folio case bisa melindungi ponsel Anda dari benturan dengan benda lain. Namun, tidak semua folio case bisa melindungi ponsel Anda dari benturan. 



Jika Anda rela untuk membayar lebih, Anda bisa mencari folio case premium yang menggunakan kulit asli. Sementara kebanyakan folio case menggunakan PU (polyurethane). Biasanya, ketika Anda membuka penutup folio case, ponsel akan secara otomatis menyala.

Penting untuk menentukan tipe penutup casingCasing dengan penutup magnet biasanya menawarkan desain yang lebih cantik, tapi ia tidak sekuat elastik. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.