Tips Membeli Notebook untuk Kuliah

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 10 Aug 2015 14:49 WIB
tips & trik
Tips Membeli Notebook untuk Kuliah
Notebook adalah sarana penunjang perkuliahan (foto ilustrasi: ACER)

Metrotvnew.com: Bulan Agustus-September merupakan waktu penerimaan mahasiswa baru yang sekaligus mengawali tahun perkuliahan baru. Bagi mahasiswa baru, komputer tentu telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menunjang kegiatan perkuliahannya, apalagi saat ini banyak sekali tugas dan sistem perkuliahan yang menuntut mahasiswanya untuk memiliki dan dapat menggunakan komputer.

Pertanyaannya, komputer apa yang cocok untuk dijadikan pendamping kegiatan berkuliah? Notebook biasanya dijadikan pilihan oleh sebagian besar mahasiswa baru. Dalam kasus ini, kami pun memang merekomendasikan notebook karena sifatnya yang portabel sehingga lebih mudah dalam menunjang kegiatan perkuliahan. Untuk memilih notebook yang tepat, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Pilih notebook yang ringkas
Percaya atau tidak, desain notebook akan berpengaruh sebagai penunjang kegiatan kuliah Anda. Sebaiknya pilih notebook dengan desain yang ringkas agar Anda dapat membawa notebook tersebut di setiap sesi perkuliahan dengan nyaman. Anda juga dapat memilih notebook dengan desain yang menarik, seperti memiliki bodi berwarna cerah untuk menarik perhatian saat melakukan presentasi di kelas.

2. Pilih notebook dengan spesifikasi sesuai kebutuhan
Spesifikasi notebook adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Kebutuhan setiap mahasiswa yang berbeda yang biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan perkuliahannya. Bagi mahsiswa desain atau teknik, kami sarankan untuk memilih notebook yang memiliki spesifikasi agak tinggi karena perkuliahannya banyak memakai software analisis dan grafis yang membutuhkan performa yang cukup tinggi. Sementara untuk mahasiswa lainnya cukup memilih notebook dengan spesifikasi yang pas untuk membuka aplikasi Office dan browsing.

3. Pilih notebook dengan sistem operasi pre-installed
Banyak notebook di pasar yang hadir tanpa sistem operasi, sehingga Anda harus meng-install sistem operasi sendiri. Jika Anda tidak ingin direpotkan dengan hal tersebut, sebaiknya Anda memilih notebook yang telah terisi sistem operasi di dalamnya. Perlu diwaspadai bahwa banyak toko yang menawarkan "jasa install Windows" kepada para pelanggannya. Sebaiknya Anda hindari hal tersebut karena biasanya mereka akan meng-install sistem operasi bajakan. Selain melanggar hukum, menggunakan sistem operasi bajakan akan membuat notebook Anda mudah terinfeksi virus dan malware.

4. Pilih notebook dengan layanan purnajual yang baik
Layanan purnajual kadang menjadi hal yang terlupakan ketika membeli sebuah notebook. Untuk memastikan notebook dapat terus menunjang kegiatan perkuliahan Anda, sebaiknya Anda memilih notebook dengan layanan purnajual yang baik. Caranya mudah, cukup perhatikan waktu garansi yang diberikan. Sebaiknya Anda memilih garansi dengan jangka waktu tiga atau dua tahun.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.