Tips & Trik

Cara Perbaiki Warna Layar Laptop yang Bermasalah

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 27 Aug 2017 19:04 WIB
teknologitips & trik
Cara Perbaiki Warna Layar Laptop yang Bermasalah
Warna pada layar laptop bisa dikalibrasi ulang melalui fitur Color Calibration

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkan Anda merasa monitor PC atau laptop yang digunakan menampilkan warna yang aneh, entah itu terlalu hijau atau biru, bahkan bisa juga terlalu tinggi kontrasnya? Hal tersebut memang bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah mengatur kalibrasi warna dari monitor yang digunakan. Namun, bagaimana dengan pengguna laptop?

Jika Anda menggunakan sistim operasi Windows (khususnya Windows 10), Anda bisa melakukan kalibrasi warna melalui fasilitas yang sudah disediakan oleh Microsoft bernama Color Calibration. Fitur ini bisa Anda temukan di Control Panel dan bisa diakses langsung melalui fitur pencarian di Start Menu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi warna di Windows 10:

1. Akses fitur Color Calibration melalui start menu



2. Klik Next beberapa kali hingga terdapat menu untuk mengatur tingkat Gamma pada layar. Pastikan tingkat Gamma tidak terlalu kurang atau berlebih dengan cara memastikan tidak ada titik putih atau hitam pada tengah lingkaran yang ditampilkan di layar.



3. Selanjutnya Anda akan dibawa ke pengaturan tingkat kecerahan dan kontras layar. Karena laptop tidak bisa diatur tingkat kecerahan dan kontras secara manual (kecuali disediakan melalui software pihak ketiga dari produsen laptop), Anda bisa melewati bagian ini dengan memilih "Skip".



4. Nanti Anda akan tiba di pengaturan warna dimana Anda bisa mengatur tingkat kecerahan untuk warna merah, hijau, dan biru. Sesuaikan tiga pengaturan melalui slider yang ada sehingga warna putih di layar benar-benar terlihat putih.



5. Setelah selesai, Anda bisa menekan tombol "Next" dan pilih "Use current settings" untuk menggunakan pengaturan kalibrasi warna yang baru.




(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.