Tips & Trik

Anda Bisa Main Game Android di PC, Begini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 02 Jan 2018 17:04 WIB
androidgoogletips dan trik teknologi
Anda Bisa Main Game Android di PC, Begini Caranya
Game Android juga bisa dimainkan di perangkat PC atau laptop dengan menggunakan software jenis emulator Android.

Jakarta: Game mobile sedang populer, meskipun tidak menyajikan kemampuan grafis yang jauh lebih bagus dari game di platform PlayStation maupun PC. Game mobile di gemari karena Anda bisa dengan mudah main bersama teman Anda.

Seseru apapun bermain game mobile di smartphone, pasti Anda kerap mengeluh rasa pegal akibat ukuran layar yang terlalu kecil atau ingin memainkan game tersebut menggunakan perangkat lain, misalnya PC atau komputer.

Kemudian Anda pasti bertanya 'Bagaimana caranya memainkan game Android di PC?' PC dan smartphone memiliki sistem operasi berbeda tapi ada caranya untuk bisa memainkan game Android di PC yaitu dengan menggunakan emulator.

Emulator memungkinkan PC Anda menjalankan program yang berjalan di perangkat dengan sistem operasi berbeda. Untuk memainkan game Android di PC, Anda cukup mencari emulator Android.

Beberapa emulator Android memiliki batasan sistem operasi Android tertentu, maka pilih emulator yang menyediakan sistem operaso Android terbaru sehingga kompatibel dengan game yang ingin dimainkan, misalnya BlueStacks dan NoxPlayer. 

Berikut Medcom.id memberikan panduan menggunakan emulator Android BlueStacks.

1. Cari software emulator Android
Sangat mudah menemukan emulator Android. Anda cukup membuka peramban internet di PC atau laptop Anda lalu masukkan kata pencarian 'emulator android' pada pencarian Google, misalnya BlueStacks.



Anda akan dialihkan dari halaman pencarian Google ke halaman situs BlueStacks. Lalu Anda cukup mengklik pilihan unduh BlueStacks untuk Windows. Apabila unduhan selesai maka buka file unduhan tersebut untuk memasag BlueStacks di PC atau laptop Anda.



2. Masukkan akun Google Anda
Setelah BlueStacks terpasang maka Anda akan disajikan halaman daftar aplikasi yang umumnya berisi game Android. Sebelum memainkannya, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google yang Anda miliki atau pergunakan pada smartphone Anda.



Apabila proses login sudah dilakukan maka Anda bisa bebas memilih game yang Anda mainkan, misalnya Mobile Legends. Game ini tidak langsung dimainkan tapi harus diunduh sama seperti game Android di smartphone. Saat game sudah diunduh dan terpasang, game tersebut bisa dimainkan.



3. Mengganti sistem kendali permainan
Tentu saja sebelum memainkan permainan Anda harus terlebih dulu mengetahui tomobol kontrol permainan. Caranya di dalam permainan yang sedang berjalan, alihkan perhatian Anda ke ikon di bagian pojok kanan bawah yang menyerupai keyboard.



Klik ikon tersebut untuk mengantil tombol kontrol yang Anda inginkan. Untuk game bergenre MOBA seperti Mobile Legends Anda akan disuguhkan dua jenis kontrol permainan, yaitu kontrol ala MOBA atau kontrol WASD seperti game yang dimainkan pada PC.




(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.